Siapa yang Berhak Menikahkan Anak di Luar Pernikahan?

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 12 Februari 2015 16:31
Siapa yang Berhak Menikahkan Anak di Luar Pernikahan?
Wali merupakan salah satu syarat sahnya pernikahan. Biasanya merujuk pada ayah kandung. Lalu siapa yang berhak menikahkan seseorang lahir di luar pernikahan?

Dream - Keberadaan wali dalam pernikahan memiliki fungsi sangat penting. Hal ini untuk merujuk pada jalur hubungan darah antara anak dengan orang tua kandungnya.

Tetapi, terdapat fakta sebagian masyarakat merupakan anak yang lahir di luar pernikahan. Hal ini menimbulkan persoalan ketika seseorang akan melaksanakan akad tertentu terutama pernikahan.

Dalam pernikahan di Islam menyaratkan lima hal yaitu sighat, mempelai wanita, dua orang saksi, mempelai pria, dan wali. Status perwalian menjadi sangat penting terkait hak untuk menikahkan anak di luar pernikahan.

Lantas, siapa yang berhak menjadi wali bagi anak yang lahir di luar pernikahan? Untuk mengetahui hal ini, selengkapnya lihat di sini.

 

Kirimkan kisah nyata inspiratif di sekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

 

Baca Juga: Peristiwa Tsunami Buat Aku Pintar Berbahasa Inggris Kisah Kakek Berusia `10 Tahun` Piring Bambu untuk Kakek Doa dan Kesabaran yang Merubah Segalanya Kisah Rasulullah Dahulukan Kepentingan Umat

Beri Komentar