Maaf Bosque, PCX Listrik Sementara Cuma Bisa Disewa Rp2 Juta/Bulan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 31 Januari 2019 16:39
Maaf Bosque, PCX Listrik Sementara Cuma Bisa Disewa Rp2 Juta/Bulan
Sudah resmi diperkenalkan di Indonesia. Tapi belum bisa dibeli. Kenapa?

Dream - Honda PCX Electric resmi meluncur di pasar Indonesia. Tapi skuter yang 100 persen menggunakan sumber tenaga dari baterai listrik lithium ion ini, sementara tidak dijual langsung ke konsumen.

PT Astra Honda Motor (AHM) hanya akan menyewakan ke konsumennya dari kalangan perusahaan dengan skema business to business (b to b)

Marketing Director AHM, Thomas Wijaya, mengatakan skema awal yang diberikan penyewaan menggunakan skema business to business (b to b) kepada perusahaan. AHM akan membuka kesempatan bagi perusahaan, baik swasta maupun pemerintah, yang tertarik untuk menggunakan PCX Electric.

" Untuk biaya sewa, menurut perhitungan kami, maksimal Rp2 juta per bulan," kata Thomas di peluncuran Honda PCX Electric di Jakarta, Kamis 31 Januari 2019. 

Thomas menuturkan dalam skema bisnis, tenor sewa motornya berkisar 2-3 tahun.

" Cukup panjang," imbuhnya.

Dengan periode sewa yang cukup panjang, diharapkan ada evaluasi dari konsumen, seperti kecepatan dan keawetan sepeda motor.

" Karena mesin dan teknologi baru, penggunaan konsumen menjadi studi bagi kami," ujar dia.

Saat ini AHM mempersiapkan 5 lokasi swap dan 5 after sales. Sekadar informasi, swap merupakan salah satu cara mengisi baterai motor, menggantinya dua baterai kosong dengan yang yang baru. Semuanya itu baru ada di Jakarta.

1 dari 1 halaman

Alasan Kenapa Belum Bisa Dibeli

Marketing Director AHM, Shigeto Kimura, menjelaskan soal alasan memilih penerapan sistem sewa untuk motor listrik. " Konsep sewa ini memang digulirkan Honda Motor secara menyeluruh," kata Kimura.

 PCX Electric© (Foto: Dream.co.id/Arie D Budiawati)

Dia mengatakan ada dua alasan produsen otomotif asal Negeri Sakura ini menggunakan sistem sewa.

" Yang pertama, masalah cost. Kami tidak mau membebani konsumen," ujar Kimura.

Selanjutnya, adalah masalah lingkungan. Dengan sistem sewa, Honda bisa mudah mengelola baterai lithium ion. Sekadar informasi, Honda menggunakan baterai lithium ion untuk PCX Electric.

" Kami akan lebih mudah mengumpulkan kembali agar tidak dampak negatif kepada lingkungan dan tetap ramah lingkungan," kata dia.

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'