9 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Praktis

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Senin, 12 Agustus 2019 09:13
9 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Praktis
Kulit kering menjadi masalah yang bisa dialami oleh siapa saja. Bagaimana cara mengatasinya?

Dream- Siapa saja bisa mengalami masalah kulit kering. Terlebih saat cuaca dingin dan berangin seperti saat ini.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada banyak hal yang bisa dilakukan, seperti menggunakan perawatan khusus kulit kering.

Tidak hanya membuat kulit menjadi lebih kering dan bersisik, masalah kulit kering biasanya akan membuat kulit menjadi gatal, mengelupas, pecah-pecah bahkan hingga berdarah.

Jika sampai berdarah, tentu masalah kulit kering sudah masuk dalam masalah yang serius.

Masalah kulit kering mungkin dianggap remeh oleh sebagian orang. Ada yang menganggap masalah itu biasa terjadi. Terlalu sering berada di ruangan yang ber-AC, menjadi salah satu penyebab kulit kering lainnya.

Namun, Sahabat Dream tidak perlu khawatir, untuk mengatasi masalah kulit kering ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti sembilan cara mengatasi kulit kering berikut ini:

1 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Mandi

Memperhatikan Hal Ini saat Mandi

Mandi menjadi salah satu cara mengatasi kulit kering yang paling mudah dilakukan. Untuk mengatasi kulit kering, kita harus memperhatikan beberapa hal ini ketika mandi, seperti:

-    Membatasi durasi waktu mandi, karena durasi mandi yang lama akan membuat kulit menjadi lebih mudah kering.
-    Menggunakan air hangat untuk mandi sangat ampuh untuk mengatasi kulit kering.
-    Menggunakan produk sabun dan produk mandi lain yang bebas pewangi.
-    Menggunakan sabun pembersih secukupnya.
-    Menggunakan handuk yang berbahan kasar.

Setelah mandi, ada satu hal penting lagi yang wajib dilakukan untuk mengatasi kulit kering yaitu menggunakan pelembab kulit sesegera mungkin.

 Mengatasi Kulit Kering


Menggunakan Pelembab Kulit setelah Mandi

Begitu selesai mandi, jangan lupa untuk menggunakan produk perawatan kulit pelembab. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembaban kulit setelah mandi, sehingga kulit akan terasa lembab dalam waktu yang lebih lama.

Sebelum menggunakan pelembab, jangan lupa untuk mengeringkan tubuh terlebih dahulu. Baru setelah itu oleskan pelembab ke bagian-bagian kulit tubuh yang lebih sering terbuka, seperti kulit wajah, tangan, dan kaki.

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Menggunakan Produk Perawatan Kulit

Menggunakan Krim daripada Lotion

 Mengatasi Kulit Kering


Produk pelembab kulit memang sangat baik untuk mengatasi kulit kering. Namun dalam memilih produk pelembab, kita harus memperhatikan bahan dan teksturnya.

Ada banyak jenis produk pelembab yang dijual di pasaran, mulai dari pelembab yang bertekstur krim, salep atau lotion. Dan, produk pelembab terbaik untuk mengatasi kulit kering ialah pelembab yang bertekstur krim atau salep.

Menggunakan Lipbalm

Selain menggunakan produk pelembab untuk kulit, pemakaian pelembab bibir atau lipbalm juga sangat penting sebagai cara mengatasi kulit kering di sekitar bibir. Bibir yang kering dan dibiarkan begitu saja akan membuat bibir pecah-pecah hingga berdarah.

Memilih Produk Perawatan Kulit yang Sesuai

Selain dua produk perawatan kulit kering di atas, dalam memilih produk perawatan kulit kering lainnya, kita harus benar-benar memperhatikan bahannya.

Ada banyak produk perawatan kulit yang terlalu keras untuk kulit. Untuk mengatasi kulit kering, kurangi pemakaian produk perawatan kulit yang mengandung alkohol, pewangi, retinoid dan AHA.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Sarung Tangan dan Deterjen yang Aman

Mengenakan Sarung Tangan
Selain dengan menggunakan produk perawatan kulit, untuk mengatasi kulit kering pemilihan bahan pakaian juga perlu diperhatikan.

Salah satunya ialah dengan menggunakan pakaian yang tertutup dan menggunakan sarung tangan. Dengan membatasi interaksi langsung kulit dengan udara yang dingin akan mengurangi masalah kulit kering.

 Mengatasi Kulit Kering


Memilih Produk Deterjen yang Aman

Selain pemilihan bahan pakaian yang mampu melindungi kulit dari paparan udara secara langsung, kita juga harus memperhatikan pemilihan deterjen untuk mencuci pakaian kita.

Bagi kulit kering dan sensitif, pemilihan deterjen menjadi sangat penting karena dapat mempengaruhi kulit.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Memperhatikan Suhu Sekitar


Tetap Menjaga Suhu Tubuh Tetap Hangat

Cara mengatasi kulit kering tidak hanya dari diri sendiri saja, lingkungan sangat berpengaruh dalam masalah kulit yang satu ini. Sebagian besar kasus kulit kering diakibatkan oleh udara dingin yang terlalu lama mengenai kulit.

Dan, cara mengatasi kulit kering itu ialah dengan menjaga tubuh tetap hangat, seperti mengenakan jaket, pakaian lengan panjang atau semacamnya.

 Mengatasi Kulit Kering


Menggunakan Pelembab Udara

Tidak hanya dengan menjaga suhu tubuh supaya tetap hangat. Sahabat Dream yang enggan mengenakan pakaian tebal bisa mengganti cara ini dengan menggunakan pelembab udara untuk ruangan.

Cara mengatasi kulit kering ini menjadi pilihan yang lebih aman dan nyaman, karena tidak hanya baik untuk kulit saja. Dengan menggunakan pelembab ruangan, saluran pernapasan kita menjadi lebih lancar, dan baik digunakan untuk mengatasi masalah pernapasan.

(ism, Sumber: American Academy of Dermatology)

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik