75 Kata-Kata Santri yang Bijak dan Lucu Tentang Kehidupan

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 17 Maret 2021 08:48
75 Kata-Kata Santri yang Bijak dan Lucu Tentang Kehidupan
Tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional yang disahkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2015 silam.

Dream Hari Santri Nasional  dirayakan setiap tanggal 22 Oktober setelah disahkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2015 silam di Masjid Istilal, Jakarta. Penetapan Hari Santri Nasional ditetapkan merujuk pada sejarah dicetuskannya resolusi jihad oleh pendiri Nahdlatul Ulama K.H. Hasyim Asyari pada 22 Oktober 1945.

Sejarah menyebutkan, resolusi jihad ini digaungkan sebagai upaya mencegah datangnya tentara NICA ke Tanah Air. Sejak penetapan pertamanya, hingga saat ini sudah ada lima kali perayaan Hari Santri Nasional. Namun kondisi pandemi memaksa perayaan yang ke-5 ini digelar dengan keterbatasan.

Sosok santri adalah orang yang belajar ilmu agama di pondok pesantren. Menjadi santri berarti juga mempelajari bagaimana menjalani hidup. Dan di pesantren lah mereka bertemu tokoh-tokoh yang disegani, dihormati dan dijadikan panutan.

Berkumpul dengan banyak orang di sebuah pondok pesantren, membuat para santri sering berdiskusi di serambi maupun bilik-bilik kamar mereka. Tidak heran jika muncul banyak kata-kata santri yang bijak dan lucu tentang kehidupan.

Penasaran seperti apa kata-kata santri yang bijak dan lucu tentang kehidupan? Mari kita simak 50 kata-kata santri berikut ini seperti dikutip dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Kata-Kata Santri Bijak

Ilustrasi© Pixabay

1) “ Jangan takut menjadi tua, karena semua pasti akan menua. Takutlah untuk menjadi tidak dewasa, karena kedewasaan merupakan sikap yang menjadi jalan menuju kebahagiaan dan kemuliaan.”

2) “ Kesuksesan hidup itu apabila kehadiran kita mampu memberikan manfaat kepada banyak orang, tidak terus menerus egois memikirkan ambisi diri sendiri.”

3) “ Ketika kita belajar memberi, kita belajar ketulusan dan ketika kita gagal kita belajar kesabaran.”

4) " Orang yang niat belajar, apapun akan jadi pelajaran. Tapi orang yang tidak niat belajar, sedang belajar pun tidak akan jadi pelajaran."

5) " Sekecil apapun peranmu dalam berdakwah besar dampaknya bagi ummah."

6) " Sukses tak akan datang bagi mereka yang hanya menunggu tak berbuat apa-apa, tapi bagi mereka yang selalu berusaha wujudkan mimpinya."

7) " Tiga manusia tidak akan dilawan kecuali oleh orang yang hina, orang yang berilmu yang mengamalkan ilmunya, orang cerdas cendekia dan imam yang adil."

8) " Wahai jiwaku, sabarlah jangan bergejolak. Sebab apa yang ditentukan Allah pasti akan terjadi."

9) " Aku tak pernah memiliki kebijakan, aku hanya melakukan yang terbaik setiap kali dan setiap hari."

10) " Bahagia bukan milik dia yg hebat dalam segalanya, namun dia yg mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur."

11) " Belajar itu memang melelahkan namun lebih lelah nanti jikalau kamu saat ini tidak belajar."

12) " Belajarlah dari kehidupan. Berusaha untuk masa depan. Berdoa kepada yang Maha Menentukan."

13) " Jangan resah andai ada yang membencimu karena masih ramai yang mencintaimu di dunia. Tetapi resahlah andai Allah SWT membencimu karena tiada lagi yang mencintaimu di akhirat."

2 dari 4 halaman

Kata-Kata Santri Bijak Tentang Cinta

Ilustrasi© Pixabay

14) " Punya istri santri itu laksana dapat sinar bulan purnama di waktu malam. Ia akan menyinari ruang kosong dengan tulus ikhlas."

15) " Punya suami santri itu ibarat memiliki sebuah bangunan bagus nan kokoh yang siap dijadikan tempat berteduh saat musim panas maupun hujan."

16) " Aku akan selalu mencintaimu walaupun penantian itu begitu lama, jika engkau memang bukan takdirku, maka aku bahagia telah memilihmu."

