Cukupkah Membersihkan Wajah dan Tabir Surya dengan Air?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 13 Januari 2022 06:36
Cukupkah Membersihkan Wajah dan Tabir Surya dengan Air?
Ini faktanya.

Dream - Tinggal di negara tropis mengharuskan kita untuk selalu menggunakan tabir surya dari pagi hingga sore hari. Bahkan, kita tetap harus menggunakannya ketika mendung atau hujan.

Jika tidak, kulitmu akan mengalami dampak bahaya dari paparan sinar matahari, seperti munculnya flek hitam, hiperpigmentasi, bahkan kanker kulit.

Oleh karena itu, kamu juga harus menjaga perlindungan tabir surya dengan mengaplikasikannya setiap minimal 2-3 jam agar tetap optimal. Meski pemakaian produk tersebut bermanfaat, kamu juga harus memperhatikan cara membersihkan tabir surya agar lebih efektif.

Dikutip dari unggahan akun Instagram Dermatologis, Claudia Christin, membersihkan tabir surya dengan air saja tidak akan cukup. Hal ini berlaku ketika kamu menggunakan chemical atau mineral sunscreen.

1 dari 4 halaman

Dalam unggahan tersebut, terlihat Claudia mengaplikasikan mineral sunscreen di bagian kanan wajah dan chemical sunscreen di bagian kiri wajah.

" Aku membersihkan wajah dengan air sebanyak 3 kali setelah menggunakan tabir surya selama 3 jam," tuturnya dalam video tersebut.

Membersihkan Tabir Surya dengan Air© Instagram @funskincare

2 dari 4 halaman

Ketika menunjukkan penampilan wajahnya setelah dibersihkan menggunakan kamera ultraviolet, terlihat bahwa tabir surya yang digunakan tetap menempel di seluruh wajah.

Membersihkan Tabir Surya dengan Air© Instagram @funskincare

" Sulit untuk membersihkan tabir surya hanya dengan air. Tapi, tetap gunakan kembali tabir surya untuk mengoptimalkan perlindungannya ketika beraktivitas," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya, ia pun membersihkan seluruh wajah dengan micellar water dan kapas. Wajahnya terlihat lebih bersih dan bebas dari tabir surya.

Membersihkan Tabir Surya dengan Micellar Water© Instagram @funskincare

Jadi jika ingin membersihkan wajah setelah menggunakan tabir surya sepanjang hari, lakukanlah double cleansing menggunakan cleansing atau micellar water dan facial wash.

Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan kembali tabir surya setelah 2-3 jam pemakaian untuk mengoptimalkan perlindungannya.

Laporan: Abinsha Nurmaulida Rizky

4 dari 4 halaman
Beri Komentar