Momen 11.11, Penipu Getol Incar Pemburu Diskon

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 11 November 2019 12:30
Momen 11.11, Penipu Getol Incar Pemburu Diskon
Tak sedikit orang lengah dengan potensi phising karena sibuk mencari diskon. Waspadalah!

Dream – Hari ini, Senin 11 November 2019, merupakan hari Single’s Day atau promo belanja online 11 November 2019. Para pengguna e-commerce menyambut beragam promo yang ditawarkan oleh banyak e-commerce.

Tapi, ada satu hal yang harus diwaspadai dari hajatannya e-commerce, yaitu scammers.

Dikutip dari keterangan tertulis Kaspersky, perusahaan antivirus ini mendeteksi lonjakan pada serangan phising finansial sebelum penjualan 11 November 2018. Pada tahun lalu, lonjakan serangan mencapai lebih dari 950 ribu. Para periset ini juga menemukan serangan spam dan phising serupa sekarang. Perusahaan itu meminta masyarakat untuk berhati-hati dengan aktivitas belanja online.

Peneliti di Kaspersky, Andrey Kostin, mengatakan, pihaknya juga mendapati beberapa ancaman di aplikasi seluler. Phising ini disamarkan sebagai platform e-commerce populer. Beberapatoko yang memiliki penawaran khusus untuk tanggal 11 November secara umum memang cukup tinggi. Pada tahun 2019, sebanyak 83 persen dari toko online menyamar sebagai marketplace Asia, turun 9 persen dari 2018 yang sebanyak 92 persen.

“ (Tanggal) 11 November menjadi waktu yang terbaik untuk berbelanja karena diskon dan promosi diiklankan dengan baik kepada para pengguna. Namun, juga sekaligus menjadi momentum terbaik bagi para phiser dan spammer,” kata dia.

Kostin mengatakan para penipu lebih aktif pada periode ini. Mereka memanfaatkan kelengahan masyarakat yang tak waspada karena sibuk berburu diskon besar dan penawaran terbatas.

Lantas, bagaimana caranya supaya tidak tertipu?

1 dari 6 halaman

Begini Caranya

Kostin meminta masyarakat tak perlu khawatir dengan ancaman itu. Asalkan, mereka mengikuti “ aturan main” saat berselancar untuk berburu diskon.

“ Konsumen tidak perlu khawatir asalkan mereka mengikuti aturan dasar dalam kebersihan keamanan siber dengan tepat,” kata dia.

Ada empat cara untuk tidak tertipu saat hari belanja online 11.11.

1. Periksalah tautan yang tertanam saat menerima penawaran yang menggiurkan melalui e-mail. Pastikan untuk memeriksa hyperlink yang tertanam, bisa jadi berbeda dengan yang apa yang terlihat.

2. Pastikan melakukan pembelian melalui pasar resmi. Perhatikan alaman web jika diarahkan melalui landing page lain. Kalau berbeda dengan toko resmi, pertimbangkan untuk memeriksa penawaran yang ditemui dengan mencarinya di situs yang sah.

3. Menggunakan solusi keamanan dengan teknologi anti phising berbasis perilaku. Teknologi ini akan memberikan informasi jika masuk mengunjungi halaman penipuan.

4. Jangan menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa situs web. Kalau ada yang dicuri, semua akun kamu menjadi rentan. Gunakan kata kunci yang kuat dan antiretas.

2 dari 6 halaman

Barang-Barang Ini Selalu Laris Manis Saat Pesta Belanja Online

Dream – Festival Belanja 11.11 yang sudah menjadi acara diskon terbesar e-commerce tahunan sejak 2012. Para pelanggan bisa berpesta mendapatkan barang idaman dengan harga kortingan.

Diskon besar-besaran di semua kategori produk memang selalu membuat orang tak segan menekan tombol beli dan mengetik pin rekening untuk belanja.

Tapi sebelum kalap belanja kita harus taahu apa saja kategori produk yang laris-manis saat festival belanja online.

Senior Vice President Operations Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggora, mengatakan, ada tiga kategori produk yang biasanya paling laris. Ketiga kategori ini adalah produk kecantikan, barang-barang elektronik, serta fashion.

Ketiga kategori itu pula yang telah disiapkan Lazada untuk menyambut festival belanja pekan depan. Meski demikian, Haikal mengaku belum bisa menerawang barang apa saja yang bakal laris di festival belanja kali ini.

“ Susah, sih, kalau disuruh menerawang. Soalnya enggak ada yang tahu customer yang datang nanti siapa. Kami punya customer pada hari-H,” kata Haikal di Jakarta.

(Laporan: Shania Suha Marwan)

3 dari 6 halaman

Lazada Tebar Diskon Festival Belanja 11.11, Ini Tips Biar Dapat Barang Incaran

Dream – Festival Belanja 11.11 sebentar lagi menyonsong. Para pemburu barang-barang e-Commerce siap-siap menyambut diskon besar-besaran. Event tahunan ini memang kerap ditunggu peselancar dunia maya.

