Mengenal Teknik Perawatan Reverse-washing Hair untuk Kesehatan Rambut

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 8 November 2021 18:13
Mengenal Teknik Perawatan Reverse-washing Hair untuk Kesehatan Rambut
Bagaimana cara menerapkannya?

Dream - Sahabat Dream yang suka mengikuti tren TikTok mungkin pernah mendengar atau bahkan mencoba keramas dengan teknik reverse washing hair. Teknik tersebut diklaim mampu mengatasi rambut yang mudah berminyak setelah keramas.

Reverse washing hair dilakukan dengan menggunakan conditioner terlebih dulu sebelum memakai sampo. Cara ini dipercaya lebih efektif untuk membuat rambut lebih halus dan terhidrasi.

Teknik tersebut agak bertolak belakang dengan kebiasaan seseorang yang cenderung menghindari pemakaian conditioner ketika rambut terasa berminyak. Padahal, conditioner memang perawatan rambut yang sama pentingnya dengan sampo.

1 dari 3 halaman

Melakukan Perawatan Rambut© Shutterstock

“ Conditioner adalah bagian penting dari setiap rutinitas perawatan rambut, karena dapat menutrisi, menghidrasi, mengunci kelembapan, serta membuat rambut yang sehat, berkilau, dan elastis,” jelas Craig Ziering, DO, ahli bedah transplantasi rambut, dilansir dari Byrdie.

Ziering pun mengungkapkan bahwa teknik reverse wash sangat cocok diterapkan pada tekstur rambut yang lurus, halus, dan tipis untuk membantu mengatasi kulit kepala berminyak dan menjaga rambutmu tetap ringan.

Selain itu, rambut yang mulai menipis juga bisa diatasi dengan teknik ini karena reverse washing dapat mencegah pemakaian produk rambut terasa lebih 'berat'.

2 dari 3 halaman

Manfaat dan kekurangan teknik reverse washing hair

Manfaat

Manfaat terbesar dari teknik ini adalah membuat batang rambut lebih halus tanpa menyebabkan kondisioner tertinggal atau menimbulkan jerawat di kulit kepala. Kamu bisa membuat rambut lebih terhidrasi, bervolume, serta tidak mudah berminyak.

Kekurangan

Teknik perawatan rambut ini mungkin kurang bermanfaat bagi rambut bertekstur keriting atau ikal. Kamu pun tidak bisa mengatasi rambut rontok hanya dengan menerapkan teknik tersebut. Untuk mengatasi rambut rontok, terutama ketika kondisinya cukup kronis, kamu perlu berkonsultasi dengan dermatologis.

3 dari 3 halaman

Bagaimana cara mempraktikkan reverse wash

Melakukan Perawatan Rambut© Shutterstock

Untuk melakukan reverse washing hair, kamu hanya perlu mengaplikasikan conditioner di batang rambut di dekat kulit kepala hingga ujungnya. Lalu, pijat kulit kepala dan batang rambut secara merata.

Biarkan rambut selama 5 menit dan bilas dengan air hangat. Gunakan sampo dan bilas kembali rambutmu hingga benar-benar bersih. Jangan gunakan handuk yang terlalu kasar agar tidak menyebabkan kerontokan.

Laporan: Syifa Putri Naomi

Beri Komentar