4 Bahan Alami yang Dapat Redakan Alergi

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 13 Maret 2020 15:12
4 Bahan Alami yang Dapat Redakan Alergi
Bahan-bahannya mudah didapatkan.

Dream - Pemilik kulit sensitif perlu memerhatikan kulitnya lebih jeli. Terutama setelah memakai produk makeup atau bahan kimia lainnya pada wajah yang bisa menyebabkan masalah kulit mauoun alergi.

Gejala alergi paling umum adalah timbul kemerahan, pembengkakan, jerawat, pengelupasan dan kering. Kamu bisa berkonsultasi ke dokter untuk mengatasinya.

 ilustrasi jerawat© shutterstock.com

Tapi, mungkin kamu akan diberikan obat yang mengandung bahan kimia dan memiliki efek samping.

Sebagai alternatifnya, berikut bahan alami untuk mengatasi alergi yang dilansir dari The Health Site

1 dari 5 halaman

Oatmeal

Oatmeal mengandung antioksidan dan anti inflamasi. Kamu bisa memakainya saat ingin berendam dan pastikan tercampur sempurna dengan air.

Jika ingin membuat masker wajah, tambahkan sedikit air pada oatmeal powder hingga mengental. Aplikasikan pada wajah dan tunggu 30 menit. Lalu, bilas dengan air dan aplikasikan pelembap.

 ilustrasi oatmeal© shutterstock.com

Baking Soda

Bahan dapur ini akan mengembalikan keseimbangan pH kulit. Baking soda juga mengandung bahan yang bersifat anti inflamasi sehingga bisa meredakan ruam dan gatal.

Campur baking soda dengan air hingga mengental dan aplikasikan pada wajah selama 15 menit. Bersihkan wajah dan aplikasikan pelembap.

2 dari 5 halaman

Aloe Vera

Getah lidah buaya dapat meredakan gatal. Ambil getah lidah buaya dan aplikasikan pada kulit yang gatal. Bersihkan wajah setelah setengah jam agar kulit terasa kenyal dan lembut.

 ilustrasi aloe vera© shutterstock.com

Neem

Ini sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit. Taoi, bahan ini cukup keras. Jika memiliki kulit sensitif, lakukan patch test terlebih dulu. Atau tambahkan beberapa daun saat mandi. Biarkan daunnya terendam selama 2 jam dan pakailah airnya untuk mandi.

3 dari 5 halaman

Pentingnya Membersihkan Wajah di Malam Hari

Dream - Banyak orang merasa malas membersihkan wajah di malam hari. Maklum, aktivitas yang padat sepanjang hari membuat badan capek. Rasanya langsung ingin mengenakan piama dan tidur.

Tapi mulai sekarang, buang rasa malas itu. Sebab, membersihkan kulit, terutama pada bagian wajah, sangat penting untuk kesehatan. Tidak membersihkan wajah sebelum tidur malam hari bahaya!

Seharian kulit terpapar banyak hal, mulai sinar matahari sampai polusi yang mengandung zat-zat berbahaya. Sehingga perlu dirawat maksimal.

Dilansir oleh Boldsky, berikut alasan mengapa harus membersihkan wajah di malam hari.

Membersihkan Pori-pori

Wajahmu memproduksi kulit mati yang bisa menumpuk dan menyumbat pori-pori serta menyebabkan jerawat atau komedo.

Maka dari itu, bersihkan wajah dan lakukan eksfoliasi setiap minggu agar wajah tetap sehat dan cerah.

  ilustrasi bersihkan wajah© shutterstock.com

Mencegah Jerawat

Pori-pori yang tersumbat dan penumpukan bakteri merupakan penyebab utama jerawat. Membersihkan wajah dapat membersihkan pori-pori dan menghilangkan bakteri.

Tidak membersihkan makeup di malam hari juga bisa menyebabkan masalah kulit seperti komedo serta noda hitam.

4 dari 5 halaman

Menjaga Kesehatan Bulu Mata

Sadarkah ketika membersihkan maskara di pagi hari, bulu matamu rontok? Maskara yang didiamkan semalaman mengeras dan menyebabkan bulu mata rontok.

Eyeliner yang digunakan terlalu dekat dengan mata juga mengandung bahan kimia. Ini akan berbahaya jika didiamkan terlalu lama dan bisa mengiritasi dan menginfeksi mata.

  ilustrasi bulu mata© shutterstock.com

Menunda Peremajaan Kulit

Tidur di malam hari memiliki banyak manfaat bagi kulit. Kulit mengalami proses peremajaan di malam hari saat tidur. Kulit memproduksi sel kulit mati di malam hari.

Oleh karena itu, kulit terasa nyaman setelah tidur selama 6 atau 8 jam. Tapi jika tidak membersihkan wajah sebelum tidur, kulit tidak akan mengalami peremajaan.

Mempersiapkan Kulit Sebelum Menutrisi dengan Skincare Lainnya

Skincare khusus yang dipakai malam hari tersebar di pasaran dan telah menjadi tren sejak lama. Produk ini memaksimalkan peremajaan kulit di malam hari.

Tapi, kamu tidak bisa memakainya pada wajah yang kotor. Produk skincare tidak akan terserap pada wajah yang kotor. Oleh karena itu, bersihkan wajah dan biarkan hingga kering sebelum memakai skincare.

5 dari 5 halaman

Mencegah Kekusaman

Kulit terpapar debu, kotoran dan polusi sepanjang hari. Ini bisa menyebabkan masalah kulit dan makeup dapat memperparah kondisinya.

Lama kelamaan, ini dapat membuat kulitmu kusam dan lelah. Maka dari itu, bersihkan wajah dari makeup dan kotoran agar kulitmu bersih, sehat serta cerah.

  Ilustrasi wanita cantik© shutterstock

Beri Komentar