Dengar Suara Aneh dari Kamar Sebelah, Wanita Malang Meninggal Tersedak Gigi Palsu Saat Tidur

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 19 Oktober 2022 10:01
Dengar Suara Aneh dari Kamar Sebelah, Wanita Malang Meninggal Tersedak Gigi Palsu Saat Tidur
Wanita tersebut kesulitan bernapas karena tersedak gigi palsu.

Dream - Gigi seseorang biasanya akan mulai tanggal ketika sudah memasuki lanjut usia (Lansia). Selain mengganggu penampilan, kondisi gigi ompong dalam jumlah cukup banyak bisa membuat seseorang kesusahan mengunyah makanan. 

Untuk mengatasinya, banyak kalangan Lansia menggunakan bantuan gigi palsu yang bisa dipasang dan dilepas ketika dibutuhkan. Namun pastikan orang tua, kakek atau nenek kamu yang menggunakan gigi palsu untuk melepasnya sebelum tidur. 

Jangan sampai peristiwa tragis yang dialami seorang wanita berusia 48 tahun di Kolombia ini menimpa salah satu anggota keluargamu.

Gigi Palsu© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Wanita yang diketahui bernma Maria Farias Guzman, seperti dikutip dari Oddity Central, dilaporkan meninggal setelah tersedak gigi palsu saat tertidur. Penyebab kematian itu diketahui setelah prostesis gigi ditemukan di dalam mulut wanita malang itu.

Pihak keluarga mengatakan mendengar suara aneh dari dalam kamar Maria di malam itu. Mereka melihat kondisi Maria yang sudah tidak bernapas akibat gigi palsu tersangkut di tenggorokan. 

Maria segera dibawa ke Rumah Sakit Del Sur di kota kelahirannya, Quindio oleh pihak keluarga.

1 dari 5 halaman

Dokter berusaha untuk menyadarkan wanita itu dan membersihkan saluran udaranya. Namun usaha dokter tidak berhasil menyelamatkan nyawanya. Maria dinyatakan meninggal dengan obstruksi saluran pernapasan sebagai penyebab kematiannya.

“ Kerabatnya menyadari situasi saat dia tidur, tetapi dia tiba di rumah sakit tanpa tanda-tanda vital dan staf melakukan manuver dan prosedur resusitasi untuk membersihkan saluran udaranya, tetapi dia tidak merespons,” kata perwakilan dari Departemen Kepolisian Quindio, William Alberto Zubieta Pardo.

Kasus kematian karena tersedak prostesis gigi ini sangat jarang terjadi. Kejadian nahas yang terjadi pada Maria menjadi perhatian dan viral di berbagai media. Banyak orang mempertanyakan detail kejadian tersebut hingga menyebabkan kematian seseorang.

Sementara laporan yang detail sedang dalam tahap penyelidikan. Para dokter menyarankan agar pengguna gigi palsu untuk melepasnya sebelum tidur untuk menghindari hal buruk serupa terjadi kembali.

Laporan: Erdyandra Tri Sandiva

2 dari 5 halaman

Detik-Detik Mendebarkan Dokter Lepaskan 23 Lensa Kontak dari Mata Pasien

Dream - Menggunakan lensa kontak menjadi solusi bagi mereka yang memiliki gangguan penglihatan. Sebagian orang juga menggunakannya untuk membuat penampilan mata lebih menarik.

Jika memiliki gangguan penglihatan, pengguna lensa kontak tetap harus melakukan perawatan secara berkala untuk memastikan kondisi penglihatan tetap terjaga.

Baru-baru ini, sebuah video viral di Instagram mengenai pengguna lensa kontak yang selalu lupa melepas lensa kontaknya sebelum tidur.

Hal itu diungkapkan oleh Dokter Mata dari Newport Beach, California, Amerika Serikat. Katerina Kurteeva yang mengunggah video saat melepas beberapa lensa kontak pada mata pasien.

Dikutip dari Oddity Central, ia tidak hanya melepas 2 atau 3 lensa kontak dari mata pasien. Kurteeva berhasil melepas 23 lensa kontak dari mata wanita tua yang lupa melepasnya selama berhari-hari.

3 dari 5 halaman

Video itu membuat jutaan orang bergidik ngeri melihatnya melepas 23 lensa kontak itu. Dalam video tersebut, ia tampak menggunakan cotton bud mengeluarkan puluhan lensa kontak yang mengendap di belakang mata pasien sambil memegang kelopak mata.

Dokter Mata Melepaskan 23 Lensa Kontak© Instagram @california_eye_associates

Foto: Instagram @california_eye_associates

“ Mengeluarkan 23 lensa kontak dari mata seseorang. Video diambil langsung dari klinik saya. Jangan tidur menggunakan lensa kontak!,” tulisnya dalam keterangan video.

4 dari 5 halaman

Dalam caption, Kurteeva menjelaskan bahwa pasien selalu tertidur dalam kondisi lupa melepas lensa kontak setelah digunakan seharian. Setelah terbangun, lensa kontak terendap ke belakang mata, membuat pasien menggunakan lensa kontak baru.

Hal ini berulang hingga 23 hari berturut-turut. Kurteeva menyebut kejadian ini sebagai kejadian langka. Video viral itu berhasil menarik perhatian warganet dan menuai ribuan komentar.

“ Saya merekomendasikan kacamata pada wanita ini, jangan lagi gunakan lensa kontak," kata warganet.

5 dari 5 halaman

“ Oke tapi… tidakkah dia merasakan lensa kontak itu di belakang matanya?," imbuh lainnya.

“ Mungkin pasien itu butuh pengecekan demensia dini?," duga warganet.

Namun, 23 ini bukanlah rekor terbanyak seseorang melupakan lensa kontak di mata mereka. Beberapa tahun lalu, seorang wanita berusia 67 tahun dari Inggris juga melupakan 27 lensa kontak di matanya selama 35 tahun.

Laporan: Erdyandra Tri Sandiva

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More