17) " Berhenti berusaha tuk jadi yang sempurna. Temukan dia yang tahu semua kelemahanmu tapi tetap ingin menjadi bagian hidupmu."

18) " Cinta itu melibatkan dua belah pihak dan disertai kejujuran dan amanah. Jika tidak, maka cinta hanyalah khayalan."

19) " Bukan karena aku tak punya rasa cinta dan kasih sayang, tapi rasa ini sedang aku simpan hingga nanti saat semua kehalalan datang."

20) " Cinta adalah ketika kamu yakin bahwa dirimu telah melupakannya, namun kamu masih menemukan dirimu peduli padanya."

21) " Cinta itu hanya satu kata sampai ditemu orang yang berikan makna kepadanya."

22) " Jika jarak yang jauh tidak menambah rasa cintamu, berarti engkau memang belum mencintainya."

23) " Kalaulah aku kumpulkan saat-saat gembira dalam hidupku, semuanya tidak akan dapat menyamai indahnya waktu yang aku habiskan denganmu."

24) " Kita banyak membuang waktu mencari kekasih yang sempurna daripada menciptakan cinta yg sempurna."

25) " Pada saat dirimu mencintai seseorang tanpa sebab, saat itu pula yakinlah bahwa seribu sebab sekalipun tidak akan bisa mencabutnya dari hatimu."

26) " Jika cinta itu Ilmu Hadist, maka kualitas dan kekuatan cinta kita adalah hadits shahih yang sudah teruji dan terverifikasi oleh berbagai tempaan dan ujian."

27) " Jika cinta itu Nahwu, maka cintaku kepada kamu akan jazm (pasti), sehingga aku akan sukun (tenang) di sampingmu selamanya."

28) " Kupinang kau dengan Bismillah untuk nantinya bisa ku lengkapi dengan Alhamdulillah."

29) " Mesti perhatianku tidak terlihat seperti alif lam syamsiyah, namun cintaku padamu seperti alif lam qomariyah terbaca jelas."

30) " Semoga dalam hubungan kita ini kayak idgham bilaghunnah. Yang hurufnya cuma berdua lam dan ro."

31) " Percayalah santri putri itu luluhnya dengan qobiltu bukan I love you."

3 dari 4 halaman

Kata-Kata Santri Lucu

Ilustrasi© freepik.com

32) " Anak pondok kalau jalan bareng prinsipnya sepanjang jalan cuma milik sendiri."

33) " Bisa tidur nyenyak saja sudah menang banyak."

34) " Buat kami tidak ada kata malam minggu, adanya cuma giliran maju."

35) " Doyan nyanyi alergi ngaji, karaoke bayar mahal aja mau, ngaji gratis dapat pahala aja enggak mau."

36) " Dunia bukan tempat tinggal tapi tempat meninggal."

37) " Hafalan lebih seru daripada mikiran masa lalu."

38) " Jika santri putri mencari santri putra yang berdasi lalu apalah daya, karena kami hanya santri penabuh terbang yang berpeci."

39) " Kami mungkin hanya golongan santri, namun cinta pada negeri suci tidak ternoda, hubbul waton minal iman."

40) " Karena mengingat hafalan tidak semudah ketika mengingat kenangan indah bersamamu."

41) " Ketika abah kyai rawuh disitulah santri ta'dhim berada."

42) " Lulusan pesantren tidak cuma bisa jadi guru ngaji ataupun kyai. Tapi juga bisa menjadi kalangan berdasi dan pengusaha yang mandiri."

43) " Makan ala santri seperti ini memang jorok seperti sampah, tapi yang tidak bisa menikmati kebersamaan ini lebih jorok dari sampah."

44) " Mau kaya mau miskin kalau di pondok ya tetap sarungan."

45) " Mondoklah sejak dini sebelum menyesal ketika bau tanah nanti."

46) " Pesantren mengajarkanku tentang bagaimana untuk bersabar, bersabar menunggu giliran mandi karena penuh banget."

47) " Sabar itu emang berat karena hadiahnya surga, coba kalau gampang hadiahnya paling kipas angin."

48) " Selfie sama-sama ketika mau ngaji, lebih berkah dibanding orang yang selfie di zebra cross."

49) " Sepele tapi ngangenin, suasana ngantri ambil jatah makan."

