50 Nasehat untuk Anak dari Orang Tua, Sarat Pesan dan Bangkitkan Motivasi

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 13 Juli 2021 09:20
50 Nasehat untuk Anak dari Orang Tua, Sarat Pesan dan Bangkitkan Motivasi
Setiap orang tua tentunya mengharapkan yang terbaik untuk masa depan anak-anaknya. Sehingga wajar jika dalam mendampingi sang anak turut diberikan nasihat yang sarat akan makna.

Dream – Bagi seorang anak, keluarga yang berupa ayah, ibu, kakak, maupun adik adalah tempatnya pertama kali saat terlahir ke dunia. Keluargalah yang menjadi sekolah pertama yang mengajarkan dasar-dasar kepada sang anak. Seperti berjalan, berbicara, hingga nantinya siap untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Oleh karena itu, wajar saja jika orang tua sangat menyayangi dan menjaga anak-anaknya dengan sebaik mungkin. Agar nantinya sang anak bisa memiliki budi pekerti yang baik dan mampu bersikap baik di lingkungan sekitar.

Tak lelah bagi para orang tua selalu memberikan nasehat untuk anak. Melalui nasihat tersebut diharapkan anak bisa menyerapnya dengan baik dan mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata. Karena kita tentunya tidak tahu seberapa lama orang tua bisa terus berada di samping anak-anaknya. Sehingga dengan memberikan nasihat, orang tua telah meninggalkan hal-hal baik untuk sang anak.

Nasihat itu bisa disampaikan oleh ayah, ibu, atau bisa juga secara bersamaan. Di mana kesemua nasihat yang mereka berikan tentu untuk kebaikan kamu agar kamu tetap melangkah di jalur yang benar.

Berikut adalah nasehat untuk anak dari orang tua sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui Brilio.net dan Liputan6.com.

1 dari 4 halaman

Nasehat untuk Anak dari Ibu

Nasehat untuk Anak dari Ibu© Freepik.com

Sosok ibulah yang mengandung buah hatinya dan merawat dengan penuh kasih sayang. Sehingga wajar saja jika ibu selalu menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya kelak. Selain menjaganya dengan baik, ibu juga tak lupa untuk selalu memberikan nasihat yang berguna.

Berikut adalah beberapa nasehat untuk anak dari seorang ibu: 

  1. " Ketika kesedihan melanda seorang anak, disitulah hati ibu akan ikut terluka."
  2. " Ketika seorang ibu menangis, percayalah, hatinya sudah sangat terluka. Dan percayalah, dia tidak sedikitpun membencimu."
  3. " Sepintar apapun kamu ibu tetap akan bilang 'Jangan pernah berhenti mendengarkan nasehat' karena hati akan buta jika kehilangan nasehat."
  4. " Sejauh apapun kamu melankgkah, doa ibu yang paling setia mendampingimu."
  5. " Ibu yang sangat mencintaimu mendengar apa yang kamu katakan bahkan memahami apa yang belum engkau katakan."
  6. " Saat hidupmu bahagia, ibumu tidak pernah memintamu untuk membagi kebahagiaanmu kepadanya, tapi saat kamu terluka ibumu selalu datang untuk menerima bagian dari lukamu."
  7. " Cinta ibu adalah yang paling menenangkan. Ia tak banyak wujud dan meneduhkan seperti oase di padang panjang nan gersang."
  8. " Dan cinta ibu itu seperti kehidupan ini, tanpa perlu engkau minta, tanpa perlu engkau, ia pasti datang dengan sendiri."
  9. Ibu adalah orang yang selalu berusaha mengatakan 'siap' untuk anak-anaknya.”
  10. " Sebuah harapan akan menguatkanmu untuk terus bermimpi, maka teruslah berharap sesuatu yang baik."
  11. " Setiap satu mimpimu tercapai, disitulah satu doa ibu terkabul."
  12. " Kasih sayang seorang ibu tidak ada batasnya."
  13. " Anakku, jangan bersedih meski tadi Ibu memeluk dirimu sejenak saja, karena yang perlu kamu tahu, hati ibu memelukmu selamanya."
  14. " Tak ada manusia yang menyayangimu melebihi ibu kamu. Dan dia tetap rela menyayangimu meskipun bukan ia yang paling kamu sayangi."
  15. " Seberat apa pun masalah yang ibu hadapi, tidak ada halangan yang bisa menghentikan kasih ibu pada anaknya."
2 dari 4 halaman

