Kulit Sekitar Bibir Kering hingga Mengelupas, Bisa Jadi Pertanda Alergi

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 25 Januari 2023 09:48
Kulit Sekitar Bibir Kering hingga Mengelupas, Bisa Jadi Pertanda Alergi
Rasanya sangat perih dan kulit jadi seperti tampak bersisik.

Dream - Kondisi kulit kering bisa terjadi kapan pun. Terutama ketika kita sedang mengalami masalah hormon, kurang merawat kulit atau memang adanya alergi yang tak kita sadari.

Salah satu yang paling menganggu ketika kulit kering adalah terjadi di sekitar bibir, seperti area pinggir bibir, pipi bawah dan dagu. TErkadang sampai mengelupas sampai memicu rasa perih.

Kulit wajah, dikutip dari KlikDokter.com, memang lebih sensitif dibandingkan kulit bagian tubuh. Karena itu, keluhan kulit kering dan mengelupas di sekitar bibir bisa terjadi ketika area ini terpapar bahan yang terlalu keras dan tidak cocok untuk kulit.

Bukan hanya karena paparan formula yang keras tapi juga karena alergi. Berikut beberapa pemicu masalah kulit kering dan mengelupas di sekitar bibir.

1. Cuaca
Kondisi cuaca tak bisa dipungkiri sangat berdampak pada kulit. Saat cuaca panas, kering, berangin, dan dingin, bisa jadi pemicu kulit area pinggir bibir jadi sangat kering. Cuaca memang dapat menghilangkan kelembapan alami dari wajah.

Selain itu, kulit di sekitar bibir kondisinya memang lebih tipis, jadi sangat rentan mengalami kulit kering. Saat kekurangan cairan, maka akan sangat mudah kering hingga mengelupas.

 

 

1 dari 7 halaman

2. Dermatitis Perioral

Menurut American Osteopathic College of Dermatology (AOCD), dermatitis perioral sering memunculkan keluhan seperti ruam merah, bersisik, dan bergelombang. Terkadang, kondisi ini disertai rasa gatal ringan atau sensasi seperti terbakar.

Kulit Kering Jangan Asal Pakai Moisturizer, Pilih yang Berbahan Kunyit© MEN

Ruam dermatitis perioral bisa menyebabkan area kulit di sekitar pinggir bibir kering. Terkadang bahkan bisa menyebar hingga ke kulit sekitar mata (dermatitis periorificial).

 

2 dari 7 halaman

3. Eksim

Eksim alias dermatitis atopik merupakan kelainan kulit yang ditandai dengan ruam kemerahan yang gatal. Penyakit eksim dapat hilang dan timbul kapan saja.
Pada bayi dan anak, penyebab eksim yang utama adalah alergi makanan. Eksim banyak diderita oleh anak dengan riwayat keluarga penderita alergi. Eksim dapat ditemukan pada lipatan siku maupun lutut anak. Pada bayi, eksim umumnya timbul di wajah, terutama pada kedua pipi dan area sekitar bibir.

4. Dermatitis Kontak Alergi
Dermatitis kontak alergi bisa menyebabkan kulit di sekitar bibir kering. Reaksi alergi ini menyebabkan ruam merah dan gatal pada kulit. Alergen (pemicu alergi) yang bisa membuat kulit di sekitar bibir kering adalah produk skin care, seperti krim atau pembersih.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

3 dari 7 halaman

3 Kunci Riasan Tahan Lama untuk Si Pemilik Kulit Kering

Dream - Riasan yang mudah hancur tidak hanya dialami oleh pemilik kulit berminyak. Kulit kering juga membuat makeup mudah hancur. Kulit harus memiliki kelembapan yang pas untuk bisa membuat riasan lebih mudah menempel dan tahan lama.

Teknik pengaplikasian makeup juga sangat berpengaruh dengan hasil serta ketahanan riasanmu. Jadi jika kulit kering, kamu harus melakukan upaya ekstra untuk membuat riasan wajah terlihat lebih flawless dan tahan lama.

Apalagi, jika kamu beraktivitas di tempat yang mampu membuat kulitmu semakin kering seperti ruangan ber-AC. Maka dari itu, perhatikan 3 hal yang diungkapkan oleh Makeup Artist (MUA) @precious_event_organizer berikut ini agar bisa membuat riasan lebih tahan lama pada kulit kering.

4 dari 7 halaman

1. Menggunakan Pelembap

Memakai Pelembap© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Upaya pertama yang dilakukan agar makeup tahan lama adalah menggunakan skincare dengan kelembapan tinggi. Tidak hanya menggunakan pelembap, kamu juga bisa memilih pembersih wajah, toner, atau serum yang melembapkan.

Jika kulitmu kering hanya di beberapa bagian, gunakanlah pelembap lebih banyak di area yang mudah mengering atau mengelupas. Kamu juga bisa menambahkan serum di area tersebut untuk mencegah makeup hancur lebih cepat.

5 dari 7 halaman

2. Menghindari Produk dengan Hasil Matte

Gunakanlah produk makeup yang mampu melembapkan. Hindari makeup dengan hasil matte agar kulitmu tidak semakin kering dan mudah hancur.

Coba 3 Teknik Makeup Ini Agar Lebih Mudah Merias Wajah© MEN

Cukup banyak pilihan makeup dengan hasil velvet yang mampu menjaga kelembapan dan tahan lebih lama. Kamu juga bisa mencampur produk makeup dengan face oil agar teksturnya lebih melembapkan.

6 dari 7 halaman

3. Menggunakan Ekstra Primer

Memakai Primer© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Jika kulitmu bertekstur, gunakan primer tambahan yang mampu membuat tekstur wajah lebih halus. Biasanya, primer yang mampu menyamarkan tekstur wajah memiliki bahan dasar silikon. Kamu juga bisa menggunakan petroleum jelly untuk menyamarkan tekstur wajah kurang merata.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More