Deretan Bangunan dengan Arsitektur Spektakuler di Negara Islam

Reporter : Shania Suha Marwan
Rabu, 5 Oktober 2022 14:48
Deretan Bangunan dengan Arsitektur Spektakuler di Negara Islam
Berikut ini adalah beberapa bangunan yang punya arsitektur spektakuler yang ada di negara islam

Dream - Pemandangan alam menjadi salah satu ciptaan Allah SWT yang akan membuat kita terpesona. Sang Pencipta juga membekali manusia dengan kemampuan akal sehingga bisa membuat bangunan megah sebagai penambah pemandangan ciptaan-Nya.

Lazim kita mendengar para arsitektur menciptakan bangunan pencakar langit dengan ketinggian yang semakin tak terbayangkan. Ada pula yang mencoba membuat gedung unik dengan gaya yang membuat publik perlu merenung sebelum bisa mencernanya.

Dubai atau Uni Emirat Arab saat ini muncul sebagai kota dengan beragam bangunan megah yang unik dan megah. Namun jauh sebelum kemunculan kota metropolis baru dunia ini, negara Islam juga memiliki sejumlah bangunan dengan arsitektur yang tak kalah menakjubkan. 

Bahkan di masanya, bangunan-bangunan yang dibuat oleh arsitektur muslim ini menjadi ikon dan membuat bangsa Eropa dan seluruh dunia terkagum-kagum. 

Berikut ini, adalah beberapa bangunan dengan arsitektur megah dan spektakuler yang ada di negara islam ataupun merupakan bangunan dengan sejarah islam:

1 dari 3 halaman

Masjid al-Haram

Masjid al-Haram merupakan tempat ibadah umat muslim, yang menjadi lokasi Ka’bah berada. 

Terungkap! 9 Potret Isi Kabah yang Jarang Terekspos Publik, Lebih dari Menakjubkan!© MEN

Masjid ini menjadi masjid paling besar di dunia, yang dapat menampung hingga 2,5 juta jamaah, yang dipercaya mulai dibangun saat masa pemerintahan Khalifah Umar di al-khattab (634-644).  

Masjid Al-Aqsa Yerusalem

Masjid Al-Aqsa adalah salah satu monumen tertua dalam dunia Islam, dan menjadi salah satu arsitektur Islam yang paling ikonik. 

© Ilustrasi/Shutterstock

Dibangun pada akhir abad ke-7 oleh Khalifah Umayyah Abd al-Malik ibn Marwan, bangunan ini punya nilai sejarah dan makna religius untuk umat muslim. 

Bangunan ini, dipercaya menjadi lokasi tempat naiknya Nabi Muhammad ke surga pada malam Mi’raj. 

2 dari 3 halaman

Menara Jam Mekah

© Ilustrasi/Shutterstock

Menara Jam yang ada di Mekkah menjadi komplek tujuh hotel pencakar langit di Mekah. 

Menjadi bangunan termahal kedua di dunia, dengan total biaya konstruksi sebesar US$ 15 miliar, dan juga menjadi jam terbesar dam tertinggi di dunia. 

Masjid Agung Samarra

Masjid Agung Samarra yang ada di Irak, menjadi keajaiban arsitektur lainnya. Letaknya ada di dalam kota Arkelogi Samarra, Situs Warisan Dunia UNESCO. 

Masjid ini dibangun pada abad ke-9 oleh Abbasiyah dan pada saat pembangunannya dulu, ini menjadi masjid terbesar di dunia. 

Masjid Biru, Istanbul 

Masjid Biru ini dikenal juga sebagai Masjid Sultan Ahmed, yang merupakan masjid dengan arsitektur yang indah. 

Letaknya ada di Instanbul, masjid ini punya 13 kubah dan 6 menara, dengan kemegahan ubin biru yang menghiasi dinding masjid. 

© Ilustrasi/Shutterstock

3 dari 3 halaman

Burj Khalifa, Dubai

© Ilustrasi/Shutterstock

Burj Khalifa adalah gedung tertinggi di dunia, dengan ketinggian lebih dari 828 meter dan lebih dari 160 lantai. 

Bangunan ini dibangun dengan biaya konstruksi sebesar US$ 1,5 miliar, dan memiliki beberapa rekor yang dipecahkan. 

 

Blue Mosque yang ada di Instanbul sudah dicatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, dan menjadi objek wisata populer di Turki. 

Burj al-Arab, Dubai

Burj al-Arab jadi salah satu hotel mewah yang tertinggi di dunia. 

© Ilustrasi/Shutterstock

Dirancang menyerupai layar pemintal kapl dan berlokasi di atas pulau buatan, hotel ini memiliki 199 kamar suite termahal di dunia. 

 

Sumber: Halal Trip

Beri Komentar