Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bola Sepak Ditemukan di Planet Mars

Dream - Kendaraan penjelajah Planet Mars milik Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA), Curiosity Rover berhasil menangkap fenomena aneh, sebuah benda menyerupai bola sepak.

Kehadiran benda itu memunculkan beragam spekulasi. Ada yang menyebutnya sebagai sisa-sisa meteorit yang terbentuk secara sempurna menjadi bola oleh angin di permukaan Planet Merah.

Tapi menurut NASA, bola yang difoto dari Kawah Gale dan diunggah ke situs NASA pekan lalu itu berukuran kecil, mungkin hanya berdiameter 1 sentimeter.

Kata NASA, benda itu bukanlah bola, melainkan sebuah benda yang terbentuk melalui proses geologi, dikenal dengan nama pemadatan. Proses itu terjadi saat mineral-mineral berpisah dengan air dan menjadi massa pejal di dalam batuan sedimen.

Benda tersebut cukup membantu para ilmuwan menyimpulkan bahwa dahulu air pernah mengalir di permukaan Mars.

Fenomena benda berbentuk bulat di Mars bukan kali ini saja tertangkap kamera. Opportunity Rover, kendaraan pendahulu Curiosity, pernah menemukan benda-benda bulat semacam itu saat pertama kali mendarat di Planet Mars pada 2004 silam.

Kemudian pada 2012, Opportunity Rover kembali menemukan bulatan-bulatan berukuran 3 milimeter di kawah Endeavour. Benda itu memiliki struktur, komposisi dan sebaran berbeda dibandingkan bulatan yang ditemukan pada 2004.

"Benda-benda ini bisa menjadi jalan awal menemukan sesuatu tentang Mars," kata peneliti utama NASA, Steve Squyres.

(Sumber: News.com.au, Discovery.com)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Penemuan Planet Mirip Bola Mata, Diklaim Tak Punya Siang dan Malam

Ilmuwan menduga bahwa di luar tata surya terdapat planet dengan bentuk yang menyerupai bola mata manusia.

Para Ilmuwan Bongkar Misteri Hilangnya Air di Planet Mars

Peneliti antariksa dari Tiongkok menemukan struktur poligonal yang tersembunyi di bawah permukaan planet Mars.

Setelah Mars, Kini Ilmuwan Sebut Venus Juga Bisa Dihuni Manusia

Planet tetangga terdekat kita mungkin lebih ramah terhadap kehidupan daripada yang kita kira sebelumnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ini Manfaat dari Badminton, Ternyata Bukan Sekadar Sehat Saja

Bulutangkis merupakan cabang olahraga populer yang dapat dimainkan oleh segala usia. Yuk, simak apa saja manfaat dari badminton!

NOTED KAK! Kata-Kata Manis Bos