Cara Mudah Bersihkan Jamur Putih di Kepala Aki

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 22 November 2019 09:24
Cara Mudah Bersihkan Jamur Putih di Kepala Aki
Nggak perlu cairan khusus.

Dream - Aki basah masih banyak digunakan untuk menyalakan mobil. Aki jenis ini kerap mengalami masalah, yaitu munculnya jamur putih di bagian kepala.

Cara mengatasi hal ini sebenarnya cukup mudah. Tidak perlu menggunakan cairan khusus untuk membersihkan jamur yang menempel.

Dikutip dari Suzuki, Jumat 22 November 2019, kerak jamur biasa muncul di terminal kepala aki. Ini normal terjadi pada aki basah dan bukan masalah yang serius.

Biasanya, jamur paling banyak muncul di kepala bagian plus (+). Penyebabnya, terjadi oksidasi air aki yang mengandung asam sulfat (H2SO4).

Asam sulfat adalah cairan elektrolit kuat yang bisa menyimpan dan menghantarkan arus listrik.

Akibat pemakaian arus listrik secara terus menerus membuat aki menjadi panas. Nah, dari panas ini air aki menjadi menguap dan muncullah jamur kerak putih di terminal kepala aki.

Jika sudah muncul kerak jamur ini, sebaiknya segera dibersihkan. Kalau didiamkan bukan tidak mungkin listrik yang dialirkan aki jadi terhambat.

Cara membersihkannya tidak sulit. Kamu cukup menggosok-gosok kerak jamur putih di kepala aki sampai kembali bersih dengan sikat gigi bekas. Kamu tak perlu cairan apa pun untuk membersihkannya.

1 dari 4 halaman

3 Hal Wajib Diperhatikan Ketika Merawat Mobil Diesel Masa Kini

Dream – Mobil diesel punya beragam keunggulan dibandingkan kendaraan berbahan bakar lain. Salah satu yang membekas di benak pengendara adalah mesin mobil diesel yang bandel dan konsumsi bahan bakar yang irit.

Namun keunggulan mobil dengan mesin diesel itu jadi percuma jika si pemilik malas merawat kendaraaannya.  

Seiring perkembangan zaman, penggunaan teknologi terbaru sudah banyak yang diaplikasikan di mesin berbahan bakar solar. Sebut saja commonrail dan turbocharger.

Dengan beragam teknologi baru tersebut, apakah anggapan perawatan mobil bermesin diesel lebih mudah daripada bensin masih berlaku sampai saat ini? Atau malah jadi lebih ribet?

Dikutip dari Liputan6.com, Selasa 9 April 2019, ada tiga hal yang harus diperhatikan ketika merawat mobil bermesin diesel keluaran terbaru. Pertama, pelumas. Beban kerja mesin diesel lebih ekstrem karena rasio kompresi yang tinggi. Jika ditambah dengan kehadiran turbocharger, suhu dan tekanan yang dihasilkan tentu akan lebih tinggi.

Saat ini mesin mobil diesel membutuhkan pelumas dengan tingkat kekentalan (viskositas) yang lebih rendah. Untuk memilih pelumas mesin diesel yang encer, pilihannya adalah SAE 10W-30, SAE 5W-40 atau 5W-30.

2 dari 4 halaman

Kedua, Jangan Lupa Ganti Filter Solar

Kedua, filter oli. Layaknya kendaraan pada umumnya, mobil diesel perlu mengganti oli dan komponen saringan secara rutin. Komponen yang perlu diperhatikan adalah filter solar.

Mesin Diesel berbahan bakar solar punya kandungan air. Setiap mobil diesel pasti memiliki pemisah antara air dan solar dalam filternya. 

Selalu jaga agar takaran air tidak boleh terlalu banyak. Jika sudah melebihi takaran, akan ada indikator menyala.

Meski tidak ada waktu penggantian secara periodik, baiknya filter solar juga diganti berbarengan dengan ganti oli, yaitu tiap 10 ribu kilometer.

Beberapa komponen lain yang patut diperhatikan adalah filter udara, yang harus diganti setelah semakin banyak kotoran menempel, oli mesin, dan tune up. Persis sama dengan mobil bermesin bensin lain, bahkan sama juga dengan sepeda motor.

Sementara itu, untuk harga filter solar tergantung merek dan jenis kendaraan. Biasanya, harga filter ini mulai Rp45 ribuan sampai Rp100 ribuan.

3 dari 4 halaman

Ketiga, Perhatikan Bahan Bakar

Solar jadi bahan bakar mobil bermesin diesel. Hanya saja, untuk pemilihan jenisnya, wajib menggunakan solar berkualitas. Jika menggunakan solar berkualitas, hal itu dapat menunjang kinerja mesin terutama yang telah dilengkapi mesin turbodiesel.

Selain itu, performa optimal mesin diesel akan diperoleh dengan bahan bakar berkualitas yang memiliki kandungan sulfur rendah.