Nasehat untuk Anak dari Ayah

Nasehat untuk Anak dari Ayah© Freepik.com

Tak hanya dari ibu saja, ayah juga adalah partner dari ibu yang siap untuk selalu memberikan perlindungan terbaik bagi anak-anaknya. Ayah yang baik tentu tidak ingin kelak anaknya terjerumus pada hal-hal buruk. Oleh karena itu, di sela-selanya mencari nafkah, seorang ayah tak lupa untuk turut memberikan nasihat yang berguna bagi anaknya.

Berikut adalah beberapa nasehat untuk anak anak dari seorang ayah: 

  1. " Kamu harus tahu, ayah adalah cinta pertama anak perempuannya yang tak akan mengkhianati apalagi menyakiti anaknya."
  2. " Hati-hati akan adanya pujian, karena itu bisa membuat dirimu sombong."
  3. " Maafkan aku karena tidak bisa seperti ayah teman-temanmu, tapi aku berjanji untuk memberimu segala yang terbaik yang bisa aku berikan sebelum aku 'pergi'."
  4. " Sebuah nasihat ayah adalah wujud kepeduliannya kepada kita anaknya."
  5. " Jagalah pergaulan dari pergaulan yang bebas, karena harga diri kau akan terlihat tidak sopan."
  6. " Anakku jagalah auratmu, jangan kau biarkan auratmu terbuka."
  7. " Ayah memang beda dari seorang ibu, namun ayah dan ibu selalu berusaha menjagamu."
  8. " Kau harus kuat karena kaulah yang akan menggantikanku menjaga ibumu saat aku telah tiada nanti."
  9. " Jika cinta itu ialah rasa peduli, maka sebabnya ayah selalu menasihati tiap kesalahan anak-anaknya."
  10. " Masalah itu pasti ada. Di sini kamu menjadi belajar, bagaimana menyikapi dan menyelesaikan secara baik."
  11. " Ayah selalu punya 1000 alasan untuk tetap berjuang dan menepis kesedihannya."
  12. " Saat jalan yang dilalui kian berliku, maka beristirahatlah sebentar. Tenangkan pikiran dan temukan jalan keluarnya."
  13. " Cinta seorang ayah memang tak terlihat, karena memang ayah tak pandai menunjukannya."
  14. " Kita boleh berharap, tapi tidak bermimpi kosong, cobalah untuk menjadikannya nyata nak, walau tidak sempurna."
  15. " Tak ada yang kekal di dunia ini nak, termasuk juga masalahmu nak. Bersabarlah…semua akan indah pada waktunya."
3 dari 4 halaman

Nasehat untuk Anak Agar Makin Termotivasi

Nasehat untuk Anak Agar Makin Termotivasi© Freepik.com

Di masa anak-anak, mudah sekali untuk bisa hilang semangat. Ketika semangatnya sudah menurun atau bahkan hilang, maka saat itu juga orang tua harus segera bertindak untuk mengembalikan semangatnya kembali. Salah satunya dengan nasehat untuk anak yang mengandung motivasi.

