Tips Merawat Kulit Remaja di Musim Panas

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 16 Juni 2021 11:35
Tips Merawat Kulit Remaja di Musim Panas
Rawat kulit sedini mungkin untuk mencegah proses penuaan.

Dream - Perawatan kulit tidak hanya dilakukan sejak memasuki usia 20. Kamu bisa mulai melakukan perawatan sedini mungkin.

Memasuki usia remaja, gunakanlah pembersih, toner, dan pelembap untuk menjaga kesehatan kulit secara maksimal.

Jangan lupakan pemakaian tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pertama-tama, yang wajib dilakukan adalah membersihkan wajah dua kali sehari di pagi dan malam hari.

Lalu, gunakan toner yang cocok dengan kebutuhan kulit, pelembap secukupnya dan tabir surya. Pastikan semua produk yang digunakan cocok dengan kebutuhan kulitmu.

Dilansir Times of India, kamu juga harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum 8 gelas sehari.

Mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air seperti timun, tomat serta semangka juga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Gunakan pelembap pada seluruh bagian tubuh untuk menjaga tekstur dan kelembapan kulit yang terpapar udara AC atau polusi. Aplikasikan pelembap setelah mandi pagi dan sebelum tidur.

Hindari pemakaian produk yang terlalu berminyak agar wajah tidak rentan berjerawat. Kecuali, jika kulitmu kering.

Jangan lupa gunakan lip balm yang mengandung SPF agar warna dan tekstur bibir tetap terjaga. Hindari pemakaian produk yang mengandung terlalu banyak bahan kimia.

Kamu bisa menggunakan kompres mata atau membuatnya sendiri agar area matamu tetap cerah setelah melihat layar gawai maupun membaca buku.

1 dari 3 halaman

Ketahui Rahasia Wajah Cantik Alami Wanita Jepang

Dream - Selama ini kita selalu membuang air bekas cucian beras. Padahal, air beras dapat digunakan untuk perawatan kulit.

Air beras telah dijadikan produk perawatan kulit alami oleh wanita Jepang. Dilansir Times of India, air beras kaya akan antioksidan yang mampu mencegah penuaan dini dan menjaga elastisitas kulit.

Air beras bahkan diklaim mampu meredakan peradangan dan mengatasi jerawat. Kamu hanya perlu menggunakan air beras untuk membilas wajah setiap hari.

Jika ingin lebih praktis, kamu juga bisa menyimpannya dalam botol spray untuk digunakan sebagai face mist.

Simpanlah botolnya ke dalam kulkas selama 3-4 hari agar lebih segar ketika dipakai saat beraktivitas.

2 dari 3 halaman

Coba Steam Facial di Rumah Biar Kulit Glowing Maksimal

Memiliki Kulit yang Sehat© Shutterstock

Dream - Ada banyak perawatan yang dibutuhkan kulit wajah untuk membuatnya sehat dan bersinar. Bukan hanya dengan memakai produk perawatan kulit. 

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dan memakan waktu sedikit lebih lama. Hal ini agar produk skincare bisa menyerap dan bekerja lebih maksimal.

Salah satu perawatan tersebut adalah steam facial. Facial menggunakan suhu panas ini bisa dilakukan di rumah agar wajah lebih bersih dan kulit pun terasa kenyal.

Dilansir dari Fustany.com, berikut tutorial melakukan steam facial di rumah untuk mengoptimalkan kesehatan dan kebersihan kulit wajah.

3 dari 3 halaman

1. Gunakan steamer atau sediakan air mendidih dalam mangkuk. Lalu, tutupi kepala dan sekitar wajah dengan handuk dan menghadaplah pada mangkuk.

Kompres wajah selama 10 menit dan angkat kepala beberapa kali. Gunakan kapas dan air mawar untuk membersihkan sisa kotoran yang keluar setelah mengompres wajah.

2. Aplikasikan mud atau clay mask sebelum mengompres wajah kembali selama 3 menit.

3. Setelah masker mengering, bersihkan wajah perlahan dengan air hangat.

4. Gunakan sheet mask dan biarkan 15 menit. Kamu juga bisa menggantinya dengan masker berbahan alami seperti campuran sesendok teh madu dan yogurt.

5. Pijat wajah menggunakan face roller sebelum melepas sheet mask dan memakai pelembap. (mut)

 

Beri Komentar