Viral Ganjar Pranowo Semprot Kepsek yang Minta 'Infak' ke Murid, Pesan Terakhirnya Bikin Ketar-ketir

Reporter : Nabila Hanum
Kamis, 8 September 2022 15:01
Viral Ganjar Pranowo Semprot Kepsek yang Minta 'Infak' ke Murid, Pesan Terakhirnya Bikin Ketar-ketir
"Saya itu selalu mendapatkan laporan katanya sekolahnya gratis tapi bayar pak. Anda di bawah kabupaten, kalau di bawah provinsi sekarang saya eksekusi bro," ujar Ganjar kesal.

Dream - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terdengar emosional ketika mendengar pengakuan seorang murid siswa SD yang masih dimintai pungutan di sekolah. Momen itu terjadi ketika Ganjar berbincang dengan sejumlah pelajar SD di daerah Wonosobo.

" Sekolahnya bayar tidak di situ?" tanya Ganjar kepada salah seorang murdi dalam sebuah video di akun Instagram @ganjar_pranowo.

Saat para siswa menyebut jika pengelola sekolah masih memungut biaya, Ganjar Pranowo sontak kaget.

 

Viral Ganjar Pranowo Semprot Sekolah yang Minta 'Infak' ke Siswa© Instagram @ganjar_pranowo

" Bayar," jawab para siswa SD kompak.

1 dari 6 halaman

" SD kok bayar ki lho," ujarnya.

Mendengar jawaban dari para siswa, seorang yang diduga kepala sekolah langsung menyanggah. Dia menjelaskan jika pembayaran yang dimaksud anak didiknya adalah infak semata.

Viral Ganjar Pranowo Semprot Sekolah yang Minta 'Infak' ke Siswa© Instagram @ganjar_pranowo

" Tidak bayar, tapi infak," ujarnya.

2 dari 6 halaman

Pernyataan sang kepala sekolah semakin membuat Ganjar emosi. Di lokasi, Ganjar menekankan jika insitusi pendidikan dasar hingga menengah di daerahnya harus benar-benar gratis.

" Ya tidak, tidak bayar. Dicek pak sekolahnya," ujarnya.

Namun sang kepala sekolah masih tetap bersikukuh dengan kembali mengatakan sekolah yang dipimpinnya sama sekali tak memungut biaya kecuali infak.

Murid tak diminta SPP tapi bayar Infak© Instagram

" Memang tidak bayar," ucapnya sembari tersenyum.

 

3 dari 6 halaman

" Infak apa. Tidak bayar itu titik, jangan dikasih nama yang lain. Tidak bayar SPP tapi bayar infak, ya tidak. Gratis itu harus tis. SD gratis, SMP gratis, SMA saja saya gratiskan lho," tegas Ganjar.

Ganjar kembali bertanya kepada para siswa soal nominal infak yang harus ditanggung para siswa setiap bulannya.

" Sebulan bayar berapa dek?," tanya Ganjar

" Rp25 ribu sampai Rp30 ribu," jawab para siswa.

 

4 dari 6 halaman

Murid tak diminta SPP tapi bayar Infak© Instagram

Kesal mendengar pernyataan para siswa, Ganjar langsung memaggil sang Kepsek. Dia menyebut, sosok pria tersebut masih 'aman' lantaran sekolahnya berada di bawah naungan Pemerintah Kabupaten. Lain halnya jika sekolah tersebut di bawah kewenangan Pemerintah Provinsi.

" Saya itu selalu mendapatkan laporan katanya sekolahnya gratis tapi bayar pak. Anda di bawah kabupaten, kalau di bawah provinsi sekarang saya eksekusi bro," ujar Ganjar kesal.

Dalam caption, Ganjar turut menyentil dinas yang bersangkutan guna mengawal implementasi kebijakan pendidikan di kawasan Wonosobo.

" Jangan memanipulasi keburukan dengan hal-hal baik. Kalau SPP sekolah itu gak bayar, ya jangan nyari dalih untuk menarik pembayaran. Ini peringatan untuk kita semua. Pendidikan dari jenjang SD sampai SMA Negeri tidak ada pungutan SPP. Apapun bentuknya. Komite coba diluruskan @disdikporawsb," tulisnya.

5 dari 6 halaman

Aksi Ganjar Pranowo itu sontak menarik perhatian warganet. Dukungan pun mengalir untuk terus mengawal sistem pendidikan di Jawa Tengah.

" Murid jujur, guru ketar ketir😂."

" Sama pak, disini juga gitu INFAQ 😂."

" Sekolah gratis pak Ganjar, tapi seragamnya bayar mahal..."

" Langsung terdiam😂."

" Tegas kan pak, yg pungli2 itu. Knp di daerah malah spt itu, dikotamadya gratis tis."

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More