Instagram Luncurkan Fitur Pengawasan, Orang Tua Bisa Pantau Akun yang Di-follow Anak

Reporter : Shania Suha Marwan
Rabu, 14 September 2022 07:12
Instagram Luncurkan Fitur Pengawasan, Orang Tua Bisa Pantau Akun yang Di-follow Anak
Cari tahu yuk fitur pengawasan yang dikeluarkan Instagram

Dream - Platform media sosial sudah menjadi aplikasi yang mungkin terpasang hampir di setiap smartphone pengguna. Tak hanya jadi ajang unggah konten dan mendapat like, Medsos juga sudah berkembang menjadi alat berkomunikasi dengan fasilitas pesan langsung (DM). 

Dengan berbagai kemudahan berinteraksi, sayangnya media sosial juga membawa tantangan tersendiri bagi orang tua. Masih munculnya konten yang tak sesuai umur sering kali membuat ayah atau ibu kelabakan ketika anak mereka melihatnya. 

Belum lagi para pengguna yang membuat akun bodong untuk tujuan mengunggah konten-konten tak bertanggung jawab. Beberapa hal negatif yang mungkin masih bisa ditemukan saat bermain media sosial adalah komentar negatif, kekerasan seksual, bahkan sifat adiktif.  

1 dari 3 halaman

Pengelola platform media sosial sebetulnya sudah membuat ketentuan mengenai batas minimal usia penggunanya. Sayangnya masih banyak anak-anak yang memalsukan tanggal kelahiran demi menghindari aturan tersebut.

Berbeda dengan pengguna yang sudah masuk kategori dewasa, penggunaan media sosial masih bisa dikontrol dan umumnya sudah bisa bermain dengan lebih bertanggung jawab. 

Keprihatinan terhadap fenomena tersebut mendorong platform Instagram menggandeng Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), untuk membuat aksi nyata lewat kampanye #AnakIndonesiaAmanDigital.

Kampanye ini diharapkan dapat memberdayakan peran orang tua untuk memastikan keamanan anak remaja di indonesia dalam bermain media sosial. 

Bersamaan dengan kampanye ini, Instagram secara bertahap mulai mengembangkan fitur pengawasan yang bisa dijalankan orang tua kepada anaknya. 

© Instagram Indonesia

2 dari 3 halaman

Fitur tersebut memungkinkan orang tua bisa menghubungkan akun Instagramnya dengan akun Instagram milik anak.  Nantinya, orang tua bisa mengatur durasi waktu pemakaian, serta daftar akun yang diikuti anak-anaknya.

Bahkan akun Instagram orang tua juga akan mendapatkan notifikasi saat anak melaporkan sebuah konten atau akun. 

© Instagram Indonesia

Fitur baru yang dikembangkan Instagram ini diharapkan membantu orang tua tetap dapat mengawasi penggunaan media sosial tanpa mengekang kebebasan anak dalam berselancar di media sosial untuk hal-hal yang positif.

3 dari 3 halaman

Psikolog Klinis Anak dan Remaja, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi. Psikolog., menjelaskan kalangan remaja saat ini memang termasuk generasi digital native yang lahir ketika teknologi sudah berkembang. 

Perkembangan ini mendorong para remaja semakin menuntut kebebasan dan kemandirian dalam mengeksplorasi banyak kemungkinan, termasuk di media sosial.

© Instagram Indonesia

" Penting bagi orang tua untuk menghargai otonomi remaja, melakukan diskusi terbuka dengan anak mengenai pengalaman digitalnya, serta meningkatkan literasi digital,” ungkap Dr. Vera, dalam acara peluncuran fitur Pengawasan Instagram, Jakarta, 13 September 2022. 

Beri Komentar