Cerita Kerupuk Melarat Irma Bule

Reporter : Sandy Mahaputra
Senin, 11 April 2016 16:15
Cerita Kerupuk Melarat Irma Bule
Ibu tiga anak balita itu tetap bertahan berjoget dan bernyanyi karena mungkin khawatir bayarannya yang cuma Rp500 ribu sekali manggung itu hilang.

Dream - Video detik-detik pedangdut Irma Bule digigit ular tersebar di YouTube dan sudah dilihat lebih dari 1,4 juta orang.

Berita tragis ini tidak hanya mendapat liputan luas di dalam negeri, melainkan juga media internasional. Tidak kurang 110 media asing memuat kejadian tragis tersebut, termasuk media ternama The Washington Post, Fox News,Majalah Time, Daily Mirror dan the Telegraph Inggris.

Bahkan media Rusia, Bosnia, India, Argentina sampai Nigeria pun memberitakan peristiwa yang tidak lazim itu.

Berdasarkan literatur, bisa ular cobra membunuh makhluk hidup yang digigitnya hanya dalam hitungan dibawah 5 menit. Namun Irma Bule bisa bertahan sampai 45 menit. Ini boleh jadi adalah rekor dunia.

Ada spekulasi lamanya bisa ular itu bekerja karena Irma terus bergerak dan ada sugesti untuk terus tampil hingga berhasil menghambat perambatan racun ganas itu.

Baru setelah aktivitas geraknya melambat, bisa ular itu langsung melesat melumpuhkan otot-otot jantung penyanyi malang itu. .

Pertanyaannya mengapa Irma Bule tidak berhenti ketika ular cobra mematuknya. Tidak seorangpun yang bisa menjawab pasti.

Namun berkaca pada latar belakang keluarganya yang miskin, daya juang Irmalah yang mungkin membuat dia bisa bertahan selama itu.

Ibu tiga anak balita itu tetap bertahan berjoget dan bernyanyi karena mungkin khawatir bayarannya yang cuma Rp500 ribu sekali manggung itu hilang.

Istri seorang buruh pabrik ini mendapat bayaran lebih dari pendangdut yang cuma nyanyi saja. Dialah yang menciptakan tarian dangdut ular agar laris dipanggil.

Itulah yang hanya dia bisa lakukan sejak SMP. Melakukan apa yang dia bisa untuk bertahan dan keluar dari kemiskinan yang terus mencengkeram.

Kemiskinan di Pantura yang jaraknya hanya selemparan batu dari Jakarta, memaksa penduduknya berjuang apa saja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, termasuk kaum perempuannya.

Salah satunya Irma Bule. Dan masih ada ratusan penyanyi dangdut amatiran lain. Mereka harus rela berkeliling dari kampung ke kampung sampai dini hari hanya untuk beberapa ratus ribu saja.

Yang lebih memprihatinkan lagi, kemiskinan di sana dijadikan sebagai 'objek wisata'. Tentu tak asing dengan oleh-oleh kerupuk melarat...ulasan selengkapnya klik di sini.

1 dari 4 halaman

Pesan Terakhir Irma Bule Sebelum Tewas Dipatuk Ular

Dream - Kematian pedangdut Irma Bule menyisakan duka mendalam bagi keluarga dan kerabatnya. Hal itu juga dirasakan kontestan Dangdut Academy 3 atau asal Karawang, Dila.

Dila mengaku sangat terpukul atas kepergian teman dekatnya, Irma Bule. Ia tidak menyangka Irma Bule si penari ular meninggal dengan cara tragis.

Dila dan Irma Bule memang sering manggung bareng. Irma dikenal sebagai pribadi yang baik dan perhatian.

Ia sering memberi motivasi sahabatnya agar terus berjuang dalam berkarir di dunia tarik suara.yang selama ini digeluti.

Sebelum ajal menjemput Irma, Dila masih sempat berkomunikasi.

" Pesan terakhir yang disampaikan Irma untuk Dila yah, agar jangan menyerah, terus berjuang dan jangan hiraukan omongan orang yang menjelek-jelekan atau yang menjadi hambatan," kata Dila dikutip Dream dari Radar Karawang, Kamis 7 Maret 2016.

Kematian pedangdut Irma Bule tak hanya menjadi berita media nasional saja. Berbagai media asing juga mengangkat kisah biduan asal Karawang tang tewas akibat dipatuk ular kobra saat manggung itu. (Ism) 

2 dari 4 halaman

Kematian Pedangdut Irma Bule yang Dipatuk Kobra Mendunia!

Dream - Kematian pedangdut Irma Bule tak hanya menjadi berita media nasional saja. Berbagai media asing juga mengangkat kisah biduan asal Karawang tang tewas akibat dipatuk ular kobra saat manggung itu.

Pada Kamis 7 April 2016, laman Daily Mail juga mengangkat kisah tragis itu. Mereka menulis judul, “ Popstar carries on performing for 45 minutes despite being bitten by a COBRA - before collapsing and dying on stage.

Setiap tampil, pedangdut berusia 29 tahun ini dikenal kerap beratraksi dengan seekor ular. Biasnaya ular sanca. Namun pada malam nahas itu, ular yang menjadi teman pentasnya adalah kobra.

