Cuaca Adalah Kondisi Atmosfer di Bumi, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Reporter : Ulyaeni Maulida
Rabu, 28 Oktober 2020 08:40
Cuaca Adalah Kondisi Atmosfer di Bumi, Berikut Penjelasan Lengkapnya
Perubahan cuaca sangat berpengaruh pada aktivitas harian manusia.

Dream – Cuaca adalah fenomena yang terjadi di atmosfer Bumi. Biasanya cuaca terjadi dalam jangka waktu beberapa hari.

Cuaca terjadi akibat suhu dan kelembapan yang berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Itulah sebabnya kondisi udara di setiap pulau bisa berbeda. Karena sudut pemanasan matahari dan kemiringan sumbu bumi.

Cuaca di Bumi juga dipengaruhi oleh hal-hal lain yang terjadi di angkasa, seperti adanya angin matahari atau disebut juga star's corona.

Cuaca sering dikaitkan dengan perubahan iklim. Nyatanya cuaca berlangsung lebih singkat bila dibanding iklim.

Cuaca adalah perubahan keadaan udara dari seluruh fenomena yang terjadi di atmosfer bumi atau sebuah planet lain.

1 dari 6 halaman

Pengertian Cuaca

Ilustrasi© Pexels.com

Cuaca adalah keadaan atmosfer di wilayah pada waktu tertentu. Selain itu, cuaca adalah kondisi udara di Bumi yang dipengaruhi oleh beberapa hal seperti, curah hujan, angin, suhu, dan sebagainya.

Cuaca juga sering berubah-ubah. Hal ini sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor di sekitar wilayah tersebut.  

Selain itu, cuaca adalah perubahan udara yang sebaiknya juga diperhatikan oleh manusia. Karena cuaca dapat berpengaruh terhadap aktivitas keseharian.

2 dari 6 halaman

Ramalan Cuaca

Ilustrasi© Pexels.com

 

Ramalan cuaca atau prakiraan cuaca adalah penggunaan ilmu dan teknologi untuk memperkirakan keadaan atmosfer di Bumi di masa yang akan datang.

Saat ini, ramalan cuaca sudah dilakukan menggunakan pemodelan khusus dengan bantuan komputer. Selain itu, perkembangan ilmu semakin memperkaya pengetahuan terkait perubahan cuaca.

Meskipun begitu, tingkat keakuratannya belum mencapai 100 persen. Untuk itulah, perlu dilakukan pemantauan berkelanjutan.

3 dari 6 halaman

Hal Yang Dapat Mempengaruhi Cuaca

Ilustrasi© Pixabay.com

 

Cuaca adalah keadaan atmosfer di suatu wilayah pada waktu tertentu. Berkaitan dengan suhu udara, sinar matahari, angin, curah hujan, kekeruhan dan kecerahan, visibilitas, serta kondisi udara lainnya.

Cuaca bersifat sementara. Artinya dapat berlangsung dalam jangka waktu tertentu saja. Perbedaan cuaca tergantung pada sudut pemanasan matahari yang berbeda, dari satu tempat ke tempat lainnya karena perbedaan lintang bumi.

Selama ribuan tahun, perubahan tersebut juga memengaruhi jumlah dan distribusi energi matahari yang diterima bumi.

Tak hanya itu, perubahan cuaca di Bumi juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor yang berasal dari luar angkasa.

4 dari 6 halaman

Unsur-Unsur Cuaca

Ilustrasi© Pexels.com

Tekanan udara

Tekanan udara merupakan gaya yang timbul akibat keberadaan berat lapisan udara. Tekanan udara disebut juga dengan kerapatan massa udara dalam suatu wilayah tertentu dan bisa berubah. Tekanan udara diukur menggunakan Barometer.

Kelembaban udara

Kelembapan udara adalah kandungan uap air yang ada di udara pada waktu tertentu. Kelembaban udara bisa berubah-ubah dan tergantung pada suhu di suatu tempat. Pengukuran kelembapan udara menggunakan Higrometer.

