Inilah Arti Penting Perdamaian Dunia bagi Kemajuan Sebuah Negara

Reporter : Ulyaeni Maulida
Senin, 9 November 2020 09:05
Inilah Arti Penting Perdamaian Dunia bagi Kemajuan Sebuah Negara
Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara berperan untuk mendorong kemakmuran suatu negara.

Dream – Perdamaian dunia merupakan hal penting bagi kemajuan negara. Hal ini adalah gagasan yang dapat menyatukan seluruh dunia melalui berbagai bidang. Sehingga kehidupan pun akan aman dan jauh dari keributan.

Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara juga memiliki peranan penting. Hal ini dapat menjadi motivasi pendorong kemakmuran tiap negara. Apabila tercipta perdamaian dunia, masa depan sebuah negara akan menjadi lebih baik.

Hari Perdamaian Internasional, atau biasa disebut Hari Perdamaian Dunia, diperingati setiap 21 September. Hari Perdamaian Internasional ditetapkan pada 1981 oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Perdamaian dunia dapat tercapai dengan adanya hubungan yang baik antar negara. Negara yang hidup damai akan membuat warganya juga hidup dalam kemakmuran.

1 dari 5 halaman

Mengenal Perdamaian Dunia

Ilustrasi© Freepik

Perdamaian dunia adalah konsep keadaan ideal kebahagiaan, kebebasan, dan kedamaian di dalam dan di antara semua orang dan bangsa di dunia. Negara-negara di dunia sangat membutuhkan perdamaian demi kelangsungan hidup bernegara.

Perdamaian dunia dapat dibangun melalui hubungan internasional. Sehingga dapat tercipta stabilitas yang dapat menjadi penggerak ekonomi di setiap negara.

Jika sebuah negara tidak memiliki hubungan internasional, akan sulit untuk memenuhi kebutuhan dan menjamin keberlangsungannya.

Itulah mengapa, penting bagi bangsa Indonesia untuk ikut terlibat dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia.

2 dari 5 halaman

Arti Penting Perdamaian Dunia Bagi Kemajuan Sebuah Negara

Ilustrasi© Pexels.com

 

Terjalinnya hubungan internasional yang baik

Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara adalah terjalinnya hubungan internasional yang baik antar negara. Melalui hubungan internasional, sebuah negara dapat mencukupi kebutuhannya dalam berbagai bidang.

Mendukung perkembangan negara

Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara merupakan syarat penting bagi terlaksananya pembangunan suatu negara. Tanpa perdamaian dunia, sebuah negara tidak akan bisa melaksanakan program pembangunannya.

Stabilitas politik

Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara juga berpengaruh pada kondisi politik. Stabilitas politik akan berdampak baik bagi hubungan negara yang saling bekerjasama. Sehingga tidak ada masalah politik yang dapat menganggu hubungan antar negara.

Stabilitas ekonomi

Arti penting perdamaian dunia bagi sebuah negara juga dapat mendukung stabilitas ekonomi sebuah negara. Dengan begitu, kemajuan dapat dicapai oleh sebuah negara.

Dengan perdamaian dunia, tiap negara bisa saling mendukung laju ekonominya. Tanpa perdamaian dunia, suatu negara tidak bisa memiliki ekonomi yang stabil.

Mendukung keamanan negara

Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara sangat berkaitan dengan keamanan negara. Negara tanpa kedamaian akan rentan mengalami peperangan. Perang adalah nyata dan memiliki banyak konsekuensi.

3 dari 5 halaman

Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia

Ilustrasi© Freepik

 

Perdamaian dunia merupakan salah satu cita-cita dari bangsa Indonesia. Ini tertuang pada alinea ke 4 Pembukaan UUD (Undang-Undang Dasar) 1945, yang berbunyi:

" Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial."

Indonesia sudah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia. Indonesia berperan pada organisasi PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), ASEAN (Association of Southeast Asian Nations), GNB (Gerakan Non-Blok). Semua keterlibatan Indonesia ini memiliki satu tujuan, yaitu menciptakan perdamaian di dunia.

Keterlibatan dalam mewujudkan perdamaian dunia ini sangat penting dan harus dilakukan. Di samping cita-cita tersebut, bangsa Indonesia merupakan bagian dari peradaban di dunia, sehingga sudah semestinya bangsa Indonesia terlibat dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia.

4 dari 5 halaman

Cara PBB Menjaga Perdamaian Dunia

Ilustrasi© Pexels.com

 

Diplomasi dan mediasi preventif

Perserikatan Bangsa-Bangsa berperan untuk mencegah konflik melalui berbagai cara baik diplomasi dan mediasi. Mencegah konflik sedari awal dimaksudkan agar hubungan antar negara dapat terjalin dengan baik.

Perlucutan senjata

Majelis Umum dan badan-badan Perserikatan Bangsa-Bangsa lainnya, yang didukung oleh Kantor Urusan Perlucutan Senjata, bekerja untuk memajukan perdamaian dan keamanan internasional melalui upaya penghapusan senjata nuklir dan senjata pemusnah massal lainnya serta regulasi senjata konvensional.

Penjaga perdamaian

Penjaga perdamaian telah terbukti menjadi salah satu alat paling efektif yang tersedia bagi PBB untuk membantu negara tuan rumah menavigasi jalan yang sulit dari konflik menuju perdamaian.

Peacebuilding

Kegiatan pembangunan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa ditujukan untuk membantu negara-negara yang muncul dari konflik, mengurangi risiko kambuh ke dalam konflik, dan meletakkan dasar bagi perdamaian dan pembangunan yang berkelanjutan.

Melawan terorisme

Perserikatan Bangsa-Bangsa diminta untuk mengoordinasikan perang global melawan terorisme. Delapan belas instrumen universal melawan terorisme internasional telah dielaborasi dalam kerangka sistem Perserikatan Bangsa-Bangsa yang berkaitan dengan kegiatan teroris tertentu.

 

5 dari 5 halaman

Bentuk Kerja Sama Indonesia Dengan Negara Lain

Ilustrasi© Pexels.com

 

Bentuk kerja sama yang dilakukan Indonesia dengan negara lain adalah sebagai berikut:

Kerja sama bilateral

Kerja sama bilateral adalah kerja sama yang dilakukan oleh dua negara. Contohnya, kerja sama pendidikan antara Indonesia dengan Korea Selatan

Kerja sama regional

Kerja sama regional adalah kerja sama dengan negara lain pada satu kawasan regional. Contohnya Indonesia berperan aktif di ASEAN dan APEC.

Kerja sama multilateral

Kerja sama multilateral adalah kerja sama dengan berbagai negara yang tidak dibatasi oleh kawasan. Contohnya Indonesia bergabung dan aktif di PBB, IMF, dan WHO.

 

(Sumber: Liputan6.com dan sumber lainnya)

Beri Komentar