Dari beragam program yang cukup menarik perhatian adalah kala e-Commerce menyiapkan kegiatan flash sale. Program ini biasanya menjual barang favorit namun dengan harga sangat miring. 

Flash sale juga menjadi program yang selalu bikin penasaran karena barang incaran yang ditawarkan sangat sedikit. Tak sedikit netizen yang sering gagal mendapatkan barang incarannya.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa mendapatkan barang di festival belanja 11.11? Kamu bisa mengikuti cara ini.

Pertama, kamu terlebih dahulu mencari barang yang diinginkan. Hal ini bertujuan agar kamu tak bingung lagi ingin membeli barang apa.

 

 

Kedua, masukkan barang yang diinginkan ke troli mulai dari sekarang. Ini bertujuan agar tak perlu repot mencari barang saat festival 11.11 berlangsung.

Ketiga, siap-siaplah membuka e-commerce dari hari sebelumnya. Dengan begitu, kamu akan kebagian pesta belanja online dan tidak kehabisan kuota diskon.

“ Dari sekarang, masukkan barang incaran ke troli supaya nanti tinggal tombol checkout saat 11.11,” kata Senior Vice President Traffic Operations Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggora, dalam “ Konferensi Pers Festival 11.11 Lazada”, di Jakarta, Selasa 5 November 2019.

4 dari 6 halaman

Diskon Hingga 99 Persen

Pada tanggal 11 bulan november ini atau biasa disebut dengan 11.11. Para e-commerse di Indonesia akan memberikan diskon hingga 99,9 persen selama 24 jam. Salah satu e-commerce yang menyediaka diskon besar-besaran adalah Lazada Indonesia.

Dalam event ini, Lazada memberikan voucher senilai total Rp11 miliar. Ada juga 11 juta penawaran ekslusif dan fitur shoppertainment terbaru.

“ Untuk (festival) 11.11 tahun ini, kami benar-benar mengerahkan seluruh kemampuan dari segi shoppertainemt, penawaran, bahkan seller. Kami berharap Lazada 11.11 menjadi perayaan diskon terbesar satu hari,” kata Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, Monika Rudijono, di Jakarta.

(Sah, Laporan: Sania Suha Marwan)

5 dari 6 halaman

Orang RI Mau Belanja Online Rp1,5 Juta di Akhir Tahun, Pelapak Siap-Siap!

Dream – September menandakan dimulainya pesta belanja online akhir tahun di Indonesia. Beragam promo potongan harga hingga cashback menarik ditawarkan oleh platform e-commerce.

Tak heran momen ini ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 6 September 2019, Shopback merilis survei tentang pola perilaku belanja online masyarakat Indonesia saat festival belanja berlangsung.

Survei ini meneliti perilaku lebih dari 5.100 responden dari Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar.

Hasil survei menemukan ada dua pertiga responden yang berencana berbelanja lebih banyak ketimbang festival belanja online tahun lalu. Sebanyak 38,6 persen dari responden akan berbelanja sebanyak Rp500.001- Rp1,5 juta.

 

 

Sementara 36,8 persen responden lainnya hanya akan membelanjakan uang di bawah Rp500 ribu.

Berdasarkan data historis di Shopback, rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan uang sebanyak Rp2,1 juta untuk berbelanja.

“ Festival belanja online akhir tahun memang selalu menjadi momen yang dinanti-nanti masyarakat Indonesia, karena pada periode ini mereka mendapat harga terbaik dalam membeli beragam produk yang diinginkan,” ujar Head of Business Development ShopBack Indonesia, Yolanda Margaretha, di Jakarta.

6 dari 6 halaman

Berkah Bagi Pedagang

Yolanda mengatakan festival belanja online akhir tahun juga memberikan berkah bagi penjual online. Rata-rata transaksinya meningkat hingga tiga kali lipat daripada hari-hari biasa.

“ Tahun ini pun ShopBack memprediksi akan terjadi peningkatan hingga dua kali lipat dalam hal orderdibanding periode festival belanja online tahun sebelumnya,” kata dia.

Dalam berbelanja online, masyarakat Indonesia dapat dikatakan sudah lebih bijak dalam menentukan barang apa yang akan dibeli di platform online. Menilik dari hasil survey, responden mengaku lebih mempertimbangkan kredibilitas penjual ketimbang harga yang ditawarkan.

Survei ini juga menunjukkan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) menduduki peringkat pertama festival belanja online yang paling banyak diketahui masyarakat Indonesia, diikuti oleh 99 Super Shopping Day di peringkat kedua. Sayangnya hanya 22 persen dari responden yang mengetahui semua festival belanja online yang ada di Indonesia. 

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone