4 Manfaat Menggunakan Susu Sebagai Skincare

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 18 September 2019 10:12
4 Manfaat Menggunakan Susu Sebagai Skincare
Apa saja itu?

Dream - Kalsium dan protein dalam susu sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya itu, dua kandungan tersebut juga bisa bermanfaat untuk kulit.

Kulit yang kasar dan kusam bisa lebih cerah jika dirawat dengan susu. Hal ini mengingat, susu mengandung zat yang bisa menghaluskan dan mencerahkan.

Sahabat Dream hanya perlu memakaikan susu pada kulit untuk mencegah penuaan dan menutrisi kulit. Dilansir dari Times of India, berikut manfaat susu untuk kulit.

 shutterstock

1 dari 6 halaman

1. Membersihkan Wajah

Menggunakan susu sebagai pembersih wajah memiliki banyak manfaat. Susu dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Pijat kulit dengan 1 sendok makan susu dan bersihkan menggunakan tisu basah.

2. Melawan Tanda Penuaan

Susu mengandung asam laktat yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Ini membantu untuk memperbarui produksi kolagen yang membuat kulit tetap kencang. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, gunakan susu murni untuk membuat masker wajah.

 shutterstock

2 dari 6 halaman

3. Menenangkan Kulit yang Terbakar

Jika kulit terbakar akibat sinar matahari, susu bisa memulihkannya. Kaya akan antioksidan, susu dapat membantu menenangkan peradangan sekaligus melembapkan kulit.

4. Pelembap

Susu murni bisa menjadi pelembap yang bagus untuk kulit karena mengandung asam laktat. Gunakan susu dingin dan celupkan kapas. Lalu terapkan pada kulit selama 10 menit sebelum dicuci. (mut)

 shutterstock

3 dari 6 halaman

Tips Beli Makeup Bekas yang Lebih Aman dan Bebas Masalah

Dream - Menjual barang bekas atau seken lewat platform e-Commerce sudah jadi hal lumrah saat ini. Bahkan, beberapa barang ternama bekas yang dijual selalu jadi buruan bagi sebagian orang.

Kit amungkin sudah terbiasa melihat gadget atau kendaraan bekas yang dijual secara onine. Namun beberapa tahun belakangan ini muncul tren menjual makeup second atau bekas.

Menurut Business of Fashion yang dilansir Elle.com, permintaan makeup second ini sangat besar, terutama di kalangan millenials Jepang.

Di Amerika Serikat bahkan sudah muncul komunitas yang melakukan transaksi jual beli makeup branded bekas dengan harga yang cukup terjangkau.

4 dari 6 halaman

Punya Syarat dan Ketentuan Tersendiri

Beberapa toko online yang khusus menjual makeup bekas ini di antaranya yang terkenal adalah Glambot, Poshmark dan MUABS. Meskipun menjual produk bekas pakai, toko online ini memiliki ketentuan yang sangat ketat ketika anggotanya ingin menjual makeup second.

Glambot memberlakukan syarat produk yang dijual tidak kedaluwarsa dan isinya masih tersisa 50 persen. Ketentuan lebih ketat dibuat Poshmark. Si penjual hanya boleh menjual makeup bekas minimal baru sekali atau dua kali pemakaian.


  shutterstock

Saling Menguntungkan

Bagi sebagian orang, memakai makeup bekas mungkin terdengar jorok atau tidak higienis. Namun tidak demikian dengan mereka yang menginginkan makeup branded yang berharga mahal.

Membeli makeup second merupakan jalan pintas untuk memiliki sekaligus memakai produk kosmetik dari merek terkenal.

" Barang bekas berarti ada orang yang memiliki barang tersebut sebelum pemilik kedua. Lagipula, barang bekas bukan berarti sudah digunakan sebelumnya," kata Doris Day, MD, profesor dermatologi klinis di NYU Langone.

Logikanya adalah kamu mungkin punya makeup mahal yang tidak pernah kamu pakai karena tidak cocok atau kamu tidak suka.

Daripada menganggur hingga akhirnya kedaluwarsa dan kamu terpaksa membuangnya sia-sia, kamu bisa menjualnya secara online.

Selain membantu pengguna lain ketika ingin punya makeup mahal, kamu juga bisa mendapatkan uang yang cukup lumayan. Uang hasil penjualan makeup bekas tersebut bisa digunakan untuk membeli yang baru seperti yang kamu inginkan.

5 dari 6 halaman

Bahaya Memakai Makeup Second

Meski terlihat menguntungkan, pembeli dianjurkan untuk waspada dengan makeup seken yang akan dibeli. " Kamu perlu mengetahui kualitas produk yang dibeli dan kualitas sumbernya yang bisa dipercaya," ujar Doris Day.

Bahaya memakai makeup bekas adalah tertular infeksi bakteri dan virus yang bisa menyebabkan masalah kulit serius.

Beberapa infeksi tersebut di antaranya adalah folliculitis (infeksi pada folikel rambut), impetigo (infeksi kulit) dan pertumbuhan jamur yang berlebih (infeksi jamur).

Selain itu, konjungtivitis atau peradangan pada mata juga bisa disebabkan oleh makeup mata seperti maskara, eyeliner dan bulu mata palsu yang terkontaminasi bakteri maupun virus.

  shutterstock

Kamu bisa juga terinfeksi virus herpes dari lip gloss, lipstik atau lip liner. Virus herpes dapat bertahan hidup pada benda mati yang kering permukaannya hingga delapan minggu.

Melihat dampaknya, kamu tentu tidak mau mengambil risiko membeli makeup second secara sembarangan.

" Ketika membeli produk baru dari toko, kamu tahu produk tersebut masih bersih dan tidak terkontaminasi. Tetapi jika membeli yang bekas, kamu benar-benar tidak tahu apa yang didapatkan. Belum lagi, kecenderungan penjual yang tidak jujur yang mungkin mencoba mengemas ulang suatu produk dan menjualnya sebagai barang baru,” tutur Joshua Zeichner, MD, Ketua Peneliti Kosmetik dan Dermatologi Klinis di Rumah Sakit Mount Sinai, New York City.

6 dari 6 halaman

Tips Membeli Makeup Bekas yang Aman

Dr Zeichner tidak menganjurkan untuk membeli makeup bekas. Namun jika terpaksa membelinya, Dr Zeichner menyarankan untuk membeli makeup second berbentuk powder.

Selain powder, produk yang lebih aman lainnya biasanya berupa makeup dalam botol dengan pompa atau tabung dengan lubang kecil di penutupnya.

  shutterstock

" Produk seperti primer atau foundation lebih aman karena meminimalkan potensi terjadinya kontaminasi," pungkas Dr Zeichner.

Jauhi produk makeup yang dibungkus dengan botol terbuka dan krim. Dan jangan pernah membeli maskara, eyeliner dan lip gloss (begitu aplikatornya terinfeksi, maka seluruh isinya terkontaminasi)

Tips lainnya adalah selalu memotong ujung lipstik dan menyemprotkan alkohol untuk membersihkan makeup berbentuk powder.

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie