6 Tips Membuat Kesan Pertama yang Hebat Saat Interview Kerja

Reporter : Ulyaeni Maulida
Jumat, 26 Juni 2020 09:33
6 Tips Membuat Kesan Pertama yang Hebat Saat Interview Kerja
Pastikan kesan pertama kamu terlihat sempurna.

Dream – Saat interview kerja, kesan pertama menjadi hal yang sangat penting. Karena kamu dapat memberikan keunggulan lebih dari kandidat lain.

Interview kerja merupakan pintu terakhir agar kamu dapat bergabung dalam sebuah perusahaan. Untuk itu, kamu harus memberikan kesan pertama yang sempurna bagi pewawancara.

Kesan pertama tak melulu soal penampilan. Bahkan kumpulan portofolio pun tidak menjadi jaminan kamu dapat diterima oleh perusahaan.

Ada berbagai hal yang harus kamu persiapkan, untuk membuat kesan pertama yang hebat. Berikut beberapa tips yang dapat kamu gunakan saat akan melakukan interview kerja: 

1 dari 6 halaman

Pakaian yang Pantas

Interview© Pexels.com

 

Hal pertama yang akan dilihat adalah pakaian yang kamu gunakan. Untuk itu, kamu harus bijak memilih jenis pakaian saat interview.

Pastikan kamu tidak menggunakan pakaian yang terlalu mencolok atau berlebihan. Selain itu, jangan gunakan parfum yang baunya terlalu kuat.

Jika kamu memilih menggunakan pakaian formal, pastikan agar kamu tetap nyaman. Biasanya kebanyakan orang akan memilih warna-warna netral, seperti putih dan hitam.

2 dari 6 halaman

Berlatih Menjawab Pertanyaan

Sebelum melalukan wawancara, sebaiknya perbanyak latihan untuk menjawab pertanyaan dirumah. Kamu bisa memanfaatkan cermin atau meminta bantuan orang lain.

Hal ini akan membantumu menghilangkan rasa gugup saat diberikan pertanyaan. Karena kamu sudah merasa siap, dengan apa yang akan kamu lakukan.

Selain itu, dengan banyak berlatih akan meningkatkan rasa percaya dirimu. Dengan begitu, kamu dapat memberikan aura positif saat melakukan interview.

3 dari 6 halaman

Mencari Tahu Profil Pewawancara

Interview© Pexels.com

 

Kamu juga perlu mencari tahu tentang siapa yang akan mewawancaraimu. Kamu dapat mencari profil pewawancara tersebut melalui internet.

Hal ini akan membuat kamu mengetahui lebih banyak tentang minat dan ketertarikan orang tersebut. Sehingga saat interview, kamu memiliki lebih banyak peluang untuk menarik perhatiannya dengan menunjukkan minat atau gagasan yang sama.

4 dari 6 halaman

Pelajari Tentang Profil Perusahaan

Interview© Pixabay.com

 

Ini adalah salah satu hal penting yang kadang luput dari perhatian. Ketika melakukan interview kerja, tak jarang kamu diberikan pertanyaan terkait profil, hingga visi dan misi perusahaan.

Tentunya hal ini hanya dapat kamu ketahui jika sebelumnya kamu telah mencari tahu tentang perusahaan tersebut jauh-jauh hari.

Dengan begitu, pewawancara juga lebih tertarik karena mereka menganggap kamu sangat serius ingin bekerja diperusahaan mereka. Karena kamu dengan tekun mempelajari bagaimana profil perusahaan tersebut.

5 dari 6 halaman

Perhatikan Bahasa Tubuh Kamu

 

Bahasa tubuh erat kaitannya dengan rasa percaya diri. Ketika kamu melakukan jabat tangan tanpa ragu, pewawancara pun sudah dapat mengetahui tingkat kepercayaan dirimu.

Ketika kamu duduk, usahakan untuk tidak membungkuk. Dan pastikan tangan dan kaki mu berada dalam posisi yang tepat.

Janganlah memasang wajah yang terlalu serius. Berikan senyum tulus disela-sela interview. Hal ini akan membantumu untuk tidak terlihat gugup.

6 dari 6 halaman

Selalu ingat untuk berterima kasih

Interview© Pexels.com

 

Setelah selesai melakukan interview, jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih kepada pewawancara. Karena telah diberi kesempatan untuk bertemu mereka.

Sifat rendah hati dan ungkapan terimakasih yang kamu berikan, bisa saja menjadi pertimbangan mereka untuk memberimu kesempatan diterima dalam perusahaan tersebut.

(Sumber: timesofindia.indiatimes.com)

Beri Komentar