Kolagen, Rahasia Awet Muda Wanita Asia

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Kamis, 16 Mei 2019 10:20
Kolagen, Rahasia Awet Muda Wanita Asia
Apa sih, manfaat kolagen?

Dream - Istilah kolagen mungkin sudah tidak asing di telinga wanita. Komponen ini sering digembor-gemborkan di berbagai produk kecantikan.

Namun sebenarnya, apa sih manfaat kolagen?

Kolagen merupakan jenis protein bertekstur serat yang menjadi fondasi utama dari kulit, tulang dan ligamen tubuh. Sifatnya sangat elastis sehingga bertindak sebagai lem penyambung anggota tubuh.

Kulit yang baik ditandai dengan kadar kolagen yang tinggi. Akan tetapi, kolagen akan berkurang seiring dengan penambahan usia dan gaya hidup.

" Kolagen dapat memicu proses regenerasi kulit sehingga terlihat awet muda. Namun produksi kolagen biasanya menurun di usia 20 tahun. Harus kita intake lagi agar tetap awet muda," kata Aprianti Virna, Brand Manager Astalift Indonesia di acara Dream Iftar Ramadan Office to Office, Jakarta, Rabu 15 Mei 2019.

 Cari Tahu Masalah Umum Kulit Berdasarkan Usia

Kolagen bisa didapat dari konsumsi makanan seperti ikan, kedelai, sayuran hijau gelap, kaldu tulang dan vitamin C. Tak sedikit pula yang mencari asupan kolagen lewat minuman serbuk.

" Collagen drink sangat populer di Jepang, Cina, Korea, Vietnam sampai Hong Kong. Dapat dipakai sebagai booster kolagen dan memang benar-benar memberi efek awet muda," ujarnya.

 Kolagen

Efek awet muda biasanya ditandai dengan berkurangnya garis halus pada wajah. Selain itu, kolagen juga dapat merangsang pertumbuhan rambut, kuku serta mempercepat pemulihan luka.

" Biasanya collagen drink diminum satu kali sehari. Cari yang bahan bakunya terbuat dari ikan laut seperti salmon yang kaya akan omega 3," imbuhnya. (ism) 

 

1 dari 3 halaman

Kuah Kolagen Nikmat Bikin Kulit Awet Muda

Dream Manfaat kolagen bagi kulit sudah tidak diragukan lagi. Bisa mempertahankan kekenyalan dan kelembapan kulit, sehingga terlihat awet muda.

 Kuah Kolagen Nikmat Bikin Kulit Awet Muda

Banyak produk kosmetik yang dijual dengan kandungan kolagen dan harganya pun tidak murah.

Tapi tahukan kamu jika kolagen tak selamanya hanya diperoleh dari produk kosmetik. Kolagen ternyata terkandung dalam sup ayam hangat.

Seperti menu di Shabu Shabu House, yaitu Collagen Chicken Nabe. Menu ini diklaim mampu mencegah penuaan, memperkuat tulang dan sendi. Kolagen juga bisa melindungi kesehatan organ tubuh.

Kandungan kolagen dalam sup tersebut bisa didapatkan dari ayam yang direbus berjam-jam.

" Sup ini dibuat dari satu badan ayam kampung beserta tulangnya yang direbus selama 8 jam. Kuahnya akan mengental dan menggumpal jika tidak dipanaskan. Gumpalannya itulah yang membuktikan adanya kolagen," ujar Naomi Juniarta, Marketing Communication PT. Shabu Shabu House di Plaza Indonesia, JakartaPusat, beberapa waktu lalu

Sup kolagen merupakan menu terkenal di Asia dan kerap dijadikan obat tradisional untuk meredakan pegal-pegal.

Tekstur kuah kaldu ayamnya terasa sedikit kental dan kaya akan rasa. Semakin lama didiamkan, kuahnya akan menggumpal. Bahkan gumpalannya bisa dicetak berbentuk bunga teratai.

" Tekstur gumpalannya seperti agar-agar. Kuahnya akan menggumpal ketika tidak dipanaskan selama 1 jam," ungkap Naomi.

2 dari 3 halaman

Kuah Kolagen Lebih Nikmat


Selain daging ayam, sup kolagen juga bisa ditambah dengan sayur-sayuran dan bumbu seperti lada maupun potongan cabai. Sangat pas jika diolah menjadi sajian Shabu Shabu. Agar lebih nikmat coba ikuti langkah ini.

  shabu shabu

" Biasanya, kita akan memasukkan semua daging supaya matang duluan. Sebenarnya, yang harus dimasukkan lebih dulu adalah satu tulang ayam untuk penambah kaldu," ucap Naomi.

Setelah memasukkan penambah kaldu, tambahkan sayur ke dalam sup. Urutan memasukkan sayur harus diperhatikan.

Pertama, masukkan jamur. Lalu, sayuran keras seperti wortel, jagung dan daun bawang. Setelah itu, masukkan sayuran hijau bertekstur lembek.

3 dari 3 halaman

Daging Dimasukkan Terakhir


Daging ayam atau sapi menjadi yang terakhir dimasukkan ke dalam sup. Jangan lupa memasak daging hingga cukup matang sebelum dimasukkan ke dalam sup. Lalu masukkan mi udon.

" Yang sering dilakukan adalah kita memasukkan udon ketika masih memasak sup. Padahal, udonnya sudah matang. Kalau direbus terlalu lama, malah lembek dan hancur. Sebaiknya, dimasak sebentar supaya hangat dan tidak hancur," pesan Naomi.

Sup kolagen biasa dimasak selama 10 menit dengan api sedang. Seporsi Collagen Chicken Nabe ini dibanderol Rp258.000 dan bisa disantap berdua

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal