Fitur Dark Mode Instagram Hadir di Ponsel Android & iPhone, Ini Tutorialnya

Reporter : Syahid Latif
Rabu, 9 Oktober 2019 11:52
Fitur Dark Mode Instagram Hadir di Ponsel Android & iPhone, Ini Tutorialnya
Eits jangan senang dulu. Fitur dark mode Instagram bisa diaplikasikan pada beberapa jenis ponsel saja.

Dream - Instagram terus memperkaya fitur aplikasinya. Kali ini, platfrom milik perusahaan Mark Zuckerberg itu membuat instagram dark mode (mode gelap) untuk ponsel Android dan Apple.

Sayangnya, fitur dark mode Instagram ini hanya bisa digunakan terbatas. Kamu yang memiliki smartphone dengan sistem operasi Android 1- dan iPhone iOS 13 termasuk yang beruntung.

Google sebenarnya telah menghadirkan dark mode pada Android 10 dan sejumlah aplikasi Google lainnya. Sementara, sejumlah aplikasi lainnya belum mendapatkan mode gelap.

Facebook, sebagai induk Instagram, telah menguji coba fitur dark mode. Sementara untuk Facebook Messenger telah menerima kehadiran update mode gelap.

Aplikasi WhatsApp baru-baru ini juga telah mengujicobakan mode gelap.

Khusus untuk Instagram di smartphone Android, dark theme kini tersedia di aplikasi tersebut tak dalam warna abu-abu tetapi hitam total. Selain itu, UI Instagram saat menggunakan mode ini pun pun jadi lebih gelap.

 

1 dari 6 halaman

Cara Mengaktifkan Dark Mode Instagram

Kamu yang sudah memiliki ponsel dengan OS Android 10 atau iPhone iOS13 bisa menikmati fitur baru dari Instagram. Cara mengaktifkan dark mode Instagram diawali dengan mengaupdate terlebih dahulu aplikasi tersebut.

Selanjutnya, pengguna harus mengaktifkan mode gelap pada Android mereka.

Perlu digarisbawahi, dark mode hanya bisa tersedia jika OS smartphone kamu tersedia dark mode atau night mode secara built in alias fitur bawaan dari Android 10.

Artinya, hanya perangkat Android 10 atau smartphone Samsung Galaxy dengan One UI (yang ada dark mode-nya), atau Xiaomi yang menjalankan MIUI 10 yang akan kebagian opsi dark mode pada Instagram.

(Sah, Liputan6.com)

2 dari 6 halaman

4 Cara Aktifkan Mode Gelap Google Chrome di Android

Dream - Latar bertema gelap menjadi tren aplikasi laman dunia maya saat ini. Facebook Messenger dan Samsung memamerkan tema gelap dalam aplikasi mereka.

Tidak mau kalah, Google meluncurkan mode gelap ke perambah Chrome yang populer untuk perangkat Android. Meski baru diuji coba, fitur ini punya daya tarik tersendiri bagi pengguna.

Sistem yang baru diuji coba itu hanya perlu mengaktifkan flag dan menyesuaikannya di pengaturan.

Meski telah dapat disesuaikan dengan pengguna, mode ini masih memiliki bug. Berikut empat langkah mengubah tampilan Google Chrome di ponsel kamu:



 

3 dari 6 halaman

Perbarui ke Chrome 74+

Pertama, Anda harus memperbarui Chrome ke versi 74 atau lebih tinggi. Jika kamu tidak yakin versi Chrome apa yang dipakai, buka Pengaturan ketuk Aplikasi, lalu pilih Chrome dalam daftar.

Gulir ke bawah ke arah halaman Info App dan nomor versi yang tercantum.

Jika kamu tidak menggunakan Chrome 74 atau lebih tinggi, kamu perlu memperbarui aplikasi. Versi baru saat ini sedang diluncurkan di Play Store.

 

4 dari 6 halaman

Aktifkan Flag

Untuk mengaktifkan flag di Google Chrome cukup mudah. Buka aplikasi dan ketik chrome://flag ke bilah alamat.

Tekan tombol enter. Dari sana, cari " mode gelap Android Chrome UI," lalu ketuk kotak bertanda " Default" di bawah ke hasil atas dan pilih " Enabled" .

Tekan " Relaunch" saat Anda selesai.

 

5 dari 6 halaman

Aktifkan Mode Gelap

Setelah Chrome berhasil dibuka kembali, kamu masih harus mengaktifkan mode gelap. Caranya yaitu, ketuk tombol menu di sudut kanan atas layar dan pilih " Pengaturan."  

Dari sana, ketuk pada " Mode Gelap," lalu aktifkan sakelar di halaman berikut untuk menyalakan fitur ini.

Jika opsi " Mode Gelap" tidak muncul dalam pengaturan Chrome, tutup paksa aplikasi dan periksa lagi pengaturan hingga " Mode Gelap" muncul.

Dalam pengujian Gadget Hacks, mode ini akhirnya muncul setelah menutup paksa aplikasi Chrome tiga atau empat kali.

 

6 dari 6 halaman

Coba Mode Gelap

 Google Chrome dengan tampilan gelap (Foto: GadgetHacks)

Google Chrome dengan tampilan gelap (Foto: GadgetHacks)

Mode gelap Chrome bukanlah produk jadi, sehingga masih memiliki kekusutan sistem. Tapi, tema gelap muncul di UI browser utama, termasuk halaman tab baru, pengalih tab, bilah alamat, dan berbagai menu dalam aplikasi.

Masalah terbesar yang mungkin muncul yaitu, teks hitam pada latar belakang gelap. Selain itu, beberapa laman tampaknya juga belum berubah menjadi gelap seperti bilahnya. Selamat mencoba! (ism)

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting