Manfaat Kulit Pisang untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 12 Februari 2020 13:36
Manfaat Kulit Pisang untuk Kecantikan Kulit dan Rambut
Yuk dicoba!

Dream - Anda tentu sudah tidak asing dengan buah pisang. Buah ini gampang ditemukan di Indonesia. Banyak orang menyukai buah ini karena mengandung banyak nutrisi.

Buah berwarna kuning ini kaya akan antioksidan, serat, dan nutrisi. Pisang dikonsumsi untuk menjaga kesehatan serta menutrisi kulit.

Tapi tahukah Anda bahwa pisang tak hanya bisa dimanfaatkan dagingnya saja? Selain dagingnya, ternyata kulit pisang juga kaya nutrisi serta manfaat bagi kecantikan.

Dilansir dari Miss Kyra, berikut manfaat kulit pisang untuk kecantikan.

 Ilustrasi wanita cantik

Skincare antiaging

Pisang sering digunakan sebagai bahan dari skincare antiaging. Tapi, Anda juga bisa memakai kulitnya untuk mendapatkan manfaat yang sama.

Kulit pisang mampu melembapkan, menutrisi serta mencegah kerutan. Campur kulit pisang yang dihaluskan dengan kuning telur, lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama sepuluh menit dan bersihkan.

 pisang

1 dari 4 halaman

Manjur untuk kulit berjerawat

Jika wajah Anda berjerawat, oleskan kulit pisang yang telah dihaluskan pada jerawatmu. Ini akan mengatasinya secara natural.

 ilustrasi skincareilustrasi skincare © shutterstock.com

2 dari 4 halaman

Bisa juga untuk kesehatan rambut

Anda bisa menggunakan kulit pisang untuk menjaga kesehatan rambut seperti memakai hair mask yang mampu melembutkan batang rambutmu.

 pisangpisang © shutterstock.com

3 dari 4 halaman

Trik Menjaga Kesehatan Kulit di Cuaca Panas

Dream- Belakangan ini terik matahari terasa lebih menyengat dari bisasanya. Cuaca panas membawa pengaruh buruk bagi kulit. Seperti tubuh, kulit manusia juga bisa dehidrasi.

Kadar air pada kulit berperan penting dalam menjaga kelembapan dan regenerasi kolagen. Dehidrasi dapat menyebabkan kulit terasa kering, berisisik hingga memicu tanda penuaan dini seperti garis halus dan keriput.

" Keep hydrate, jangan sampai kurang minum air. 2 liter per hari sudah paling minimum," ujar dr. Devina Nova Estikaratri, Head of Erha.DNA di Jakarta, Kamis 24 Oktober 2019.

  summer © Dream

Sahabat Dream juga bisa menyemprotkan face mist agar kulit wajah tetap segar. Selain menjaga kadar air dari dalam, gunakan produk skincare untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan debu di cuaca panas.

4 dari 4 halaman

Perlindungan Kulit

Sunscreen merupakan produk yang tidak boleh Sahabat Dream lewati. Bukan hanya kulit wajah, seluruh tubuh harus terlindungi dari sinar matahari.

Gunakan sunblock atau body lotion yang mengandung SPF dan UV filter. " Di kawasan Asia, jumlah minimunnya 30 SPF. Jangan malas reapply," tegasnya.

  sunscreensunscreen © Foto: Shutterstocksunscreen © Foto: Shutterstock

Sunscreen idealnya diaplikasikan kembali pada kulit setelah empat jam pemakaian. Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan kembali sunscreen.

Di cuaca terik, jangan langsung mencuci wajah memakai air dingin usai berpanas-panasan. Perubahan yang terlalu mendadak dapat membuat kulit mengalami syok.

Aplikasikan sunscreen setelah wajah bersih. " Jangan lupa dipakai ke leher. Kadang wanita lupa memakai skincare di sana, akibatnya leher jadi bintik-bintik flek hitam," katanya.

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna