Untuk Ibu Hamil, Ini Makanan Anjuran Ulama

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 4 Maret 2019 20:01
Untuk Ibu Hamil, Ini Makanan Anjuran Ulama
Ada jenis makanan tertentu yang diyakini bisa membuat bayi tampan atau cantik.

Dream - Ketika sedang hamil, seorang ibu tentu tidak bisa makan sembarangan. Karena zat pada makanan dapat berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin.

Secara medis, asupan makanan pada ibu hamil juga menjadi konsumsi janin di dalam perut. Sehingga, seorang ibu hamil harus berhati-hati dalam memilih makanan.

Demikian halnya dalam Islam. Ulama juga menganjurkan agar ibu hamil mengonsumsi makanan tertentu.

Dikutip dari Islami.co, dalam kitab Qurratul Uyun disebutkan beberapa jenis makanan yang dianjurkan dikonsumsi ibu hamil. Contohnya seperti kacang luban, seperti disebutkan dalam hadis Rasulullah Muhammad SAW.

" Wahai wanita-wanita yang sedang hamil, berilah putra-putri kalian dengan kacang luban, karena hal itu bisa menambah baik pertumbuhan (kecerdasan) anak dan bisa menghilangkan lendir (lemak), bisa menjadikan kuat daya hafalannya, dan bisa menghilangkan sifat pelupa."

1 dari 1 halaman

Buah Jambu dan Khasiatnya

Jenis makanan lain adalah buah jambu. Ini disebutkan dalam riwayat dari Yahya bin Yahya dari Khalid bin Ma'dan.

" Makanlah kalian buah jambu, karena dengan memakannya bisa membuat tampan atau cantiknya anak (yang ada dalam kandungan)."

Mengenai jambu, terdapat riwayat yang menjelaskan khasiat buah tersebut. Riwayat itu menyebutkan kisah ketika seorang Nabi didatangi sekelompok orang.

Suatu hari, datang orang-orang kepada Nabi tersebut untuk mengadukan kasus buruk rupa dan fisik putra-putri mereka. Maka Allah SWT memberikan wahyu kepada Nabi itu.

Isi wahyu tersebut adalah perintah agar mereka memberikan istri-istrinya yang sedang hamil buah jambu. Buah itu diberikan ketika usia kandungan mencapai tiga atau empat bulan.

Selain itu, para ibu hamil juga harus menghindari jenis makanan. Beberapa di antaranya seperti makanan yang tidak berkualitas dan makanan yang banyak mengandung zat kimia baik adiktif maupun pengawet.

Sumber: Islami.co

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan