Benarkah Perhiasan dengan Karat Rendah Bisa Sebabkan Alergi?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 18 Oktober 2021 11:12
Benarkah Perhiasan dengan Karat Rendah Bisa Sebabkan Alergi?
Cek faktanya.

Dream - Tidak hanya produk kosmetik, kulit juga bisa mengalami iritasi akibat benda tertentu seperti perhiasan. Sebagian orang menganggap bahwa alergi atau iritasi kulit saat memakai perhiasan disebabkan oleh kualitas maupun jumlah karatnya yang rendah. Benarkah?

Dilansir dari Byrdie, dermatologis asal New York, Orit Markowitz mengungkapkan bahwa kualitas atau jumlah karat pada perhiasan tidak menentukan reaksi kulit.

“ Jika kulit bereaksi terhadap perhiasan, berarti kulit tersebut alergi atau mudah teriritasi oleh jenis perhiasan tertentu yang dapat menyebabkan dermatitis kontak," ungkapnya.

Dengan kata lain, kamu perlu mencari tahu jenis logam apa yang bisa memicu alergi atau iritasi kulit agar bisa menghindarinya. Pertama-tama, kenali dulu gejala kulit sensitif atau iritasi.

1 dari 6 halaman

Mengalami iritasi akibat memakai perhiasan

Mengalami Iritasi Kulit© Shutterstock

Umumnya, kulit sensitif dan iritasi akan mengalami kemerahan, pengelupasan, maserasi atau kondisi kulit basah, serta munculnya benjolan yang terasa gatal.

Menurutnya, jenis logam yang kerap menyebabkan reaksi kulit adalah nikel atau kobalt. Keduanya sering ditemukan dalam perhiasan perak daripada emas murni atau platinum.

Jika Sahabat Dream cenderung bereaksi terhadap logam tertentu, cobalah untuk menjauhinya. Misalnya, jika kulit bereaksi terhadap nikel, cobalah untuk menghindari perak dan gunakan emas putih.

© Dream
2 dari 6 halaman

Jangan menumpuk perhiasan ketika memiliki kulit sensitif

Memakai Perhiasan© Shutterstock

“ Banyaknya jumlah, lapisan, maupun ukuran perhiasan cenderung menciptakan kelembapan di bawah kulit. Kulit yang lembap dan terkena perhiasan dapat menyebabkan elemen kecil dari perhiasan meresap ke dalam kulit dan menimbulkan reaksi. Bahkan paparan terkecil pun akan menghasilkan reaksi yang signifikan,” ungkap Markowitz.

Jika ingin menggunakan perhiasan yang terlihat mewah dan tidak menyebabkan alergi dengan harga terjangkau, kamu bisa memilih perhiasan berlapis emas.

 

3 dari 6 halaman

“ Tapi hati-hati ketika perhiasannya berkarat. Seseorang dapat mengalami reaksi kulit tertentu akibat bersentuhan dengan lapisan dalam perhiasan. Jadi, ini bukan solusi ideal untuk pasien yang tahu bahwa mereka tidak dapat memakai jenis perhiasan tertentu untuk melapisinya dengan emas," kata Markowitz.

Ia juga menjelaskan bahwa tidak ada perhiasan yang bersifat hipoalergenik karena kulit setiap orang dapat menimbulkan reaksi berbeda terhadap setiap jenis logam.

Ketika mengalami reaksi tertentu saat memakai perhiasan, kamu bisa menggunakan salep hidrokortison dengan konsentrasi 1%. Markowitz menyarankan untuk menghindari krim. Terutama, jika kulit dalam kondisi basah atau maserasi, maupun mengalami perubahan tekstur. Bahan pengawet dalam krim dapat memperparah kondisi kulit.

Laporan : Syifa Putri Naomi

© Dream
4 dari 6 halaman

Perhatikan Hal Ini Saat Membeli Perhiasan Mewah

Dream - Bagi sebagian kaum Hawa, memakai perhiasan menjadi hal yang tidak bisa ditinggalkan. Anting, gelang, kalung, hingga cincin, kerap menjadi penunjang penampilan.

Selain menunjang penampilan, perhiasan juga menjadi simbol berharga bagi perayaan kehidupan, salah satunya cincin pernikahan.

Mengingat perhiasan yang digunakan menempel pada kulit dalam waktu yang lama, jadi seharusnya lebih bijak dalam memilih. Jika bahan perhiasan yang dipilih tidak berkualitas dan mudah berkarat akan menimbulkan efek buruk pada kulit seperti kemerahan, gatal-gatal hingga alergi.

Saat memilih perhiasan ada baiknya menggunakan bahan-bahan yang baik seperti emas atau berlian yang pasti aman untuk kulit. Selain itu, perhatikan juga kualitas estetika pada perhiasan.

Lino© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Dalam memilih perhiasan atau berlian berkualitas tinggi perlu diperhatikan sisi warna, pastikan warna berlian jernih sesuai skala warna berlian sesuai standar Gemological Institute of America (GIA) dilihat dari kode D hingga Z,” Leticia Paramita, Head of Education Institute Gemology Paramita, pada acara virtual Lino & Son.

Leticia menambahkan bahwa D masuk dalam tingkat warna tertinggi, sedangkan Z memiliki tingkat warna berlian terendah.

5 dari 6 halaman

Carat & Clarity

Selain warna, karat (carat) dan kejernihan (clarity) menjadi hal yang harus diperhatikan.

Lino and Son© Lino and Son

“ Semakin besar ukuran berlian, semakin tinggi karatnya, dan nilainya juga semakin tinggi,” jelas Leticia.

Karat bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan harga sebuah berlian dan emas.

" Selanjutnya cek juga tingkat kejernihannya, apakah ada kecacatan berupa titik, goresan, atau bentuk seperti gelembung air." tambah Leticia.

© Dream
6 dari 6 halaman

Cut & Certificate

Potongan ternyata sangat mempengaruhi kilau dan cahaya dari perhiasaan. Jika dipotong dengan halus, maka kilauannya akan lebih terlihat.

Lino and Son© Lino and Son

“ Potongan yang sangat penting dalam menentukan bagaimana batu berlian tersebut memantulkan cahaya sehingga menghasilkan kecemerlangan tertentu,” jelas Leticia.

Selain itu jangan abaikan soal setifikat, karena ini menjadi bukti dari keaslian perhiasan yang Sahabat Dream miliki.

“ Sertifikat bisa menjadi jaminan bahwa berlian yang dibeli berasal dari sumber terpercaya,” tambah Leticia.

Beri Komentar