5 Tips Mengatasi Rasa Tegang Agar Lebih Tenang

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 5 November 2020 18:33
5 Tips Mengatasi Rasa Tegang Agar Lebih Tenang
Ketahui juga penyebabnya.

Dream - Ketika dihadapkan pada pilihan atau ingin melakukan presentasi di depan umum, seringkali kita merasa nervous atau tegang.

Hal ini sangat wajar dialami oleh setiap orang. Rasa tegang disebabkan oleh stres dan dipengaruhi faktor hormonal serta fisiologis ketika menghadapi sesuatu yang mengancam.

Tubuh akan memproduksi hormon adrenalin yang akan membuat jantungmu berdebar-debar, tekanan darah naik dan nafas menjadi lebih cepat.

Lalu, bagaimana caranya mengatasi rasa tegang dan lebih tenang? Berikut tips mengatasi stres yang dilansir dari Sehatq.com.

1 dari 2 halaman

Menganggap sebagai hal yang normal

Jika telah memahami penyebab rasa tegang, anggaplah hal tersebut sebagai respon tubuh yang sangat wajar dan normal dialami. Apalagi, jika situasinya mendukung untuk membuatmu merasa tegang.

Lama kelamaan kamu bisa lebih tenang untuk mengontrol rasa tegang, sehingga tidak perlu terlalu lama mengalaminya.

Mematangkan persiapan

Persiapan yang matang akan membuatmu lebih berani menghadapi segala hal. Kamu bisa mempersiapkan solusi dan cara mengatasi berbagai kondisi yang akan dihadapi di masa mendatang, sehingga tidak perlu merasa tegang.

2 dari 2 halaman

Percaya diri

Selain berani, mematangkan persiapan juga bisa membuatmu percaya diri. Ketika merasa percaya diri, kamu akan merasa yakin akan kemampuan menghadapi situasi dan kondisi di masa mendatang.

Tetaplah berfikir positif agar bisa menghadapi segala hal dengan lebih tenang dan tepat ketika ingin menentukan atau mengutarakan sesuatu.

Berdiskusi dengan orang lain

Berdiskusi dengan orang lain merupakan hal yang bisa dilakukan sebagai persiapan. Kamu bisa merasa lebih tenang dan nyaman setelah berkomunikasi dengan orang yang tepat serta positif.

Berbagi pengalaman serupa juga bisa menjadi salah satu alternatif yang menenangkan untuk mengatasi rasa tegang.

Melakukan relaksasi

Ini merupakan cara paling sederhana yang dapat dilakukan ketika merasa tegang. Kamu bisa melakukan teknik pernapasan, mendengarkan lagu atau meditasi.

(Sumber: Sehatq.com)

Beri Komentar