5 Cara Merawat Kulit Wajah Agar Tampak Awet Muda dan Flawless

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Jumat, 27 September 2019 07:48
5 Cara Merawat Kulit Wajah Agar Tampak Awet Muda dan Flawless
Siapa sih yang tidak mau punya wajah awet muda dan flawless? Yuk, coba cara merawat kulit wajah ini, deh.

Dream- Kulit wajah kusam membuat paras tampak lebih tua, kotor, dan tidak sehat. Masalah kulit kusam memang umum terjadi, terutama pada sebagian besar wanita. Apalagi di kondisi udara yang kurang sehat, kabut asap dan berdebu.

Jangan pernah mendiamkan kulit wajah kusam, karena masalah kulit wajah lain akan bermunculan, seperti jerawat dan tanda penuaan dini. Sebelum semua itu terjadi, akan lebih baik kalau kulit wajah dirawat dengan baik. Tak harus dengan produk perawatan kulit mahal, kok.

Kunci utama perawatan kulit wajah adalah bersih dan konsisten. Kulit wajah yang dibersihkan sempurna, dijamin akan membuat kulit tampak lebih segar dan natural. Selain itu, konsisten dalam menggunakan produk perawatan kulit atau memakai bahan alami sangat diperlukan.

Untuk membuat kulit tampak lebih muda dan flawless, berikut Dream rangkumkan lima cara merawat kulit wajah yang mudah dan sederhana.

1 dari 5 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah dengan Pelembab

 Cara Merawat Kulit

Pelembab atau moisturizer sangat diperlukan kulit wajah. Tak hanya membuat wajah jadi lebih lembut, pelembab kulit wajah sangat penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi. Cara merawat kulit wajah dengan pelembab ini efektif membuat kulit tampak lebih segar dan tampak lebih muda.

Sahabat Dream bisa menggunakan pelembab dengan berbagai bentuk, misal lotion, krim atau pelembab cair. Tak kalah pentingnya ialah cara pengaplikasian pelembab ke kulit wajah. Umumnya, cukup dengan mengoleskan sedikit ke kulit dan meratakannya.

Untuk memaksimalkan fungsi pelembab dan mendapatkan manfaat lebih, setelah mengaplikasikan pelembab ke kulit dan meratakannya, beri tepukan pelan ke wajah dengan dua jari. Cara ini efektif untuk membuat aliran darah di kulit wajah menjadi lebih lancar, sehingga kulit bisa menyerap kandungan krim dengan lebih baik.

2 dari 5 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah dengan Masker Daun Mint

Ada banyak jenis masker wajah alami yang bisa dibuat sendiri. Setiap masker wajah alami memiliki manfaat yang berbeda-beda. Salah satunya masker wajah dari daun mint yang bermanfaat untuk mencerahkan dan menyegarkan kulit wajah.

 Cara Merawat Kulit

Selain itu, kandungan antibakteri asam salisilik di daun mint bermanfaat mencegah jerawat, komedo, melancarkan aliran darah dan melembutkan kulit. Manfaat ini akan menunjang penampilan kulit wajah menjadi lebih tampak awet muda dan flawless.

Cara membuat masker wajah daun mint sangat mudah. Pertama, bersihkan daun mint dan ambil daunnya saja. Setelah itu haluskan daun mint sampai berbentuk pasta, bisa juga ditambah minyak alami. Selesai dengan pasta masker, langsung oleskan ke wajah secara merata, dan diamkan selama 15 menit. Lalu, bilas dengan air mengalir.

3 dari 5 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah dengan Metode 424

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kunci untuk mendapatkan kulit awet muda dan tampak flawless adalah bersih dan konsisten. Dua kunci tersebut harus didukung dengan metode perawatan kulit yang rutin juga.

 Cara Merawat Kulit

Rutinitas perawatan kulit wajah ini banyak digunakan di Jepang dan Korea, dikenal dengan nama metode 424, yang artinya:

  • 4 menit membersihkan kulit dari riasan dan kotoran di wajah.
  • 2 menit mencuci wajah dengan sabun.
  • 4 menit memaksimalkan pembersihan kulit wajah.


Metode perawatan ini sangat penting, selain membuat kulit tetap bersih, metode ini ampuh melembabkan kulit. Dengan begitu, kulit tampak awet dan flawless walaupun tidak memakai riasan wajah apapun.

4 dari 5 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah dengan Toner Air Beras

Toner berfungsi untuk mengangkat kotoran dan melembutkan kulit. Tidak hanya dengan produk toner yang dijual di pasaran saja, kita bisa membuat toner sendiri di rumah. Bahkan, toner alami ini sudah dimanfaatkan oleh wanita di masa lalu untuk merawat kulit mereka.

 Cara Merawat Kulit


Salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai bahan toner adalah air beras. Walau terdengar aneh, air beras mengandung vitamin B yang tinggi. Kandungan ini bermanfaat untuk melembutkan, mencerahkan dan memperbaiki kulit.

Cara membuat toner dari air beras tak begitu sulit. Pertama, cuci beras sampai bersih, lalu masak beras seperti biasa tapi dengan air yang lebih banyak. Saat beras mulai mendidih, ambil air yang tersisa dan masukkan dalam botol. Beras yang berubah menjadi nasi, bisa dikonsumsi. Dan, airnya bisa dimanfaatkan sebagai toner.

5 dari 5 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah dengan Kurangi Jumlah Produk Perawatan

Ada berbagai macam produk perawatan kulit, mulai dari pembersih, pelembab, dan pencerah. Setiap produk memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk membuat kulit tampak awet muda dan flawless, produk perawatan kulit juga disarankan.

 Cara Merawat Kulit

Tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan produk perawatan kulit, mulai dari pemilihan produk, hingga kandungan yang ada di dalamnya. Tak kalah penting, jumlah produk yang dipakai, mempengaruhi kesehatan kulit.

Untuk membuat kulit wajah awet muda dan flawless, jangan gunakan produk perawatan kulit terlalu banyak. Cukup 3 jenis produk saja, misal pembersih, pelembab dan toner. Terlalu banyak jenis perawatan kulit dapat menyebabkan kulit cepat kering dan membuat lapisan kulit menipis.

Sumber: World of Buzz

Beri Komentar
Bikin Geleng-geleng Kepala, 3 Mobil Ini Sukses Terjang Banjir