Doa Setelah Adzan Berikut Keutamaan Membacanya

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 26 November 2021 14:45
Doa Setelah Adzan Berikut Keutamaan Membacanya
Doa Setelah Adzan yang Dilengkapi saat Subuh dan Maghrib, Berikut Keutamaan Membacanya

Dream – Adzaan merupakan tanda sudah masuk waktu sholat, baik itu sholat subuh, dhuhur, ashar, maghrib, maupun isya. Dalam Islam diajarkan bahwa ketika mendengar suara adzan, maka sebaiknya umat Islam menjawab adzan tersebut.

Anjuran itu telah dijelaskan dalam sebuah hadis yang artinya sebagai berikut:

Jika kalian mendengar muazin, maka jawablah seperti apa yang ia katakan, kemudian bersholawatlah untukku, karena barangsiap yang bersholawat untukku, maka Allah akan bersholawat untuknya sepuluh kali. Kemudian mintakanlah kepada Allah untukku alwasilah, karena ia adalah satu kedudukan di surga yang tidak pantas diperoleh kecuali untuk seorang hamba Allah dan aku berharap (bahwa) akulah hamba Allah itu. Barangsiapa yang memohonkan untukku alwasilah, maka akan mendapat syafaatku.” (HR. Muslim)

Nah, saat adzan tersebut dikumandangkan, maka setiap lafadz yang sahabat Dream dengar dijawab. Sehingga alangkah lebih baiknya jika sahabat Dream sedang beraktivitas lalu tiba-tiba mendengar adzan, maka usahakan untuk menghentikan aktivitas tersebut sejenak agar bisa menjawab adzan dan membaca doa setelah adzan.

Berikut adalah bacaan doa setelah adzan beserta keutamaan membaca doa tersebut, sebagaimana telah dirangkum oleh Dream dari Merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Doa Setelah Adzan

Doa Setelah Adzan© Freepik.com

Ketika sahabat Dream mendengar adzan, maka dalam Islam disunahkan untuk membaca doa setelah adzan. Hal ini sesuai dengan sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari yang artinya sebagai berikut:

Barangsiapa ketika (selesai) mendengar adzan mengucapkan doa ini: ‘Allahumma rabba hadzihid da’watit tammah was shalatil qoimah ati muhammadanil wasilata wal fadhilah wab ‘asthu maqoman mahmudanil ladzi wa ‘attah’, maka dia akan mendapat syafaatku di hari kiamat.” (HR. Bukhari)

Dan berikut adalah bacaan doa setelah adzan beserta artinya: 

للهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Allaahumma robba haadzihid da'watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, 'aaliyatar rofii'ah, wab'atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa'adtah, innaka laa tukhliful mii'aadz

Artinya: “ Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna dan sholat yang ditegakkan ini, berikanlah dengan limpah karunia-Mu kepada Nabi Muhammad kedudukan dan keutamaan (paling tinggi) dan limpahkanlah kepadanya tempat yang terpuji yang telah engkau janjikan.”

2 dari 3 halaman

Doa Setelah Adzan

Doa Setelah Adzan Subuh dan Maghrib

Doa setelah adzan subuh dan maghrib memiliki perbedaan dengan doa setelah adzan yang lainnya. Saat sahabat Dream mendengar adzan subuh di pagi hari, maka ada kalimat yang berbunyi “ Ashsalatu khairum minan naum” yang artinya “ sholat lebih baik daripada tidur”.

Nah, dengan kalimat yang berbeda inilah, maka doa yang sahabat Dream panjatkan setelahnya pun juga berbeda. Di mana doa tersebut bertujuan untuk memohon ampun pada Allah SWT. Karena di saat subuh menjadi waktu terbaik untuk memohon ampunan Allah SWT.

اللهم هَذَا إِقْبَالُ نَهَارِكَ وَإِدْبَارُ لَيْلِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ فاغْفِرْ لِي

Allahumma hadza iqbaalu nahaarika wa idbaaru lailika wa ashwaatu du'aaika faghfir lii

Artinya: “ Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya siang-Mu, dan perginya malam-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku.”

Selain doa setelah adzan subuh, doa lainnya yang berbeda adalah doa setelah adzan maghrib. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah kitab Jami’ul Ahadits, juz IV, halaman 250, di mana bacaan doa setelah sholat maghrib adalah sebagai berikut: 

اللّٰهُمَّ هَذَا إِقْبَالُ لَيْلِكَ وإدْبَارُ نَهَارِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ فَاغْفِرْ ليْ

Allahumma hadza iqbâlu lailika wa idbâru nahârika wa ashwâtu du’âika faghfir lii.

Artinya: “ Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya malam-Mu, dan perginya siang-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku.”

3 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Doa Setelah Adzan

Keutamaan Membaca Doa Setelah Adzan© Pixabay.com

Bagi sahabat Dream yang membaca doa setelah adzan berkumandang, maka ada beberapa keutamaan yang bisa didapatkan. Apa saja keutamaan tersebut?

Menghapus Dosa

Setiap manusia di dunia ini tentunya tak terlepas dari adanya perbuatan salah dan dosa. Namun Allah SWT adalah Maha Pengampun. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh manusia untuk bisa dihapuskan dosa-dosanya adalah dengan membaca doa setelah adzan.

Doa yang Dikabulkan

Allah SWT adalah tempatnya bersandar bagi umat manusia. Manusia yang mempunyai harapan hendaknya memohon kepada Allah SWT. Nah, dengan membaca doa setelah adzan, Allah SWT pun akan mengabulkan doa-doamu. Hal ini sebagaimana sabda Nabi saw:

Ucapkanlah seperti ucapan muadzin, jika kamu telah selesai, berdoalah maka kamu akan diberi.” (HR. Abu Daud dan Ibn Hibban, dan dihasankan Syuaib al-Arnauth)

Mendapatkan Syafaat

Selain bisa mengabulkan doa yang dipanjatnya, membaca doa setelah adzan juga bisa mendapatkan syafaat. Hal ini pun sudah dijelaskan dalam sebuah hadis yang artinya sebagai berikut:

Barangsiapa berdoa (membaca) setelah mendengarkan suara adzan (dengan doa yang artinya): ‘Ya Allah, Tuhan yang memiliki seruan sempurna ini serta shalat yang akan didirikan. Limpahkanlah kepada Nabi Muhammad derajat yang tinggi dan keutamaan, dan bangkitkan-lah beliau pada tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan, berhak-lah baginya untuk mendapatkan syafaatku (yaitu pertolongan Nabi dengan izin Allah) pada hari kiamat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mendapat Balasan Surga

Barangsiapa yang membaca doa setelah adzan, maka Allah SWT pun juga telah menjanjikan surga di akhirat kelak. Hal ini sebagaimana hadis, Rasulullah saw bersabda:

Siapa yang mengucapkan seperti yang dilantunkan orang ini Bilal dengan yakin akan masuk surga.” (HR. Ahmad, Nasai dan Syuaib Al-Arnauth)

Mendapat Pahala yang Setimpal dengan 10 Kali Bersholawat

Keutamaan dengan membaca doa setelah adzan adalah mendapatkan pahala. Bahkan pahala yang didapatkan akan setimpal dengan 10 kali bersholawat. Sebagaimana hadis yang artinya sebagai berikut:

“ Apabila anda mendengar muadzin, jawablah adzannya. Kemudian bacalah sholawat untukku. Karena orang yang membaca sholawat untukku sekali maka Allah akan memberikan sholawat untuknya 10 kali.” (HR. Muslim)

Beri Komentar