Ciri, Struktur, Cara Menyusun dan Contoh Teks Eksplanasi yang Bertujuan Menjelaskan Suatu Fenomena

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 30 September 2022 12:16
Ciri, Struktur, Cara Menyusun dan Contoh Teks Eksplanasi yang Bertujuan Menjelaskan Suatu Fenomena
Teks eksplanasi menjelaskan tentang sesuatu yang fakta.

Dream – Teks eksplanasi adalah salah satu jenis teks yang menjelaskan tentang suatu proses. Di dalam teks tersebut menguraikan setiap tahapan, proses terjadinya peristiwa dan tak ketinggalan alasan-alasannya secara jelas.

Lewat teks eksplanasi inilah seorang penulis bisa membuat suatu kejadian tidak sebatas bisa dilihat dan dirasakan saja. Jenis teks ini juga juga menjadi pembelajaran dan mencari tahu alasan di balik terjadinya sebuah peristiwa atau sesuatu. Dengan demikian teks eksplanasi bertujuan untuk menjelaskan mengenai suatu fenomena dan menjelaskan sebab-akibatnya. Jenis teks ini bisa disamakan dengan teks narasi prosedural.

Keberadaan teks eksplanasi akan membantu pembaca mendapatkan pemahaman secara logis tentang latar belakang terjadinya peristiwa. Cara menulis teks eksplanasi juga sudah ditetapkan struktur penulisannya sehingga bisa menjadi pedoman bagi setiap orang agar bisa membuat teks eksplanasi secara baik dan benar sesuai kaidahnya.

Nah, berikut adalah penjelasan lebih dalam tentang apa itu teks eksplanasi, ciri-ciri, struktur, dan contohnya sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com dan bola.com.

1 dari 5 halaman

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi© Unsplash.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks eksplanasi adalah teks yang menerangkan terjadinya proses atau fenomena, dirangkai secara berurutan dalam hubungan sebab-akibat, berisi informasi yang berdasarkan fakta, biasanya digunakan untuk menjelaskan fenomena alam, sosial, atau budaya.

Sedangkan menurut E. Kosasih, teks eksplanasi dalam kaitaannya dengan genre teks adalah teks yang menjelaskan tentang suatu proses atau peristiwa tentang asal-usul, proses, atau perkembangan suatu fenomena, mungkin berupa peristiwa alam sosial, ataupun budaya.

Kemudian menurut Mashun, teks eksplanasi adalah teks yang disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi/penutup.

2 dari 5 halaman

Ciri-ciri dan Struktur Teks Eksplanasi

Setelah mengetahui pengertian dari teks eksplanasi, selanjutnya sahabat Dream perlu mengetahui ciri-ciri dan struktur dari teks eksplanasi. Teks eksplanasi bertujuan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi, sehingga ciri-cirinya pun tentu haruslah berdasar pada fakta atau kenyataannya.

Tak hanya itu saja, ada beberapa ciri-ciri lain dalam teks eksplanasi yang penting sahabat Dream ketahui berikut:

  1. Strukturnya terdiri dari pernyataan umum, urutan sebab-akibat, serta interpretasi.
  2. Informasi yang dimuat dengan berdasarkan pada fakta atau sesuatu yang nyata.
  3. Faktual memuat informasi yang bersifat ilmiah atau keilmuan. Misalnya saja sains.
  4. Sifatnya informatif serta tidak berusaha untuk memengaruhi pembaca agar percaya pada sesuatu yang sedang dibahas.
  5. Memiliki atau menggunakan sequences markers. Contoh: pertama, kedua, ketiga, dan sebagainya. Atau bisa juga dengan menggunakan pertama, berikutnya, terakhir.

Struktur Teks Eksplanasi

Dalam teks eksplanasi terdapat struktur penulisannya yang sudah ditetapkan. Sehingga haruslah diikuti oleh siapa saja yang hendak membuat teks eksplanasi agar menjadi teks eksplanasi yang baik dan benar. Berikut adalah struktur penulisannya:

Pernyataan Umum

Dalam pernyataan umum ini berisi tentang pernyataan umum mengenai topik yang akan dijelaskan saat proses-proses terjadinya keberadaan.