Sebaliknya, jika mesin turbodiesel mengonsumsi bahan bakar kualitas rendah (kandungan sulfur tinggi), filter solar akan bermasalah yaitu mampet, dan merambat terganggunya fungsi injektor.

Karena itu, filter solar mesin diesel modern harus sangat rapat. Tujuannya agar tidak ada kotoran yang bisa menghambat lubang injektor mesin turbodiesel.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Arief Aszhari)

4 dari 4 halaman

5 Produk Wajib Beli di Ruparupa untuk Merawat Mobil Kesayangan

Dream - Bisa membeli mobil sendiri di usia muda memang jadi kebanggaan. Apalagi kehadiran mobil memang penting banget buat yang punya kegiatan padat sehari-hari. Jangan hanya bisa digunakan, sayangi juga mobilmu dengan melakukan perawatan mobil, perawatan mesin, dan perawatan lainnya yang tepat, yuk! Ini dia 5 rekomendasi produk perawatan mobil kesayangan yang bisa kamu beli di Ruparupa.

Turtle Wax Clean And Shine Set Kain Microfiber 3 Pcs

Jangan mengelap mobil kesayangan dengan sembarang kain, karena bisa berisiko menggores permukaan mobil. Jadi, penting banget buat memilih kain berkualitas seperti yang ditawarkan oleh Turtle Wax Clean and Shine Set Kain Microfiber. Terdiri dari 3 pcs kain, kualitasnya teruji karena dibuat dari 87% polyester dan 13% polyamide. Hasilnya adalah kain microfiber yang aman dan nggak menimbulkan goresan di permukaan mobil. Pas banget untuk merawat mobilmu, Sahabat Dream!

Proclean Set Sikat Pembersih Interior Mobil

Percayakan kebersihan interior mobil dengan Proclea Set Sikat Pembersih yang dapat membersihkan secara efektif. Produk ini dilengkapi dengan 2 buah sikat yang mampu menjangkau tempat yang sulit dibersihkan. Misalnya saja untuk membersihkan ventilasi area AC, hingga spot area pintu dan dashboard mobil. Keunggulan lainnya, bulu sikatnya yang lembut dapat membersihkan mobil dengan efektif tanpa menimbulkan goresan.

Soft 99 Wax Dark And Black

Punya mobil berwarna gelap? Beri perlindungan terbaik untuk cat mobil kesayangan dengan Soft 99 Wax Dark and Black saja! Formulanya terbuat dari natural Carnauba yang dapat melindungi lapisan cat berwarna gelap dari kerusakan akibat water spot, ultraviolet, dan hujan asam. Wax ini punya perlindungan maksimal sehingga tidak mudah rusak meskipun sering terkena sinar matahari dan air hujan sekalipun.

Nu Finish Shampoo Mobil 16 Oz

Produk lain yang wajib kamu miliki untuk merawat mobil kesayangan adalah Nu Finish Shampoo Mobil yang menawarkan berbagai keunggulan. Formulanya lembut dan efektif digunakan untuk membersihkan kotoran secara menyeluruh, termasuk kontaminan dari kotoran hewan atau burung. Selain itu, kandungan ekstrak jeruknya bermanfaat untuk membersihkan permukaan mobil dengan cepat tanpa menimbulkan spot. Bagi yang menggunakan wax, nggak perlu khawatir karena produk ini tidak mengangkat lapisan wax yang ada di permukaan mobil.

Coido Alat Penghisap Debu Mobil Kering Dan Basah 12v

Membersihkan bagian dalam mobil nggak hanya butuh sikat dan sapu pembersih saja. Penghisap debu juga diperlukan untuk menjangkau sudut ruangan yang sempit. Misalnya dengan menggunakan Coido Alat Penghisap Debu Mobil Kering dan Basah yang bisa bekerja secara efektif untuk membersihkan area kering maupun basah. Dilengkapi dengan mini vacuum cleaner, alat ini dapat digunakan untuk membersihkan jok kursi, dashboard, dan karpet dari kotoran dan debu.

Sudah punya 5 produk wajib beli buat merawat mobil kesayanganmu? Kalau belum, segera kunjungi website Ruparupa saja. Setiap harinya, Ruparupa menawarkan berbagai promo menarik yang bisa bikin belanja makin irit. Misalnya saja diskon besar, flash sale, hingga promo cicilan 0% bagi yang bertransaksi dengan kartu kredit.

Kamu juga bisa menikmati bebas biaya kirim dengan transaksi minimal Rp 300 ribu, khusus yang berdomisili di Jabodetabek. Nikmati juga layanan STOPS (Store Pick Up Service), di mana pembeli bisa mengambil sendiri barang yang sudah dipesan di toko-toko yang ditunjuk. Jadi, nggak perlu nunggu terlalu lama barang sampai di rumah kamu deh!

Dengan cara merawat mobil dan maintenance mobil yang tepat, mobil kesayangan bisa lebih awet untuk menemani kegiatan sehari-hari kamu. Happy shopping, Sahabat Dream!

Beri Komentar