Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Rencana Pemerintah Naikkan Harga BBM, Ini Komentar Puan Maharani

Rencana Pemerintah Naikkan Harga BBM, Ini Komentar Puan Maharani Puan Maharani (Foto: Merdeka.com)

Dream - Puan Maharani ikut mengomentari rencana Pemerintah menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi pekan depan.

Ketua DPR RI Puan Maharani mengaku kaget. Sebab, pemerintah belum sama sekali menyampaikan wacana kenaikan harga BBM ke Parlemen.

"Ya ampun, harga BBM? Belum ada usulan dari pemerintah untuk kenaikan BBM," kata Puan Maharani dikutip Dream dari Liputan6.com, Minggu 21 Agustus 2022.

Harga BBM

Foto: Liputan6.com

Menurut Puan teknis naik tidaknya harga BBM menjadi hak pemerintah sebagai eksekutif. Menurut dia, pemerintah bisa memutuskan untuk kebijakan tersebut.

"Kenaikan BBM yang memutuskan naik eksekutif bukan legislatif jadi kita tunggu. Tapi pidato tanggal 16 lalu disampaikan pemerintah siap menggunakan APBN secara efektif efisien dan memprioritaskan kepentingan masyarakat," kata Puan.

 

 

Hingga kini pemerintah telah mengalokasikan anggaran subsidi dan kompensasi energi sebesar Rp 502 triliun. Salah satunya untuk menahan harga BBM tetap rendah.

Angka tersebut dianggap membebani APBN tahun 2022. Salah satu solusi untuk mengurangi beban itu, pemerintah pun tengah mewacanakan untuk menaikkan harga BBM dalam waktu dekat.

Tempat Wisata Mulai Dibuka, Puan Maharani Ingatkan Soal `Revenge Travel`

Dream - Beberapa tempat wisata kini sudah mulai dibuka usai adanya perbaikan dalam pengendalian Covid-19 di daerahnya. Penurunan status level PPKM yang disambut dengan berjalannya roda ekonomi masyarakay disambut Ketua DPR RI Puan Maharani.

Meskipun kasus terus melandai, Puan mengingatkan seluruh pemangku kebijakan tetap waspada terhadap revenge travel/tourism (balas dendam wisata) supaya tidak kontra produktif terhadap penanganan Covid-19.

Menurut Puan, banyak warga yang saat ini sudah suntuk hingga stres karena kurang liburan akibat pandemi Covid-19. Namun jangan sampai perbaikan kondisi penanganan kali ini menjadi ajang balas dendam hingga menimbulkan klaster baru.

"Ini tentu baik bagi wisatawan dan juga industri wisata. Tetapi perlu dijaga agar balas dendam wisatawan ini jangan sampai bablas," ujar Puan Maharani, Senin, 20 September 2021

Jangan Abai Prokes

Ketua DPR RI itu meminta seluruh pihak mulai dari pusat hingga daerah supaya tidak kendor dalam menerapkan protokol kesehatan.

Sejak destinasi wisata banyak yang kembali beroperasi, diharapkan protokol kesehatan tetap diperketat mulai dari perjalanan sampai ke lokasi wisata. Berbagai fasilitas pendukung, seperti penginapan, tempat makan, tempat ibadah hingga toilet juga tetap harus ketat menerapkan protokol.

"Jangan sampai kita kecolongan atau abai prokes di titik-titik yang justru rawan penularan. Kalau perlu jangan lepas masker, sekalipun saat berfoto-foto di tempat wisata," ucap Puan.

Patuhi Aturan Terkait Kapasitas Pengunjung

Ilustrasi

Politikus PDIP itu juga menjelaskan, pengelola tempat wisata harus mengikuti anjuran pemerintah terkait kapasitas pengunjung.

Pihaknya meminta pengelola menerapkan aturan tentang adaptasi kebiasaan baru tempat wisata dari Kementerian Kesehatan yang mengatur soal perilaku hidup sehat di objek wisata, kebersihan lingkungan, toilet, hingga sirkulasi udara.

Pelaku Usaha Penuhi Standar CHSE

Puan juga menambahkan, para pelaku usaha di tempat wisata juga harus memenuhi standar kebutuhan pengunjung sesuai panduan pelaksanaan cleanliness, health, safety, and environmental sustainability (CHSE), yang sudah dikeluarkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan mengikuti pedoman dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan World Travel and Tourism Council (WTTC).

"Bagaimanapun tetap harus ada pengawasan untuk prokes supaya tidak bablas. Namanya di tempat wisata, banyak orang lagi bersenang-senang, potensi abai prokes pasti tinggi," tegasnya.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Hore, Pemerintah Janji Tak Naikkan Tarif Listrik dan BBM Sampai Juni 2024

Hore, Pemerintah Janji Tak Naikkan Tarif Listrik dan BBM Sampai Juni 2024

Keputusan ini diambil berdasarkan hasil dalam sidang rapat kabinet paripurna

Baca Selengkapnya
Daftar 10 Negara dengan Harga BBM Paling Mahal di Dunia

Daftar 10 Negara dengan Harga BBM Paling Mahal di Dunia

Berikut adalah daftar 10 negara dengan harga bahan bakar paling tinggi.

Baca Selengkapnya
Ada Konflik Iran-Israel, Pemerintah Pastikan Harga BBM Tak Berubah hingga Juni 2024

Ada Konflik Iran-Israel, Pemerintah Pastikan Harga BBM Tak Berubah hingga Juni 2024

Kementerian ESDM pastikan harga bahan bakar minyak (BBM) tidak akan berubah hingga Juni 2024

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.