Istiqomah Adalah Konsisten di Jalan Allah: Pengertian, Dalil, Keutamaan & Contoh

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 19 Agustus 2020 14:36
Istiqomah Adalah Konsisten di Jalan Allah: Pengertian, Dalil, Keutamaan & Contoh
Amal yang paling dicintai Allah adalah amalan yang terus menerus meskipun sedikit.

Dream – Seringkali kita mendengar atau bahkan mengucapkan istilah istiqomah. Istiqomah adalah istilah yang kerap diucapkan karena memiliki makna yang lurus, tegak atau dalam bahasa bakunya adalah konsisten.

Seorang muslim yang baik diharapkan bisa menjalankan ibadah secara istiqomah. Selain itu juga perlu menjaga akhlak terpuji dalam berkehidupan sehari-hari.

Menjadi pribadi yang istiqomah lebih sulit daripada yang dibayangkan. Istiomah adalah suatu sikap yang memerlukan usaha keras dan hati yang ikhlas supaya bisa menjadi orang yang istiqomah berada di jalan yang lurus.

Lantas bagaimana arti sebenarnya istiqomah? Bagaimana pula seorang muslim bisa menjalankan ibadah dengan istiqomah? Berikut Dream akan mengulas pengertian istiqomah beserta keutamaan, dalil dan contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 8 halaman

Pengertian Istiqomah

Ilustrasi© freepik.com

Pengertian istiqomah adalah berasal dari Bahasa Arab yang artinya lurus. Istiqomah adalah perbuatan yang berusaha menjaga perbuatan baiknya secara konsisten dan tidak berubah.

Istiqomah adalah menjaga iman dan taqwa di jalan Allah SWT dengan tetap beribadah menjalankan perintah-Nya dan senantiasa menjauhi larangan-Nya.

Menurut Khulafaur Rasyidin Abu Bakar Ash-Shidiq, istiqomah adalah perilaku seseorang yang tidak menyekutukan Allah dengan yang lainnya atau tidak berbuat syirik. Selain itu, menurut Umar bin Khatab R.A., istiqomah adalah suatu hal yang harusnya bertahan pada satu perintah dan tidak melakukan suatu apapun yang dilarang.

Sahabat Usman bin Affan R.A., juga menyebutkan pengertian istiqomah adalah memiliki arti ikhlas. Sementara itu menurut Sayyidina Ali bin Abi Thalib, istiqomah adalah melaksanakan kewajiban yang diperintahkan Allah Swt.

2 dari 8 halaman

Istiqomah Menurut Pandangan Ulama

Ilustrasi© freepik.com

Selain menurut Khulafaur Rasyidin, pengertian istiqomah juga dikemukakan oleh para ulama. Ibnu Abbas R.A menyatakan istiqomah adalah memiliki tiga arti yakni istiqomah dalam lisan, istiqomah dalam hati, dan istiqomah dalam jiwa yang berarti terus beribadah dan taat kepada Allah tanpa henti.

Imam An-Nawawi mengemukakan istiqomah adalah tetap berada dalam keimanan dan taat kepada Allah Swt., dan berada di jalan yang lurus menuju Allah Swt. Ulama mujahid juga menyebutkan definisi istiqomah adalah suatu komitmen atas kalimat syahadat yang diucapkan seorang muslim. Menjaga tauhid hingga akhir hayat merupakan bukti nyata dari perbuatan yang istiqomah.

Sementara itu Ibnu Taimiyah mengemukakan pendapat bahwa istiqomah adalah suatu perilaku mencintai Allah dan tetap menjaga ibadah keapda-Nya tanpa menoleh ke sisi kanan maupun sisi kiri.

3 dari 8 halaman

Dalil Anjuran Istiqomah

Ilustrasi© freepik.com

Umat muslim selayaknya selalu bisa beristiqomah kepada Allah Swt dan selalu menjaga ibadahnya serta tidak berpaling dari Allah Swt. dengan alasan apapun. Allah Swt sudah memerintahkan di dalam Al-Kitab tentang perintah istiqomah.

Selain itu, hadis Nabi Solallohu ‘alaihi wa sallam juga menyebutkan perintah istiqomah kepada manusia. Di bawah ini beberapa di antara dalil-dalil istiqomah adalah sebagai berikut:

Dijelaskan dalam Alqur’an surat Fushilat ayat 30 yang artinya:

“ Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “ Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka mengatakan: “ Janganlah kamu takut dan janganlah kamu merasa sedih, dan bergembiralah mereka dengan surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu.”