Suhu

Suhu menjadi salah satu faktor dari perubahan cuaca. Suhu dengan tempratur berbeda dari tempat yang satu dan lainnya akan berpengaruh pada cuaca.

Penyebab perubahan suhu hingga mempengaruhi cuaca adalah:

  • Durasi dan sudut sinar matahari ke bumi, akibat letak lintang suatu wilayah.
  • Ketinggian suatu wilayah. Area datar biasanya menerima panas matahari lebih besar.
  • Kondisi awan. Semakin banyak awan, maka panas matahari akan banyak terserap oleh awan tersebut dan bumi hanya menerima lebih sedikit.
  • Kondisi pepohonan di Bumi. Semakin banyak tumbuhan tinggi, maka panas matahari akan tertahan.

Angin

Angin dalam jumlah yang besar diakibatkan oleh rotasi bumi, serta adanya perbedaan tekanan udara di sekitar. Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekanan rendah. Angin dapat diukur dengan Anemometer.

Curah hujan

Curah hujan adalah jumlah atau intensitas air hujan yang turun di suatu tempat dalam kurun tertentu. Tingginya curah hujan di setiap wilayah berbeda-beda, tergantung garis lintang, ketinggian tempat, arah angin, suhu udara, serta luas daratan. Curah hujan diukur dengan Ombrometer.

5 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Cuaca

Ilustrasi© Pexels.com

 

Cuaca cerah

Cuaca cerah diakibatkan oleh sinar matahari yang masuk ke Bumi. Namun, pada saat cuaca cerah, udara yang dirasakan tidak begitu panas dan tidak ada pula hujan yang turun.

Cuaca panas

Cuaca panas menyebabkan keadaan terasa sangat gerah dan kering. Hal ini terjadi karena cahaya matahari tegak lurus masuk ke Bumi.

Cuaca berawan

Cuaca berawan muncul akibat sejumlah awan bergerombol di langit. Akhirnya berkas sinar matahari terhalang dan tidak terasa panas.

Cuaca sejuk

Cuaca sejuk bisa terjadi ketika humiditas udara cukup tinggi, angin bertiup cepat, dan suhu udara rendah.

Cuaca berangin

Cuaca berangin disebabkan oleh gerakan angin yang cukup kuat. Saat cuaca berangin, biasanya langit agak berawan dan suhu udara cenderung rendah.

Cuaca hujan

Cuaca hujan berlangsung saat titik-titik air yang berada di atas langit atau awan berubah menjadi tetesan air. Titik-titik air yang berasal dari penguapan air akibat sinar matahari di permukaan bumi, seperti danau, sungai, laut, dan sebagainya.

6 dari 6 halaman

Perbedaan Cuaca dan Iklim

Ilustrasi© Pexels.com

 

Jangka waktu

Cuaca adalah kondisi atmosfer sehari-hari di suatu wilayah. Jangka waktu berlangsungnya cuaca juga terbilang singkat. Namun, dapat berpengaruh terhadap aktivitas manusia.

Sedangkan iklim adalah kondisi cuaca yang khas di seluruh wilayah untuk waktu yang sangat lama, sekitar 30 tahun atau lebih. Beberapa ilmuwan mendefinisikan iklim sebagai cuaca rata-rata untuk wilayah dan periode waktu tertentu.

 

Komponen

Komponen cuaca terdiri dari sinar matahari, hujan, awan, angin, hujan es, salju, hujan es, hujan beku, banjir, badai salju, badai es, badai petir, panas yang berlebihan, gelombang panas dan lain sebagainya.

Sedangkan, iklim terdiri dari curah hujan, suhu, kelembaban, sinar matahari, kecepatan angin, fenomena seperti kabut, embun beku, dan badai hujan es selama periode waktu yang lama.

 

(Diambil dari berbagai sumber)

Beri Komentar