Bukan AS, Ini 5 Negara Paling Maju di Bidang Teknologi Digital

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Selasa, 9 Juli 2019 09:12
Bukan AS, Ini 5 Negara Paling Maju di Bidang Teknologi Digital
Negara mana saja yang memiliki teknologi yang paling maju, terutama dalam urusan pelayanan online dan digital? Berikut daftarnya!

Dream - Indonesia berambisi menjemput era 4.0. Di zaman ini, negara dituntut dengan kemampuan konektivitas baru melalui digital dan internet. Teknologi ini mampu membangun dan menggabungkan begitu banyak budaya dari berbagai belahan dunia.

Bahkan, sebagian besar kegiatan dan pelayanan dalam kehidupan sehari-hari sudah bertransformasi ke digital.

Akses internet dengan kecepatan tinggi, menjadi sebuah kebutuhan primer untuk menjalankan beberapa operasional, baik bisnis hingga pemerintahan. Hal ini memang memiliki dampak baik dari segi ekonomi global, yang mana tidak perlu tunai untuk bertransaksi.

Dari sekian banyak negara di dunia, hampir semua negara sudah memiliki jaringan internet dengan kebijakan masing-masing. Layanan pemerintah, kesehatan dan layanan-layanan lain bahkan sudah dilakukan secara digital.

Negara mana saja yang jadi negara terdepan dalam hal teknologi komunikasi dan jaringan internet tercepat? Berikut daftar 5 negara terdepan dalam teknologi dari laman BBC.

1 dari 5 halaman

Estonia

Menurut survei yang dilakukan oleh InterNations, peringkat pertama negara terdepan dalam teknologi diduduki oleh Estonia. Survei ini meliputi akses internet yang tidak terbatas dan layanan pemerintah secara digital dan online.

Estonia telah melakukan investasi besar-besaran dalam infrastruktur digital sejak tahun 1991, saat memperoleh kembali kemerdekaan negara mereka dari Uni Soviet. Sudah banyak inovasi digital yang dilakukan Estonia, seperti e-voting, e-health, e-banking, dan program pemerintah berbasis elektronik dan digital lainnya.

 Estonia

Infrastruktur yang berbasis digital tidak hanya mendatangkan keuntungan, namun juga kerugian. Tahun 2007, infrastruktur Estonio mendapat serangan cyberwarfare dan menjadi negara pertama di dunia yang akses digitalnya dilumpuhkan.

Walau begitu, Estonia menjadi percontohan bagi NATO untuk menciptakan Pusat Pertahanan Cyber Excellence untuk mengatasi serangan serupa di negara-negara lain.

2 dari 5 halaman

Finlandia

Finlandia menduduki peringkat kedua negara terdepan dalam teknologi. Semua aspek kehidupan masyarakat di negara ini sudah dilayani secara digital dan pembayarannya tidak perlu lagi memerlukan uang tunai.

 Finlandia

Pada tahun 2010, pemerintah Finlandia membuat kebijakan, bahwa keneksi internet adalah bagi semua orang. Tak hanya itu, pemerintah juga menjadikan hak hukum bagi setiap warga negara untuk mengakses ke koneksi broadband.

Infrastruktur digital yang disediakan oleh pemerintah Finlandia, sejalan dengan kebijakan negara di bidang pendidikan dan komunitas, dalam menghasilkan ruang publik, di mana setiap orang masih bisa terhubung secara langsung.

Terlepas dari akses internet yang sangat merata, bahkan di wilayah terpencil sekalipun, untuk memotong akses internet untuk warga juga sangat mudah. Pun, dengan warga Finlandia yang tidak ingin mengakses internet.

Selain negara terdepan dalam teknologi, Finlandia ternyata juga dinobatkan oleh WHO sebagai negara terkuat dari segi kesehatan. Wow!

3 dari 5 halaman

Israel

Israel menjadi negara terdepan dalam teknologi ketiga di dunia. Kemudahan akses internet dan kemudahan dalam memperoleh nomor lokal di negara ini membuat Israel menjadi negara yang kuat dan inovatif dalam perkembangan teknologinya.

Negara ini juga dikenal dengan sebuat “ Negeri Startup’, di mana banyak warga Israel yang bekerja dan fokus pada dunia sosial dan komunikasi model digital. 

 Israel

Di Israel, tercatat terdapat lebih dari 1000 startup yang didominasi oleh anak muda.

Tidak hanya itu saja, akses internet melalui wifi akan mudah didapatkan dan hebatnya lagi, gratis!

4 dari 5 halaman

Kanada

Peringkat keempat negara terdepan dalam teknologi dan jaringan internet adalah Kanada. Negara ini memiliki konsistensi yang tinggi dalalm penyediaan layanan pemerintah secara online dan pembayaran tanpa uang tunai.

 Kanada

Di banyak kota besar di Kanada, akses digital akan mudah dijumpai. Akses di perkotaannya pun terkenal lebih cepat dibanding dengan perkotaan lain di dunia. Bahkan di toko-toko kecil sekalipun, metode pembayaran digital juga sudah diterapkan.

Walau akses internet yang mudah, biaya untuk mendapatkan fasilitas internet di Kanada bisa dibilang lebih mahal dibanding dengan negara lain. Namun, secara keseluruhan, layanan pemerintah Kanada memiliki akses yang tidak terbatas.

Hal tersebut tentu memudahkan para warga Kanada yang mengelola bisnis. Bahkan jaringan internet masih bisa ditemukan walau berada di kawasan perkemahan di bukit.

5 dari 5 halaman

Korea Selatan

Korea Selatan menjadi negara terdepan dalam teknologi penyediaan internet tercepat di rumah, dan hal ini memungkinkan para warganya memperoleh koneksi internet yang lancar di rumah masing-masing.

 Korea Selatan

Tidak hanya di rumah saja, di berbagai area publik, koneksi internetnya juga sangat cepat. Hal ini sangat berpengaruh pada kecepatan streaming dan gim, hingga untuk melakukan pengunduhan video akan sangat cepat tanpa gangguan.

Selain itu, akses internet di Korea Selatan sangat terbuka dan bebas. Walau begitu layanan pemerintah berbasis digital dan online masih jarang ditemukan di negeri Ginseng ini. Hal ini bisa jadi dampak dari kebocoran kata sandi yang pernah terjadi pada sebuah aplikasi digital yang mengakibatkan data keuangan pribadi dan negara menjadi bocor.

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'