50) " Tanggal tua ataupun tanggal muda ya tetap mayoran."

4 dari 4 halaman

Kata-Kata Santri Bijak

  1. “ Hendaklah kamu tetap berbuat baik kepada orang yang berbuat jelek kepadamu. (Lukman Hakim).”
  2. “ Cintaku padamu seperti Mad Lazim…paling panjang diantara yang lainnya…”
  3. “ Rintihan hujan dalam wktu berkalut dengan malam, para pecinta bersenandung pnh dgn puisi kehidupan mencri kata arti sbuah kebahagiaan.”
  4. “ Jika cinta itu Ilmu Faroidl, maka, kita berdua adalah dua sejoli yang akan selalu berbagi atas apa yang kita miliki, seperti halnya ‘Ashôbah ma’a al-ghoyr”
  5. “ Tiga manusia tidak akan dilawan kecuali oleh orang yang hina, orang yang berilmu yang mengamalkan ilmunya, orang cerdas cendikia dan imam yang adil.”
  6. “ Setelah kau terima cintaku hatiku rasanya seperti Qolqolah Kubro…terpantul – pantul dengan keras…”
  7. “ Dan akhirnya setelah lama kita bersama, cinta kita seperti Iklab di tandai dengan dua hati yang menyatu…”
  8. “ De’…kau dan aku seperti Idghom Mutajanisain perjumpaan dua huruf yang sama makhrojnya tetapi berlainan sifatnya…”
  9. “ Bila ingin mendapat sesuatu, belajarlah dengan memberi, bila ingin kebahagiaan, berikanlah kebahagian itu kepada orang lain.”
  10. “ Dengannya Allah kuburkan kedengkian, Dengannya Allah padamkan permusuhan; Melaluinya diikat persaudaraan; Yang hina dimuliakan. Yang tinggi direndahkan.”
  11. “ Semoga dalam hubungan kita ini kayak Idghom Bilaghunnah…ia cuma berdua Lam dan Ro’”
  12. “ Jika kita boleh memilih 5 hal di dunia ini, maka pilihlah agama, harta, akhlak mulia, rasa malu dan pemurah. Pesan lukmanul hakim kepada anaknya.”
  13. “ Seperti hukum Imalah yang di khususkan untuk Ro’ saja…begitu juga aku yang hanya untukmu”
  14. “ Mesti perhatianku ga terlihat seperti Alif Lam Syamsiyah, cintaku padamu seperti Alif Lam Qomariyah terbaca jelas…”
  15. “ Jika cinta itu Ilmu Tauhid, maka, value cintaku padamu adalah kemurnian emas 24 karat, semurni i’tiqodnya ahli tauhid Rubûbiyyah”
  16. “ Aku harap cinta kita seperti Waqof Lazim, terhenti sempurna di akhir hayat…”
  17. “ Segera laksanakan rencana keberhasilanmu di hari ini, jangan tunda lagi, jangan buang waktu, karena waktu tidak bisa menunggu.”
  18. “ Jika cinta itu Fiqh, maka, aku akan memfatwakan pada diriku sendiri bahwa mencintai keindahan ciptaan Tuhan sepertimu, hukumnya adalah wajib”
  19. “ Sayangku padamu seperti Mad Thobi ‘i dalam Al Qur ‘an…buanyaaakkk benerrrr…..”
  20. “ Cinta harus berasal dari hati dan oleh karena itu maka jika tidak dari hati, jangan pernah berucap bahwa kamu mencinta”
  21. “ Jangan pernah kamu menyakiti sahabatmu sendiri, karena sahabat adalah cara Tuhan menunjukkan bahwa Dia tidak ingin kamu sendirian dalam menjalani hidup.”
  22. “ Layaknya huruf Tafkhim namamu pun tercetak tebal di pikiranku…”
  23. “ Pantaskan diri Anda untuk menjadi bahagia. Kemudian berusaha dan berdoa , kemudian menyerahkan hasil kepada pemilik alam semesta.”
  24. “ Layaknya Waqof Mu “ annaqoh, engkau boleh berhenti di salah satunya…dia atau aku ? ?”
  25. “ Ambil dari dunia sesuatu yang bisa jadi bekal untuk akhirat nanti dan jangan mengambil dari dunia sesuatu yang bisa menghalangi anda di akhirat nanti.”

 

Beri Komentar