Mengeringkan Rambut Tanpa Hair Dryer Tidak Selamanya Baik, Simak Pendapat Pakar

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 28 November 2022 17:12
Mengeringkan Rambut Tanpa Hair Dryer Tidak Selamanya Baik, Simak Pendapat Pakar
Cari tahu cara terbaik mengeringkan rambut.

Dream - Meski cepat mengeringkat rambut basah, pemakaian hair dryer setelah keramas seringkali tidak disarankan oleh pakar. Rambut bisa kering, mudah patah, rontok, berketombe, dan bercabang jika terlalu sering dikeringkan dengan hair dryer.

Para pakar justru menyarankan rambut dikeringkan dengan cara diangin-anginkan atau hanya dibiarkan hingga mengering karena dinilai lebih sehat dan kuat.

Namun tak semua pakar sependapat dengan saran tersebut. Setidaknya menurut Dokter Kulit, Arthur Simon yang menilai rambut dibiarkan kering dengan diangin-anginkan setelah keramas tak tentu akan membuatnya jadi sehat.

Penelitian di Korea Selatan juga mengungkapkan perbandingan rambut yang diangin-anginkan setelah keramas dan dikeringkan dengan hair dryer beragam suhu. Hasilnya membuktikan rambut yang diangin-anginkan mengalami kerusakan sel membran karena basah terlalu lama. Akhirnya, rambut pun membengkak.

Masalah Rambut© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Tapi jika dikeringkan dengan hair dryer, kerusakan rambut juga bisa semakin banyak seiring dengan peningkatan suhunya. Jadi jika ingin menjaga kesehatan rambut, tekan-tekan rambutmu dengan handuk lembut setelah keramas untuk menyerap air.

Setelah itu, keringkan dengan hair dryer bersuhu rendah. Dengan begitu, rambut akan lebih sehat, ringan, dan tidak mudah rusak. Pastikan juga kamu tidak menggunakan penjepit atau ikt rambut terlalu kencang ketika masih basah atau lembap.

2 dari 5 halaman

Tips Mengeringkan Rambut Tanpa Alat dan Antikusut

Dream - Sebagian orang mengeringkan rambutnya tanpa menggunakan alat pengering. Mereka ingin melindungi kesehatan rambut agar tidak mudah kering, rapuh, patah, dan kusut.

Namun pada sebagian orang, mengeringkan rambut dengan cara diangin-anginkan juga bisa membuat rambut mudah patah dan kusut.

Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Ada yang disebabkan oleh kesalahan membalut rambut usai mandi atau tidak tepat saat memilih produk perawatan.

Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan cara mengeringkan rambut yang aman untuk kesehatannya. Sehingga, rambutmu tetap sehat dan kuat. Dilansir dari Makeup.com, berikut cara mengeringkan rambut tanpa alat agar tidak mudah kusut.

3 dari 5 halaman

Mengeringkan Rambut Lurus

Memiliki Rambut Lurus© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Usai keramas, gunakanlah serum yang mampu membuat rambut terasa lebih lembut dan mudah diatur. Lalu, gunakan sisir bergigi agak rapat untuk mencegah kusut saat rambut benar-benar mengering.

Jangan gunakan serum terlalu banyak jika rambutmu mudah berminyak. Baca aturan pakai serta kandungannya agar sesuai dengan kondisi rambutmu.

4 dari 5 halaman

Mengeringkan Rambut Bergelombang

Memiliki Rambut Bergelombang© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Gunakan produk yang mengandung sea salt setelah keramas jika ingin membuat rambut bergelombang tampak lebih indah. Saat kering, ikat batang rambut agar bentuknya lebih menarik. Kamu bisa menggunakan conditioner tanpa bilas jika ingin tekstur rambut yang lebih lembut.

5 dari 5 halaman

Mengeringkan Rambut Keriting

Memiliki Rambut Keriting© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Ketika mengeringkan rambut kering, kamu harus memastikan tidak menyisirnya terlebih dulu. Gunakanlah jari-jarimu untuk menyisir rambut secara perlahan dan meminimalisir potensi kusut.

Lalu, gunakan conditioner tanpa bilas atau produk yang berfungsi untuk mencegah rambut kusut. Setelah itu, jepit rambut ke atas agar tidak keberatan akibat kandungan air setelah keramas. Menjepit rambut ke atas juga akan membuat penampilan rambut lebih bervolume.

Mengeringkan Rambut untuk Semua Tekstur

Terlepas dari teksturnya, kamu harus meminimalisir menyentuh rambut saat basah agar tidak mudoah kusut. Menyisir rambut secara perlahan menggunakan jari juga bisa membuatnya lebih mudah diatur saat kering.

Jika rambut mudah kusut, kamu bisa menggunakan produk anti kusut, hair oil, atau conditioner tanpa bilas untuk mencegahnya.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More