Berikut adalah beberapa nasehat untuk anak agar semakin termotivasi: 

  1. “ Jangan takut untuk membuat sebuah kesalahan. Tapi pastikan Anda tidak melakukan kesalahan yang sama dua kali.” - Akio Morit
  2. “ Mimpi tidak pernah menyakiti siapapun jika kamu terus bekerja tepat di belakang mimpi itu untuk mewujudkannya semaksimal mungkin.” - F. W. Woolworth
  3. “ Tetapkan tujuan, tantang diri kamu dan capai tujuan tersebut. Hiduplah dengan sehat dan hitunglah setiap waktu yang kamu miliki. Bangkitlah mengatasi rintangan dan fokus pada yang positif.” - Robbert H. Goddard
  4. “ Setiap anak adalah seorang seniman. Masalahnya sekarang bagaimana tetap menjadi seorang seniman ketika kita tumbuh dewasa.” - Pablo Picasso
  5. “ Bersyukurlah atas apa yang kamu miliki; kamu akan berakhir dengan memiliki lebih banyak. Jika kamu berkonsentrasi pada apa yang tidak Anda miliki, kamu tidak akan pernah memiliki cukup.” - Oprah Winfrey
  6. “ Cobalah untuk tidak menjadi orang sukses, melainkan mencoba menjadi orang yang berharga.” - Albert Einstein
  7. “ Meraih kesuksesan besar adalah bukti bagi semua orang lain bahwa bisa mencapainya juga.” - Abraham Lincoln
  8. “ Teruslah tersenyum, karena hidup itu indah dan ada banyak hal yang bisa disyukuri.” - Marilyn Monroe
  9. “ Seorang juara hanyalah seseorang yang tidak menyerah saat menginginkannya.” - Tom Landry
  10. “ Mencintai anak tidaklah cukup, yang terpenting adalah anak-anak menyadari bahwa mereka dicintai orangtuanya.” - St. John Bosco
4 dari 4 halaman

Nasehat untuk Anak Islami

Nasehat untuk Anak Islami© Pixabay.com

Diciptakannya seorang anak ke dunia ini adalah amanah bagi orang tuanya untuk merawat dan menjaganya sebaik mungkin. Orang tua haruslah mengajarkan hal-hal baik kepada anaknya. Agar kelak mereka bisa tumbuh menjadi anak yang membanggakan dan selalu berpegang teguh dengan ajaran agama.

Berikut adalah beberapa nasehat untuk anak islami: 

  1. “ Janganlah sampai kita melupakan Tuhan di kala kita senang, maka di waktu sulitmu Tuhan akan mempermudah jalannya.”
  2. “ Jangan pernah mengeluh ketika kehidupan dilanda musibah, karena dengan musibah tersebut kita bisa belajar apa kuat dari cobaan.”
  3. “ Sesulit apapun masalah yang kamu hadapi cobalah untuk selalu sabar menghadapinya, karena dengan kesabaran masalah apapun akan mudah diselesaikan.”
  4. “ Siapapun yang menjadikan Allah hanya Tuhan kita satu-satunya, maka kita takakn pernah terjebak dalam rasa kecewa dan kegelisahan.”
  5. “ Di kala kamu merasakan kesedihan yang luar biasa, maka shalatlah dan beribadah maka Allah akan memberikan keindahan padamu disuatu hari nanti.”
  6. “ Ingatlah, apapun kesalahan yang kamu perbuat di hari yang lampau. Semua akan berlalu dan kamu harus memperbaiki kesalahanmu tersebut, semoaga semua kebaikan yang kamu lakukan menjadi berkah dan rahmat bagi orang yang ada disekitarmu.”
  7. “ Sebuah harapan akan menguatkanmu untuk terus bermimipi, maka teruslah berharap sesuatu yang baik.”
  8. “ Jangan pernah menoleh kebelakang jika itu hanya membuat mu mengulangi kesalahan, cobalah menoleh ke depan dan membuka lembar baru yang lebih baik.”
  9. “ Sesama manusia kita janganlah saling dendam karena Allah akan menjauhkan keberkahan dan pahala pada kita.”
  10. “ Jangan pernah mengeluh kepada Tuhanmu, sesungguhnya apa yang Tuhanmu kehendaki itu yang terbaik untukmu.”
Beri Komentar