Maksimalkan Penampilan, Ini 6 Khasiat Kunyit Putih bagi Kecantikan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Senin, 19 April 2021 15:35
Maksimalkan Penampilan, Ini 6 Khasiat Kunyit Putih bagi Kecantikan
Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik, kunyit putih bisa menjadi pilihan tepat yang aman digunakan secara rutin.

Dream – Khasiat kunyit putih bagi kesehatan sudah dikenal oleh masyarakat sejak zaman dahulu. Rempah yang juga disebut dengan nama temu putih ini bahkan telah dijadikan herbal yang ampuh untuk mengatasi beragam penyakit.

Jika dilihat secara langsung, kuyit putih memiliki warna kuning-jingga. Selain itu, dari segi bentuknya lebih pendek, memiliki cukup banyak serat, warnanya pucat, rasanya pahit, dan memunculkan aroma yang khas.

Di beberapa negara Asia Timur, seperti China dan Jepang, kunyit putih dijadikan sebagai obat tradisional yang mampu mendukung kesehatan tubuh manusia. Tidak hanya sebatas itu saja, bagi para perempun yang ingin menyempurnakan penampilannya secara aman, maka kunyit putih bisa menjadi solusi yang tepat.

Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari kandungan yang dimiliki oleh kunyit putih untuk kecantikanmu. Diantaranya terdapat curcumin, pati, dan minyak esensial yang berguna sebagai antioksidan. Antioksidan inilah yang memiliki peranan penting untuk melawan serangan radikal bebas dan menghindarkanmu dari berbagai masalah kulit wajah.

Daripada kamu makin penasaran, berikut adalah beberapa khasiat kunyit putih untuk kecantikan sebagaimana dihimpun melalui Liputan6.com.

1 dari 3 halaman

Mencegah Pigmentasi Kulit dan Mengatasi Jerawat

Ilustrasi Mengalami Masalah Jerawat© Foto. freepik

Mencegah Pigmentasi Kulit

Khasiat kunyit putih yang pertama bagi kecantikan adalah untuk mencegah terjadinya pigmentasi kulit. Terutama pigmentasi kulit yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet. Hal ini karena di dalam kunyit putih terkandung sifat antiinflamasi dan antiseptik.

Hadirnya pigmentasi ini biasanya ditandai dengan adanya bercak di wajah berwarna coklat atau keabuan dan hitam. Untuk menggunakan kunyit putih, kamu bisa mencampurnya dengan timun untuk dijadikan krim dan diaplikasikan pada kulit wajahmu. Lalu diamkan sekitar 30 menit. Gunakan secara rutin hingga pigmentasi yang kamu alami bisa benar-benar musnah.

Mengatasi Jerawat

Khasiat kunyit putih bisa kamu andalkan untuk mengatasi jerawat di wajah. Keberadaan jerawat di wajah tentu saja membuat kamu tidak nyaman dan tidak percaya diri. Oleh karena itu, kunyit putih bisa menjadi solusi yang tepat. Hal ini karena di dalamnya terkandung antioksidan.

Di mana kandungan tersebut mampu untuk mengatasi produksi minyak di wajah serta pori-pori pun bisa dibersihkan secara maksimal. Kamu hanya perlu menyediakan bubuk kunyit putih, madu atau yoghurt untuk dicampurkan sampai rata. Kemudian oleskan pada kulit wajah dan diamkan sekitar 20 menit. Lalu cuci sampai bersih.

2 dari 3 halaman

Memutihkan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

Ilustrasi Mengalami Penuaan Dini© Foto. freepik

Memutihkan Kulit

Bagi kamu yang ingin mendapatkan kulit putih, salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan adalah kunyit putih. Khasiat kunyit putih yang satu ini bisa kamu andalkan karena bahannya yang mudah didapat serta proses penggunaannya yang mudah.

Kamu hanya perlu mencampurkan bubuk kunyit putih dengan susu. Lalu oleskan secara merata dan diamkan sekitar 30 menit. Kemudian bilas sampai bersih. Jadikan hal ini sebagai rutinitas setiap 2 kali sehari, maka kulitmu bisa lebih putih dan cerah.

Mencegah Penuaan Dini

Khasiat kunyit putih juga bisa untuk mencegah penuaan dini. Terjadinya penuaan dini biasanya ditandai dengan kemunculan bintik hitam serta kerutan di wajah. Agar hal tersebut tidak terjadi, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan kunyit putih.

Hal ini karena kunyit putih memiliki kandungan vitamin serta antioksidan yang tinggi. Di mana kandungan ini tergolong efektif untuk bisa menyamarkan kerutan dan keberadaan bintik hitam di kulit wajah.

Kamu hanya perlu mencampurkan kunyit putih dengan tepung beras, tomat, dan susu. Jika sudah menjadi pasta, kamu bisa mengaplikasikannya ke wajah secara rata dan bersihkan sampai bersih. Lakukanlah secara rutin sebanyak satu kali dalam sehari.

 

3 dari 3 halaman

Menyegarkan Kulit dan Mengangkat Sel Kulit Mati

Ilustrasi Kulit Segar© Foto. freepik

Menyegarkan Kulit

Khasiat kunyit putih selanjutnya untuk kecantikan adalah bisa menyegarkan kulit. Kulit yang segar tentu saja bisa membuatmu nyaman dan lebih percaya diri untuk menjalankan berbagai aktivitas. Kamu bisa memanfaatkan kunyit putih untuk dijadikan masker wajah. Masker kunyit putih ini ampuh untuk membuat wajahmu lebih cerah dan segar.

Lalu, bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, maka bisa tetap menggunakan kunyit putih sebagai masker, tetapi tambahkanlah air mawar. Atau bisa juga dicampur dengan yogurt maupun susu.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Tekstur serta kandungan yang dimiliki oleh kunyit putih tarnyata sangat efektif untuk proses eksofiliasi. Dengan begitu, herbal yang satu ini adalah solusi yang tepat untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. Bahkan pengangkatan sel kulit mati ini tidak akan menimbulkan iritasi di kulit.

Kamu bisa membuatnya menjadi scrub alami dengan mencampurkan bubuk kunyit putih dengan tepung chickpea. Dengan begitu, kulit wajahmu bisa menjadi lebih terawat dan tampak cerah.

Itulah 6 khasiat kunyit putih untuk kecantikan kulit wajah. Bagi sahabat Dream yang ingin tampil maksimal dan lebih percaya diri, maka bisa mulai menggunakan kunyit putih secara rutin. Selamat mencoba.

 

 

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More