Manfaat Biasakan Anak Menulis Diary Setiap Hari

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 19 Desember 2017 11:15
Manfaat Biasakan Anak Menulis Diary Setiap Hari
Orang tua tetap tidak boleh sembarang baca curahan hati sang anak tanpa izin, ya!

Dream - Waktu kecil Sahabat Dream pernah merasakan yang namanya menulis diary atau catatan harian. Biasanya tulisan itu dibuat dalam buku kecil mengulas kembali aktivitas atau pengalaman luar biasa yang kamu alami sehari-hari?

Menulis buku diary ternyata tak hanya dilakukan anak perempuan saja lho Sahabat Dream. Ternyata di balik kebiasan menulis catatan harian itu ada pengaruh positif untuk perkembangan psikologis anak.

Pakar perkembangan anak Dra. Mayke S. Tedjasaputra, MSi, menjelaskan, setiap orang boleh menulis buku harian. Malah sebaiknya kebiasaan itu mulai ditanamkan sedari kecil.

shutterstock© dream.co.id

Foto: Shutterstock

Secara psikologi, Mayke menjelaskan bahwa mengajak anak dan membiasakannya untuk menulis kegiatan harian dapat melatihnya mengungkapkan pikiran, perasaan, dan harapannya dalam bentuk tulisan.

Di samping itu, menulis buku harian bisa menjadi 'wadah' untuk mengungkapkan perasaan di kecil di kesehariannya. Bila anak tak bisa mengungkapkan secara lisan ke orang tua, biasanya mereka menuangkannya di dalam diary atau buku hariannya.

Lalu apa saja manfaat ajarkan si kecil menulis diary? Yuk baca lengkapnya di sini.

 

Kirimkan cerita inspirasi kamu ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin di-publish
2. Sertakan link blog/web
3. Foto dengan ukuran high-res (tidak blur)

Beri Komentar