10 Fakta Sang Sniper Terbaik Dunia asal Indonesia

Reporter : Ayik
Jumat, 6 Maret 2015 07:02
10 Fakta Sang Sniper Terbaik Dunia asal Indonesia
Tatang disebut-sebut sebagai salah satu sniper terbaik dunia

Dream - Siapa yang tak mengenal sosok kebanggaan Indonesia ini. Sebagai sniper Tatang Koswara dikenal sangat handal dalam menumpas musuh. Berikut fakta-fakta Tatang Koswara:

1. Padahal awalnya beliau nggak berniat menjadi tentara. Tepat pada tahun 1967, Tatang mendapat tugas dari ibunya untuk mengantar adiknya mendaftar menjadi anggota TNI. Nah, saat beliau menunggu adiknya tes, beliau bertemu dengan seorang perwira Dandim di Banten yang ternyata mengenal beliau. Akhirnya beliau diminta perwira Dandim untuk ikutan daftar menjadi anggota TNI.

2. Kisahnya menjadi prajurit TNI AD, Tatang dan 59 anggota TNI AD yang lain mendapat pelatihan dari Kaptenn Conway selama 2 tahun. Disana mereka dilatih untuk menembak jitu dari jarak 300, 600 dan 900 meter.

3. Menjalankan misi rahasia yang baru diungkapkan setelah puluhan tahun, Ilmu dan senjata yang ia dapatkan saat 2 tahuh pelatihan bersama Kapten Conway membuat Tatang ditarik Kolonel Edi Sudrajat, Komandan Pusat Pendidikan Infanteri Cimahi untuk menjadi pengawal pribadi dan menjadi sniper saat terjun ke medan perang di Timor Timur pada tahun 1977- 1978.

4. Pernah tertangkap musuh, Saat menjalankan misi rahasianya itu, 2 peluru berhasil melukai beliau. dengan bantuan gunting kuku, beliau mencoba mengeluarkan peluru yang bersarang di betisnya.

5. Peluru yang berhasil menembus lawan, Empat kali masuk ke medan perang, peluru Tatang Koswara berhasil membunuh 80 orang.

6. Berada di posisi ke-13 sniper elite dunia, Tatang disebut-sebut sebagai salah satu sniper terbaik dunia lho, seperti yang ditulis dalam buku Sniper Training, Techniques and Weapons karya Peter Brookesmith yang diterbitkan pada tahun 2000.

7. Anaknya nggak tahu kalau beliau adalah salah satu sniper terbaik dunia, Ternyata selama ini ayahnya hanya menceritakan kalau tugas di TNI dan pernah menjalankan misi di Timor Timur. Yudha baru tahu kalau ayahnya adalah sniper terbaik dunia setelah diangkat oleh media.

8. Di masa tua, beliau hidup pas-pasan, Demi menyambung hidup, Tatang dan istrinya membuka sebuah warung makan di lingkungan Kodiklat TNI AD di Bandung dan sesekali Tatang melatih yuniornya di TNI AD.

9. Meninggal setelah selesai syuting Hitam Putih, Segmen 1 dan segmen 2 berjalan dengan lancar, tapi setelah break beliau sudah menunjukkan tanda-tanda kurang sehat. Memang sih, Tatang mempunyai riwayat sakit jantung dan pernah melakukan operasi. Sekitar pukul 8 malam pada tanggal 3 Maret 2015, Tatang Koswara, salah satu sniper terbaik dunia sepanjang masa menghembuskan nafas terakhirnya.

Yuk selengkapnya Baca di sini

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

Beri Komentar