Pilihan Kuliner Lezat di Mesir, Street Food Nggak Kalah Nikmat!

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 5 Desember 2022 06:12
Pilihan Kuliner Lezat di Mesir, Street Food Nggak Kalah Nikmat!
Diketahui, orang Mesir sangat menyukai makanan manis.

Dream - Makanan Mesir khas di Timur Tengah terkenal dengan bahan kaya rempah-rempah dan beragam. Beberapa masakan khas Mesir yang dianggap lezat adalah paduan menu Afrika dan Timur Tengah.

Kushari jadi kuliner yang populer baik untuk warga lokal maupun turis. Berisikan campuran mi, nasi, kacang atau lentil hitam, bawang goreng, dan saus tomat, menu ini sukses bikin orang-orang Mesir rela antre di kedai pinggir jalan.

Diketahui, orang Mesir sangat menyukai makanan manis, dan biasanya Mahallabiye (custard susu dengan kacang pinus dan almond) serta ruz bi laban (puding beras) selalu jadi hidangan menu penutup.

Lalu, kira-kira menu apa saja yang wajib kamu coba jika berkesempatan traveling ke Mesir? Kita simak ulasannya sampai selesai yuk!

1 dari 3 halaman

Medames fuul, hidangan nasional Mesir

Saat kamu berkunjung ke Mesir, wajib halnya pergi ke Piramida Giza yang menjadi Tujuh Keajaiban Dunia. Tetapi kamu juga harus menikmati sepiring medames fuul yang merupakan hidangan khas Mesir.

Kacang fava direbus perlahan dengan minyak zaitun, jintan, dan sejumlah bumbu dan bahan lainnya membuat makanan ini bergizi dan mengenyangkan.

Ilustrasi© Shutterstock

Biasanya para juru masak di sana menambahkan peterseli, cabai, jus lemon, dan bawang putih agar Medames full makin lezat.

Fuul biasanya dimakan dengan bentuk sandwich atau disantap bareng dengan sepotong roti saat sarapan atau makan malam. Agar makin nikmat, orang-orang Mesir memilih menambahkan tahini atau telur rebus sebagai topping Fuul.

2 dari 3 halaman

Sandwich ta'amiyya

Ta'amiyya adalah patty goreng kacang fava yang ditambah peterseli, daun ketumbar dan rempah-rempah. Di tempat lain di Timur Tengah, sajian falafel dibuat dari buncis, bukan kacang fava, dan tanpa sayuran.

Untuk menjajal Ta'amiyya, kamu bisa mampir ke Tabali Bistro di Kairo barat yang memiliki suasana nyaman dan layanan luar biasa.

Street Food Mesir

Jangan lupa untuk cicipi jajanan kaki lima yang ada di Mesir. Salah satunya Sandwich Kebda iskandarani yang terbuat dari hati sapi cincang halus dicampur jintan dengan bumbu cabai, kapulaga, bawang putih, paprika hijau, dan perasan lemon.

Ilustrasi© Shutterstock

Selain itu, ada kushari, hidangan vegetarian yang nggak kalah nikmat dengan jajanan kaki lima lainnya. Gerobak Kushari dapat dilihat di jalan-jalan Mesir yang ramai, dan kamu bisa menemukan restoran kushari di mana-mana.

3 dari 3 halaman

Kebab dan kofta

Kebab adalah sajian yang berisi potongan daging domba yang dipanggang dan kofta berisi daging domba atau sapi yang dibumbui peterseli, bawang merah dan bawang putih yang dibentuk di atas tusuk sate dan dipanggang.

Ilustrasi© Shutterstock

Ilustrasi© Shutterstock

Keduanya biasanya dimakan dengan tahini, salad campur, acar, dan roti. Meski kedua hidangan itu disajikan secara berbeda, tetapi memiliki rasa yang sama-sama lezat.

Jelajahi budaya kafe Kairo

Kedai kopi adalah tempat penting di Kairo sebab banyak orang lokal Mesir menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengobrol, bermain backgammon, sambil menikmati teh dan kopi.

Sahleb adalah minuman berbahan dasar susu dengan topping kacang cincang dan kismis yang menjadi alternatif sempurna untuk hidangan penutup. Tak cuma nikmat, Sahleb memiliki manfaat untuk kesehatan seperti mengatasi mulas dan gangguan pencernaan.

Sumber: Lonelyplanet, Laporan: Rena Safira

Beri Komentar