Perempuan-perempuan Pengasuh Rasulullah

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 13 Februari 2017 15:16
Perempuan-perempuan Pengasuh Rasulullah
Empat perempuan tersebut mengasuh Rasulullah dengan kasih sayang.

Dream - Perjalanan hidup Rasulullah SAW penuh dengan lika-liku. Rasulullah telah menjadi yatim sejak di dalam kandungan ibundanya, Aminah.

Saat balita, Rasulullah sempat mendapat asuhan dari ibundanya. Dia sempat menikmati air susu ibu sang bunda. 

Selain itu, Rasulullah juga memiliki ibu susuan. Sebab, sudah menjadi kebiasaan pemuka bangsa Arab untuk mencarikan ibu susuan dari pedesaan bagi bayi-bayi mereka.

Berikut para perempuan yang pernah mengasuh Rasulullah,

1. Tsuwaibah, ibu susuan Rasulullah
Tsuwaibah merupakan budak wanita dari Abu Lahab, paman Rasulullah. Dirinya dimerdekakan setelah menyampaikan berita gembira mengenai kelahiran Rasulullah SAW.

Tsuwaibah menyusui dan merawat Nabi Muhammad hanya dalam beberapa hari saja. Sebab, Abdul Muthalib dan Aminah ingin Nabi Muhammad SAW disusui oleh orang Badui.

Jadi, selagi menunggu Halimah datang ke Mekah, Tsuwaibah menyusui Nabi Muhammad saat balita. Karena jasa Tsuwaibah tersebut, tidak heran jika Rasulullah menganggapnya sebagai ibu.

2. Halimah As-Sa’diyah
Halimah binti Abu Dzuaib As-Sa'diyyah adalah nama lengkap dari ibu susuan yang juga merawat Rasulullah SAW. Dia membawa Rasulullah ke kampung halamannya di Thaif, di tengah-tengah Bani Sa’ad.

Pada awalnya, wanita ini seharusnya mengasuh Rasulullah hanya dalam kurun waktu dua tahun. Akan tetapi, dikarenakan rasa khawatir dan kasih sayang yang begitu besar kepada Rasul, dia mengembalikan pengasuhan ke Aminah.

Kejadian yang membuatnya khawatir yaitu saat dada Rasulullah dibedah oleh malaikat.

3. Judzamah Binti Harits Bin Abdul Izzi
Dia merupakan anak Halimah. Judzamah merawat serta mengasuh Rasulullah SAW dan menjadi saudara susuan dengan Beliau. Judzamah lebih dikenal dengan Syaima, pernah menjadi tawanan saat perang Hunain dan kemudian dibebaskan.

4. Ummu Aiman Barakah al Habasiyah
Ummu Aiman Barakah al Habasiyah merupakan hamba sahaya dari ayahanda Rasulullah SAW, Abdul Muthalib. Termasuk dalam orang yang membantu proses kelahiran Rasul. Dia mengasuh dengan penuh kesabaran dan juga kasih sayang.

Dia merupakan salah seorang sahabat Rasulullah dan termasuk dalam 10 orang pertama pemeluk agama Islam. Ummu Aiman inilah yang menemani Rasulullah ketika ibundanya meninggal dunia. Ketika Rasulullah SAW telah dewasa, beliau memerdekakan Ummu Aiman dan menikahkannya dengan Zaid bin Haritsah.

Baca selengkapnya di sini.

Beri Komentar