Urutan Sebab-Akibat

Dalam urutan sebab-akibat berisikan tentang penjelasan proses terjadinya fenomena yang dituliskan dengan cara berurutan atau bertahap dari paling awal hingga akhir.

Interpretasi

Dalam interpretasi ini berisikan tentang kesimpulan dari topik yang sudah dijelaskan.

3 dari 5 halaman

Cara Menyusun Teks Eksplanasi

Cara Menyusun Teks Eksplanasi© Unsplash.com

Bagi sahabat Dream yang hendak menyusun teks eksplanasi dan masih bingung bagaimana caranya, maka berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa menjadi pedoman sahabat Dream:

Menentukan Topik yang Menarik

Cara yang pertama adalah menentukan topik yang menarik terlebih dahulu. Ada banyak sekali topik menarik yang bisa sahabat Dream pilih, bahkan topik-topik tersebut ada di sekeliling kamu. Misalnya saja tentang fenomena alam, budaya, sosial, dan sebagainya. Misalnya saja jika fenomena alam adalah terjadinya gerhana bulan.

Membuat Rancangan Kerangka Teks

Cara yang kedua adalah membuat rancangan kerangka teks. Kerangka karangan yang dibuat untuk teks eksplanasi yakni identifikasi fenomena, penggambaran rangkaian kejadian, dan ulasan.

Mengumpulkan Referensi

Cara yang ketiga adalah mengumpulkan referensi. Di bagian ini sahabat Dream bisa memasukkan fakta dan data yang kamu kumpulkan di penggambaran rangkaian kejadian.

Mengembangkan Teks

Cara yang keempat adalah mengembangkan teks. Sahabat Dream haruslah mengembangkan kerangka karangan sampai menjadi teks eksplanasi yang sempurna.

Menyunting Teks

Cara terakhir dalam menyusun teks eksplanasi adalah menyunting teks. Yakni selalu memeriksa dan membaca kembali teks yang sudah sahabat Dream buat. Jika ada kalimat yang tidak sesuai atau ada kesalahan penulisan, maka suntinglah.

4 dari 5 halaman

Contoh Teks Eksplanasi 1

Gerhana Bulan

Gerhana bulan merupakan satu di antara fenomena alam yang sering kita jumpai. Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Hal itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi.

Sebenarnya, pada peristiwa gerhana bulan, seringkali bulan masih dapat terlihat. Hal ini dikarenakan masih adanya sinar matahari yang dibelokkan ke arah bulan oleh atmosfer bumi dan kebanyakan sinar yang dibelokkan ini memiliki spektrum cahaya merah. Itulah sebabnya, pada saat gerhana, bulan akan tampak berwarna gelap, bisa berwarna merah tembaga, jingga, atau cokelat.

Ketika bayangan bumi menutupi sebagai atau seluruh penampang bulan, maka pada saat itulah akan terjadi gerhana bulan. Terutama saat bumi menempati posisi di antara matahari dan bulan sehingga berada pada satu garis lurus yang sama, yang kemudian membuat sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena dihalangi oleh posisi bumi saat itu.

5 dari 5 halaman

Contoh Teks Eksplanasi 2

Kecelakaan Lalu Lintas

Memasuki puncak arus balik H +7 atau Minggu (21/11) sekira pukul 14.00 WIB, arus lalu lintas kendaraan yang melalui jalur selatan, yang melintas di wilayah Tasikmalaya sempat terhambat sekira dua jam. Sumber kemacetan berada di tanjakan Gentong kilometer 75 atau ruas jalan sekitar Kampung Cingere, Desa Cirahayu, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya.

Kondisi ini terjadi akibat adanya kecelakaan yang menimpa bus pariwisata tujuan Bandung nopol Z 768 TA menghantam tebing. Pasalnya, bus itu tidak kuat melalui tanjakan di daerah tersebut, sehingga menyebabkan lajunya terhenti dan langsung terseret mundur. Bus baru bisa berhenti setelah bagian belakangnya menghantam tebing.

Demikian, dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa. Akan tetapi, ada sebuah sepeda motor bernopol B 6765 CBO yang ditumpangi dua orang, saat kejadian berada di belakang bus sehingga keduanya terjatuh. Akibat terjatuh dua penumpang sepeda motor mengalami luka-luka dan langsung dilarikan ke puskesmas terdekat.

Beri Komentar