Quote Marcus Aurelius, Kaisar Romawi Terkenal Soal Hidup Sederhana dan Bahagia

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 5 Juli 2022 18:01
Quote Marcus Aurelius, Kaisar Romawi Terkenal Soal Hidup Sederhana dan Bahagia
Quote Marcus Aurelius banyak bicara tentang pandangan hidup yang menekankan keteguhan mental dalam menyikapi masalah kehidupan.

Dream - Membaca quote bijak dari para tokoh terkenal dunia bisa memberikan suntikan motivasi bagi seseorang yang sedang butuh dukungan moral. Ada kalanya seseorang tidak bisa menyerap energi positif dari orang di sekitarnya untuk membangun semangatnya kembali. Dengan membaca quote bijak tentang kehidupan, seseorang bisa tersadarkan bahwa hidup ini harus dijalani dengan mental baja.

Salah satu tokoh yang bisa dijadikan prinsip hidup dari ucapannya adalah Marcus Aurelius. Ia merupakan kaisar Romawi yang memimpin dari tahun 121 hingga 160 Masehi. Marcus Aurelius adalah sosok kaisar Romawi yang paling dihormati sepanjang sejarah berkat integritas, kecerdasan dan filosofi kehidupan yang menjadi prinsipnya.

Pandangan hidupnya yang dianggap bijak itu membuatnya juga dikenal sebagai seorang filsuf kuno Romawi. Ia termasuk sosok penting dalam aliran filsafat stoikisme, yaitu sebuah pandangan hidup yang menekankan keteguhan mental dalam menyikapi masalah kehidupan.

Quote Marcus Aurelius bisa dijadikan pandangan hidup bagi kita untuk menjalani hari-hari yang keras ini. Selain untuk membangkitkan semangat, quote Marcus Aurelius juga bisa dijadikan sebagai kata-kata yang menenangkan hati serta pikiran.

Berikut kumpulan quote Marcus Aurelius tentang kehidupan yang inspiratif dan menyadarkan kita betapa bahagia itu sejatinya sangat sederhana. Mari simak selengkapnya di bawah ini!

1 dari 2 halaman

Quote Marcus Aurelius

Di jaman modern yang semakin canggih segala sesuatunya, seringkali tidak diimbangi dengan kesehatan mental yang baik. Banyak orang merasa depresi dengan kehidupan sehari-harinya. Inilah mengapa banyak orang memerlukan pandangan hidup yang bisa memberikan ketenangan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Pandangan hidup yang bisa diadopsi, salah satunya berasal dari filsafat yang diajarkan oleh Marcus Aurelius yakni stoikisme. Singkatnya, stoikisme ialah filosofi yang mengajarkan bagaimana menjaga pikiran agar tetap tenang dan rasional tidak peduli masalah apa yang hadir dalam hidup.

Dengan ketenangan, seseorang akan lebih mampu memahami dan fokus pada sesuatu hal yang dapat dikendalikan. Selain itu, dengan hati yang tenang seseorang akan belajar menerima apa yang tidak dapat dikendalikan. Berikut ini kumpulan quote Marcus Aurelius yang bijak agar kamu bisa belajar dari keteguhan mentalnya yang kuat dalam menyikapi masalah hidup.

  1. " Tidak ada orang yang dapat melarikan diri dari takdirnya, pertanyaan berikutnya adalah bagaimana dia dapat menjalani waktu terbaik yang dia harus jalani."
  2. " Perhatikan baik-baik dirimu sendiri; ada sumber kekuatan yang akan selalu muncul jika engkau selalu melihatnya."
  3. " Seni kehidupan lebih seperti seni pegulat daripada penari, dalam hal ini, harus siap dan teguh untuk menghadapi serangan yang tiba-tiba dan tidak terduga."
  4. " Satu-satunya kekayaan yang akan kamu simpan selamanya adalah kekayaan yang telah kamu berikan."
  5. " Bersikaplah seperti batu karang, yang tidak putus-putusnya dipukuli ombak. Tak saja ia berdiri tegak, bahkan ia menentramkan amarah ombak-ombak dan gelombang-gelombang itu."
  6. " Segala sesuatu yang kita dengar adalah pendapat, bukan fakta. Segala sesuatu yang kita lihat adalah perspektif, bukan kebenaran."
  7. " Ketika Anda bangun di pagi hari, pikirkan keistimewaan apa yang berharga itu adalah untuk hidup, untuk bernafas, berpikir, untuk menikmati, untuk mencintai."
  8. " Mulailah kebaikan tanpa harus banyak berpikir dan menunda karena kebaikan adalah hakikat seorang manusia di dunia ini."
  9. " Masa lalu adalah sejarah, masa depan adalah misteri, dan masa sekarang adalah hidupmu."
  10. " Kebahagiaan dari hidup anda bergantung pada kualitas dari pikiran anda."
2 dari 2 halaman

Quote Marcus Aurelius

Banyak hal yang terjadi dalam hidup ini berada di luar kendali kita. Hal inilah yang seringkali tidak disadari seseorang, sehingga mereka berpikir keras untuk mengendalikannya. Padahal, kita bisa belajar untuk menerima segala hal yang berada di luar kendali kita. Dengan mengakui hal tersebut, maka kita akan lebih fokus pada diri sendiri dan hal-hal yang berada di dalam kendali kita.

Kebahagiaan hidup salah satunya didapatkan dengan jiwa yang tenang dan sederhana. Keduanya bisa menjadi prinsip hidup yang berpengaruh besar dalam kehidupan. Seperti kumpulan quote Marcus Aurelius berikut ini:

  1. " Tidak ada yang lebih memalukan dari pada seseorang yang bangga dengan kerendahan hatinya."
  2. " Ingatlah ini, hanya dibutuhkan sesuatu yang kecil untuk membuat kebahagiaan hidup."
  3. " Lakukan setiap tindakan dalam hidup Anda seolah itu adalah yang terakhir."
  4. " Jangan memandang rendah maut, tetapi sambutlah, karena alam menghendaki seperti yang lainnya."
  5. " Jangan tunggu orang lain untuk berbuat baik, mulailah dari dirimu sendiri."
  6. " Terkadang, mata dan telinga kita menipu, bahagialah dengan caramu sendiri."
  7. “ Sebuah batu terlempar ke udara. Ia tidak kehilangan apa-apa dengan turun, tidak memperoleh apa-apa dengan naik.”

Itulah kumpulan quote Marcus Aurelius yang bijak tentang kehidupan. Dengan mengadopsi prinsip-prinsip hidup dari filosofi Stoikisme, akan memberikan pengaruh positif bagi pola pikir seseorang. Apalagi jika seseorang berada dalam situasi sulit. Prinsip hidup dari filsafat Stoic dapat membantu seseorang mengembangkan dirinya dengan tetap dalam kesederhanaan. Selain itu juga akan merasa lebih bahagia dalam menjalani hidup.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More