Kisah Pilu Sejak Siang hingga Malam Tunggu Tamu Open House Lebaran Tapi tak Ada yang Datang, Makanan Berakhir Mengenaskan

Reporter : Sugiono
Kamis, 2 Juni 2022 08:00
Kisah Pilu Sejak Siang hingga Malam Tunggu Tamu Open House Lebaran Tapi tak Ada yang Datang, Makanan Berakhir Mengenaskan
'Acara seharusnya dimulai pukul 1 tengah hari. Tapi sampai pukul 7 malam tak seorang pun datang'.

Dream - Salah satu tradisi merayakan Lebaran baik Idul Fitri atau Idul Adha adalah menyelenggarakan open house bagi sanak saudara dan handai taulan.

Di momen tersebut tuan rumah akan menghidangkan berbagai macam makanan, minuman dan camilan buat para tamu yang diundang.

Dengan memasak dalam jumlah banyak dan beraneka ragam tersebut, tuan rumah pasti sangat mengharapkan kedatangan para undangan.

Sayangnya hal itu tidak terjadi pada keluarga ini apabila acara open house yang digelar pada hari Minggu lalu sepi tanpa kehadiran para tamu.

1 dari 4 halaman

Menurut Nur Syiratul Jihan, 22 tahun, dia sedih melihat kondisi tersebut mengingat keluarganya sudah menyediakan banyak makanan dalam acara open house tersebut.

" Acara seharusnya dimulai pukul 1 tengah hari. Tapi sampai pukul 7 malam tak seorang pun datang. Yang seharusnya datang merupakan keluarga dari ayah," ujar gadis dari Malaysia itu.

Menurut Syiratul, makanan yang dihidangkan memang bukan semuanya buatan ibunya. Kata gadis 22 tahun itu ibunya hanya masak nasi dengan lauk kari.

Sementara mi rebus, roti jala dan beberapa jenis kue, semuanya merupakan pesanan yang dibeli khusus oleh ibunya untuk acara tersebut.

" Saya pulang kerja pukul 6 petang, saya kira acara sudah selesai. Tapi waktu lihat makanan seperti tidak disentuh. Rupanya para tamu tidak ada yang datang," katanya.

2 dari 4 halaman

Merasa sedih dengan kejadian, Syiratul membuat video tentang makanan yang tak disentuh di acara itu dan mengunggahnya di TikTok.

Dalam tempoh kurang 24 jam, video tersebut menjadi viral setelah ditonton lebih dari 300 ribu kali dan menuai beragam komentar netizen.

Syiratul sendiri tidak menyangka mengalami kejadian yang sebelum ini pernah dilihatnya di TikTok.

" Sebelum ini pernah lihat orang lain mengalami hal ini, tak sangka kali ini kami yang kena," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Dalam video itu tampak ibunya Syiratul sudah bersiap menyambut para tamu. Tapi setelah ditunggu lama tidak ada yang datang.

Ibunya kemudian terlihat asyik berbaring di sofa sambil menunggu para tamu yang hingga pukul 7 malam belum juga ada yang hadir.

" Kalau diundang, ya sebaiknya datang. Kalau tidak bisa datang, telepon kah atau WhatsApp. Jadi tuan rumah tidak menunggu-nunggu," sindir gadis yang tinggal di Subang Bestari, Shah Alam itu.

4 dari 4 halaman

Anak pertama dari lima bersaudara itu mengatakan beberapa orang akhirnya datang tapi sudah larut malam. Namun banyak makanan tidak disentuh sehingga ada yang perlu dibuang.

" Ada yang kita telepon di menit terakhir, dan mereka datang. Kami sediakan makanan untuk 30 orang, tapi yang datang tak sampai 10 orang," kata Syiratul.

Meski jumlah orang yang datang tidak seperti yang diharapkan, namun Syiratul bersyukur kue dan roti jala yang dihidangkan habis. Sementara mi rebus terpaksa dibuang.

" Tak tahulah macam mana tahun depan. Tapi tahun-tahun sebelum ini kami memang selalu buat acara open house setiap hari raya," pungkasnya.

Sumber: mStar

Beri Komentar