5 Tradisi Unik untuk Rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia!

Reporter : Shania Suha Marwan
Selasa, 16 Agustus 2022 17:36
5 Tradisi Unik untuk Rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia!
Ada tradisi apa aja si dalam merayakan kemerdekaan Indonesia?

Dream - Banyak cara dilakukan rakyat Indonesia untuk memeringati kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus. Masyarakat di berbagai wilayah biasanya menggelar beragam lomba untuk memeriahkan ulang tahun kemerdekaan atau dikenal dengan 17an.

Balap karung, panjat pinang, hingga memancing, tentu sudah tidak asing bagi masyarakat. Lomba-lomba itu memang selalu diadakan saban 17an. Namun tidak hanya perlombaan, masyarakat Indonesia juga biasa memeringati hari kemerdekaan dengan berbagai tradisi unik di daerah masing-masing.

Indonesia memang negara besar dengan segudang tradisi untuk memeriahkan peringatan hari kemerdekaan. Berikut ini, beberapa tradisi unik dalam merayakan kemerdekaan Indonesia dari berbagai daerah:

1 dari 3 halaman

  • Telok Abang, Palembang

Pertama adalah Telok Abang dari Palembang, dimana pedangan kecil di Palembang akan memenuhi jalan-jalan untuk menjual beberapa kerajinan tangan tradisional bernama Telok Abang (Telur Merah). 

Pada dasarnya telur berwarna merah yang sudah dicat akan ditempatkan di dalam mainan dalam bentuk kapal, pesawat, becak dan kereta api. 

Warna merah sendiri menggambarkan keberanian, sedangkan bagian putih di dalam telur melambangkan kesucian, seperti Bendera Merah Putih.

  • Pawai Jampana, Bandung

Selanjutnya ada Pawai Jampana, tradisi yang biasanya dilakukan masyarakat Bandung, sebagai simbol rasa syukur atas hasil panen yang dituai masyarakat sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Terdapat puluhan tandu besar yang berisikan hasil bumi, kerajinan lokal, dan berbagai macam makanan yang akan dibawa empat orang, dalam parede ini. 

2 dari 3 halaman

  • Obor Estafet, Semarang

Tradisi unik lainnya ada di Semarang, tepatnya di Desa Papandayan, Kecamatan Gajahmungkur, yang dinamakan Estafet Obor. 

Dalam tradisi ini, atlet terbaik Semarang akan melakukan estafet dengan obor untuk mengenang semangat patriot saat memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. 

  • Peresean, Lombok 

Selanjutnya ada tradisi dari masyarakat Lombok, yang mengadakan lomba Peresean yang menghadirkan pepadu (gladiator) ternama untuk bertarung dari segi kelincahan. 

© Ilustrasi/Shutterstock

Peresean merupakan seni pertunjukan tradisional masyarkat Sasak Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang dimana pepadu dari berbagai pelosok Lombok berperang dengan tongkat rotan dan tameng yang terbuat dari kulit sapi agau kerbau. 

3 dari 3 halaman

  • Lomba Dayung, Banjarmasin 

Terakhir, ada kompetisi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yaitu Lomba Dayung Perahu Naga. 

© Ilustrasi/Shutterstock

Acara ini digelar secara rutin setiap tahunnya di Sungai Martapura, yang sudah ada sejak tahun 1924. 

Sumber: Wonderful Indonesia 

 

Beri Komentar