Belum Setahun Mengaspal, Mitsubishi Laporkan Gangguan Sistem AVM Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 22 Oktober 2021 16:34
Belum Setahun Mengaspal, Mitsubishi Laporkan Gangguan Sistem AVM Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition
Komponen ini bisa membuat mesin mobil tiba-tiba berhenti. MMKI telah mengajukan permohonan recall untuk unit Xpander yang baru diproduksi tahun 2021 ini

Dream – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi menarik Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition. Pihak Mitsubishi mengaku menemukan masalah dalam pemasangan Around View Monitor (AVM) dari model baru kendaraan yang baru diproduksi ini.

“ Ya. MMKSI telah mensubmit laporan recall produk ke Kementerian Transportasi RI, serta telah menginformasikan dan mengundang seluruh konsumen dengan mobil terlibat untuk berpartisipasi pada aktivitas ini,” kata Presiden Direktur MMKSI, Naoya Nakamura, di Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Jumat 22 Oktober 2021.

Pemasangan around view monitor (AVM) dilaporkan berpotensi menimbulkan masalah di sistem lampu sein dan lampu hazard Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition. Temuan ini diperoleh setelah dilakukan investigasi oleh Mitsubishi Motor Company.

Gangguan AVM berakibat pada gangguan pada jalur komunikasi dan informasi antar ECU kendaraan. Ditemukan juga potensi mesin berhenti bekerja ketika sedang dikendarai.

“ Namun, secara aktual, tidak ada kasus yang telah dilaporkan terkait hal ini," ujar Nakamura seraya mengatakan pihak bengkel nantinya akan melepas komponen AVM yang terpasang di mobil yang diperbaiki.

 

1 dari 5 halaman

Berlaku di Semua Diler dan Bengkel Resmi Mitsubishi di Indonesia

Dia optimistis pelanggannya bisa memahami keputusan recall tersebut. Dikatakan bahwa penarikan produk merupakan cara yang tepat untuk memastikan mobil layak jalan.

“ Sehingga mereka terlindungi dari masalah yang tidak terduga,” tambah Nakamura.

Perusahaan memastikan konsumen dengan unit terlibat telah menerima undangan resmi dari PT MMKSI dan diharapkan tidak ragu untuk berpartisipasi pada aktivitas in. Program recall ini sendiri, telah diselenggarakan sejak 4 Oktober 2021 di seluruh diler dan bengkel resmi Mitsubishi Motors di Indonesia.

(Sumber: Liputan6.com/Arief Aszhari)

2 dari 5 halaman

Mitsubishi Xpander Bukan Sekadar Kompetitor Mobil Sejuta Umat

Dream – Empat tahun yang lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKSI) merilis Mitsubishi Xpander. Sejak diluncurkan, mobil Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) ini meraih banyak pencapaian.

Saat debut di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, mobil ini langsung menyita perhatian publik. Selain membukukan ribuan surat pemesanan kendaraan (SPK), kendaraan itu jadi paling favorit pilihan pengunjung GIIAS 2017.

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition: Buas, Bikin Eargasm!© MEN

Setelah 1,5 tahun debut, mobil ini mengantongi penjualan 100 ribu unit tercepat di kelas LMPV.

Menurut Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Michimasa Kono, itu menjadi pemecahan rekor dalam 18 bulan, sudah mencapai penjualan 100 ribu unit untuk mobil LMPV di Indonesia.

Hingga Juli 2021, penjualan Xpander akan mendekati angka 200 ribu unit. Hingga saat ini, Xpander dan Xpander Cross jadi kontributor utama penjualan Mitsubishi Indonesia.

Memasuki semester II 2021, Xpander juga masih menyandang gelar kendaraan MPV 1.500 cc terlaris di Indonesia dengan pangsa pasar mencapai 37 persen, mengungguli mobil berjuluk sejuta umat Avanza (Veloz)-Xenia.

3 dari 5 halaman

Sederet Keunggulan Mitsubishi Xpander

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh mobil ini. Misalnya, kabin yang luas dan senyap, ground clearance yang tinggi, serta ruang penyimpanan yang banyak.

“ Mitsubishi Xpander, model Small MPV pilihan keluarga Indonesia yang hadir dengan berbagai keunggulan akan menjadi pilihan yang paling tepat untuk menemani keluarga dalam mempersiapkan Adventure senyaman di rumah,” kata Presiden MMKSI, Naoya Nakamura, belum lama ini.

Mitsubishi Xpander© shutterstock.com

Sekadar informasi, Mitsubishi Xpander menggendong mesin 1,5 liter DOHC. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga hingga 103 hp dan torsi 141 Nm.

Mitsubishi menyematkan fitur keselamatan seperti ABS, EBD, dan BA. Ada juga dual SRS airbag dan seat belt 3 point yang melindungi pengemudi dan penumpang.

Tak hanya itu, ada juga fitur hill start assist, pedestrian protection, hingga reinforced impact safety evolution, serta sensor parkir dan immobilizer.

4 dari 5 halaman

Harga Jual Kembalinya Tinggi!

Bukti lain Xpander sebagai kendaraan keluarga favorit juga terlihat dari harga jual kembali yang relatif tinggi dan stabil. Di pasaran mobil bekas, Xpander keluaran 2017 punya harga kisaran Rp170 jutaan dengan kondisi yang masih bagus dan mulus.

Mitsubishi Xpander© shutterstock.com

Mengacu pada riset internal PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyebutkan harga Xpander bekas perakitan 2018 dan 2017 turun masing-masing 17,1-20,3%, sedangkan keluaran 2019 sebesar 14,8%, lebih rendah dibandingkan kompetitor di segmen yang sama dengan umur satu tahun.

 

5 dari 5 halaman

Purna Jualnya Totalitas!

Harga jual tinggi Xpander tidak lepas dari totalitas layanan purna jual yang ditawarkan MMKSI. Mereka sangat gencar mengedukasi konsumen merawat kendaraannya di bengkel resmi. Dengan begitu, Xpander seken yang beredar di pasaran masih berkualitas karena perawatan yang tersertifikasi.

Mitsubishi juga memberikan layanan servis Smart Package, berupa servis rutin yang tidak memakan biaya. Menariknya, paket servis tersebut juga tidak akan hilang meskipun unit Xpander tersebut dijual atau telah pindah ke tangan kedua.

Fitur dan Desain Mitsubishi Xpander Cross© DREAM.CO.ID

 

" Paket service Smart Package Mitsubishi diakses berdasarkan nomor mesin mobil bukan nama dari pemilik mobil." ujar General Manager After Sales PT MMKSI, Boediarto.

Ia menambahkan untuk menjaga resale value (harga jual kembali) kendaraan, kuncinya terletak pada kualitas produk dan ketersediaan layanan purna jual. Demi memastikan fungsi dari tiap komponen yang ada dikendaraan bekerja secara normal, dibutuhkan pengecekan rutin melalui perawatan berkala di bengkel resmi.

Beri Komentar