Di atas pentas itu, ular yang diberi nama Rianti itu menggigit paha kanan Irma. Bisa ular yang sangat beracun itu kemudian menyebar ke tubuh Irma.

Tak hanya Daily Mail. Media-media di negara tretangga juga ramai-ramai memberitakan kejadian ini. Laman asal Singapura, AsiaOne, memberitakan kematian Irma dengan judul, “ Singer bitten by cobra continues performing before dying on stage”.

“ The show must go on. That's probably every performer's mantra to ensure that fans get a good show.” (Pertunjukan harus tetap berjalan. Itu mungkin mantra setiap pemain untuk memastikan penggemar mendapatkan pertunjukan yang bagus). Demikian media itu membuka laporan mereka.

Irma memang digigit ular di atas panggung. Setelah digigit, dia sempat meneruskan pertunjukan. Sebelum akhirnya dia dilarikan ke rumah sakit dan meninggal dunia.

Laman-laman Malaysia juga tak ketinggalan. Mereka juga ramai memberitakan kisah ini. Mulai Utusan MalaysiaSiakap Keli, dan lainnya. (Ism) 

3 dari 4 halaman

Detik-detik Tewasnya Pedangdut Irma 'Bule' Dipatuk Ular

Dream - Polisi masih menyelidiki kasus pedangdut Irma Bule yang meninggal karena terpatuk ular saat tengah manggung di acara orkes dangdut, Karawang, Jawa Barat, Minggu kemarin.

Kepala Satuan Reskrim Polres Karawang, Ajun Komisaris Polisi Doni Satriya Wicaksono mengaku, sudah menerima informasi meninggalnya pedangdut Irma Bule.

Polisi kemudian meminta keterangan saksi-saksi yang berada saat kejadian. Namun, kata Doni, apakah korban dipatuk ular yang dia bawa sendiri ke panggung atau bukan, penyidik masih menyelidiki.

Irma seperti biasa tampil memukau bernyanyi sekaligus atraksi ular. Saat lagu pertama dibawakan, tak ada kendala. Namun nahas saat ia membawakan lagu kedua.

Di pertengahan lagu, tak sengaja Irma Bule menginjak ular kobra tersebut. Siapa sangka usai ekornya terinjak, ular tersebut langsung mematok penyanyi dangdut tersebut.

Irma terus melanjutkan nyanyiannya. Ia tak menyangka bisa ular kobra tersebut dengan cepat menjalar ke aliran darahnya.

Setelah turun dari panggung, teman dan pawang pemilik ular yang disewa Irma Bule menanyakan keadaannya.

Sang pawang juga menawarkan bantuan. Tapi karena belum merasakan ada yang sakit, Irma Bule pun belum diobati.

Hingga satu jam setelah kejadian dipatok ular, Irma merasakan mual-mual dan tiba-tiba sekarat.

Ia langsung dilarikan ke Rumah Sakit Intan Barokah. Irma meninggal dunia sekitar 3 jam setelah digigit ular, tepatnya Senin dinihari 4 Maret 2016, sekitar pukul 01.00 WIB.

4 dari 4 halaman

Fakta Menarik Irma `Bule`, Pedangdut yang Tewas Dipatuk Ular

Dream - Nasib nahas dialami pedangdut Irma Bule yang tewas dipatuk ular kobra saat manggung di Karawang Jawa Barat, Minggu malam kemarin 3 Maret 2016.

Irma menghembuskan nafas terakhir tiga jam setelah dipatuk ular kobra. Sebelumnya ia sempat dilarikan ke rumah sakit, namun nyawanya tak tertolong.

Berikut ini deratan fakta menarik sang biduan;

Wanita yang memiliki nama asli Irmawaty ini berasal dari Karawang Jawa Barat. Ia mulai berkarir di dunia tarik suara sejak 2008.

Namanya cukup sohor di Karawang dan Purwakarta, lantaran aksi panggungnya yang selalu menari bersama ular.

Ya, aksi Irma menyanyi terbilang berani. Saban pentas di atas panggung, ia menari dan bergoyang dengan berbagai jenis ular. Seperti ular sanca dan kobra. Untuk sekali manggung Irma biasanya mematok tarif Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta.

Namun aksinya kali ini tak berjalan mulus. Irma digigit ular saat menjadi bintang tamu di acara orkes dangdut di Karawang. 

Irma dipatok ular saat membawakan lagu kedua. Ia rupanya tak sengaja menginjak ular kobra saat sedang bergoyang. Awalnya sang pawang sempat menanyakan kondisi Irma. Tapi ia merasa baik-baik saja usai dipatuk.

Sejam kemudian, Irma baru merasakan pusing dan mual-mual usai dipatok ular kobra.

Ia langsung dilarikan ke Rumah Sakit Intan Barokah. Irma meninggal dunia sekitar 3 jam setelah digigit ular, tepatnya Senin dinihari 4 Maret 2016, sekitar pukul 01.00 WIB.

(Ism, Berbagai sumber)

Beri Komentar
Dari Jakarta Hingga Bekasi, Ini Situasi Pemukiman yang Terkena Dampak Banjir