Selain itu, di dalam hadis juga telah disebutkan anjuran untuk beristiqomah. Seseorang bertanya kepada Rasulullah Saw.: “ Ya Rasulullah, tolong ajarkan sesuatu kepadaku yang paling penting dalam islam dan saya tidak akan bertanya lagi kepada siapapun. Nabi Saw. menjawab: “ Katakanlah aku beriman kepada Allah, kemudian istiqomah (konsisten menjalankan perintah dan menjauhi larangan).”

4 dari 8 halaman

Keutamaan Istiqomah

Ilustrasi© freepik.com

Istiqomah bagi umat Islam memiliki beberapa keutamaan yang akan diperoleh bagi siapapun yang menjalankannya. Di antara keutamaan-keutamaan istiqomah adalah sebagai berikut:

Dalam sebuah ayat di dalam Alqur’an, Allah berfirman bahwa seorang muslim yang tetap istiqomah di jalan-Nya maka akan selalu dilapangkan rezekinya oleh Allah Swt. Hal ini tertulis di dalam Surat Al-Jin ayat 16 yang artinya:

“ Dan bahwasannya jikalau mereka tetap berjalan lurus di atas jalan itu (agama Islam), benar-benar Kami akan memberi minum kepada mereka air yang segar (rezeki yang melimpah).”

Keutamaan yang kedua adalah diberikan rasa aman dan diangkat segala kesedihan. Allah akan memberikan rasa aman dan damai bagi mereka yang selalu istiqomah di jalan-Nya. Hal ini sesuai dengan Alqur’an Surat Fushilat ayat 30.

5 dari 8 halaman

Jaminan Surga Bagi Orang yang Istiqomah

Ilustrasi© freepik.com

Ketika seseorang mampu menjalankan aktivitas ibadahnya dengan cara istiqomah maka ia akan mendapatkan keutamaan berupa pahala surga sebagaimana firman Allah Swt surat Fushilat ayat 30 yang artinya:

“ Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “ Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka mengatakan: “ Janganlah kamu takut dan janganlah kamu merasa sedih, dan bergembiralah mereka dengan surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu.”

Jaminan surga bagi orang yang menjalankan ibadah dengan istiqomah ini juga tertera dalam Surat Al-Ahqaf ayat 13-14 yang artinya:

“ Sesungguhnya orang-orang yang berkata, “ Tuhan kami adalah Allah,” kemudian mereka tetap istiqomah, maka tidak ada rasa khawatir pada mereka, dan tidak pula mereka bersedih hati. Mereka itulah para penghuni surga, mereka kekal di dalamnya, sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.”

6 dari 8 halaman

Amalan yang Dicintai Allah SWT

Ilustrasi© freepik.com

Istiqomah adalah sebuah amalan yang secara konsisten dilakukan di jalan yang lurus. Meskipun perbuatan baik itu kecil, namun jika dilakukan secara konsisten maka akan lebih baik. Dibandingkan dengan amalan yang banyak tapi jarang-jarang dilakukan.

Amalan seperti inilah yang dicintai Allah Swt sebagaimana yang tercantum dalam sebuah hadis Nabi Sholallohu ‘alaihi wa sallam:

“ Berbuat sesuatu yang tepat dan benarlah kalian dan amal yang paling dicintai Allah adalah amalan yang terus menerus meskipun sedikit.” (HR. Bukhari).

7 dari 8 halaman

Contoh Penerapan Istiqomah dalam Kehidupan

Ilustrasi© freepik.com

Menerapkan istiqomah adalah suatu hal yang sangat dianjurkan bagi umat muslim. Apalagi diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam aktivitas beribadah dan bersosial.

Dengan menerapkan istiqomah kamu akan merasa lebih ringan saat menjalankan ibadah karena merasa tidak ada beban. Berikut beberapa contoh penerapan istiqomah dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Selalu menjalankan perintah Allah Swt dan menjauhi larangan-Nya dalam keadaan apapun.
  2. Melaksanakan sholat lima waktu.
  3. Belajar dalam hal kebaikan secara terus menerus.
  4. Selalu menaati peraturan, baik di rumah, sekolah, maupun lingkungan masyarakat.
  5. Selalu menjalankan kewajiban dengan rasa senang dan nyaman, tidak merasa terpaksa atau terbebani.
8 dari 8 halaman

Doa Agar Istiqomah di Jalan Allah SWT

Ilustrasi© freepik.com

Robbanaa laa tuzigh quluubanaa ba'da idz hadainaa, wa hab lanaa min-ladunka rohmatan, innaka antal-wahhaab.

Artinya: " Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau, karena sesungguhnya Engkau-lah Dzat yang Maha Pemberi (karunia)."

Beri Komentar