Rayakan Hari Hijab Sedunia dengan ‘Empowerd in Hijab’

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 4 Februari 2020 18:46
Rayakan Hari Hijab Sedunia dengan ‘Empowerd in Hijab’
Acara ini sukses dilaksankan World Hijab Day ambassador Indonesia & komunitas Hijab Motion.

Dream – Peringatan Hari Hijab Sedunia yang jatuh tiap 1 Februari selalu jadi momen yang dinanti para hijabers di seluruh penjuru. Termasuk hijaber-hijaber di Indonesia.

Seperti yang dilakukan World Hijab Day Ambassador Indonesia bersama komunitas muslimah Hijab Motion pada Minggu, 2 Februari 2020 kemarin.

Bertema Empowerd in Hijab, acara ini berlangsung di kawasan Car Free Day (CFD), Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta mulai pukul 07.00-10.00 WIB.

Adapun acara yang disajikan adalah Hijab on The Street dan Public Speaking Workshop Share Your Stories, Empower Others bersama Speak Project.

Berbincang dengan Dream, Senin, 3 Februari 2020, Komunitas Hijab Motion menggelar rangkaian kegiatan Hijab on The Street meliputi berbagi hijab (giveaway), tutorial hijab (hijab trials for non hijabers), donasi hijab (charity dropbox), dan games.

 Hijab Motion© hijabmotion

Event lainnya adalah Public Speaking Workshop Share Your Stories, Empower Others yang digelar di Hotel Dharmein, Blok M, Jakarta, tepat pukul 14.00 WIB di hari yang sama.

Tema Empowered in Hijab dipilih karena menurut mereka bahwa hijab bukan penghalang muslimah di seluruh dunia untuk beraktivitas di berbagai bidang.

Justru, saat para muslimah berhijab ini diberikan kesempatan untuk ‘tampil’ dan berkontribusi, mereka dapat membawa dampak besar dan inspirasi positif di lingkungannya.

1 dari 4 halaman

Saling Menguatkan Sesama Muslimah

Di Indonesia, Empowered in Hijab diterjemahkan sebagai sebuah semangat bagi muslimah untuk terus mengasah kemampuan diri agar dapat mengambil peran dalam berbagai bidang yang disukainya. Dengan semangat ini para muslimah diharapkan dapat saling membantu muslimah lain, bahkan masyarakat pada umumnya, di berbagai bidang kehidupan.

Terlebih, Islam menjadi agama mayoritas di Indonesia yang dianut oleh penduduknya. Sudah saatnya, kini, Islam tampil dan mensyiarkan nilai-nilai positif yang penuh kedamaian.

“ Sedikit perbedaan pendekatan dalam memperkenalkan World Hijab Day di Indonesia. Sebagai negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam, pada umumnya, muslimah yang berhijab tidak mendapatkan diskriminasi sekeras dan semasif muslimah-muslimah di negara lain, sebagai minoritas,” ujar Caesaria Apriliani selaku World Hijab Day Ambassador.

“ Selain itu, dari perspektif lain, harapannya, gerakan dan ide World Hijab Day ini mulai diterima gaungnya secara positif di Indonesia. Karena ide utamanya adalah setiap wanita di dunia mendapat kesempatan yang memuaskan rasa penasaran mereka tentang Islam atau tentang hijab, dengan mencoba mengenakan hijab setiap tanggal 1 Februari. Sehingga, sesama wanita justru saling mengangkat kepercayaan diri, saling dukung satu sama lain, saling percaya dan menebar kebaikan, tak peduli apapun kepercayaannya,” jelasnya.

2 dari 4 halaman

Senada dengan Caesaria, Trifty Qurrota Aini, World Hijab Day ambassador Indonesia, mengatakan bawah public speaking workshop dipilih sebagai rangkaian acara karena public speaking merupakan salah satu kemampuan (skill) yang sangat dibutuhkan di berbagai bidang, terlebih dalam dunia kerja.

 Hijab Motion© hijabmotion

Menggandeng Hijab Motion sebagai community partner, perayaan Hari Hijab Sedunia tahun ini melalui World Hijab Day Ambassador Indonesia selaras dengan tujuan di bidang keagamaan, pemberdayaan, dan sosial.

Diketahui, Hijab Motion merupakan komunitas muslimah yang rutin menyelenggarakan kegiatan-kegiatan positif bagi para muslimah dalam lima aspek yaitu keagamaan, pemberdayaan muslimah, kreativitas, kesehatan, dansosial.

 

3 dari 4 halaman

Rasakan Kenikmatan Berhijab

 Hijab Motion© hijabmotion

Pada sesi kampanye ‘Berbagi Hijab & Hijab Trials for Non Hijabers’, para peserta yang hadir dapat berpengalaman memakai hijab bagi yang ingin mencoba sekaligus memberikannya kepada mereka (hijab giveaway).

Hal ini merupakan salah satu bentuk dakwah Hijab Motion untuk mengingatkan kembali kewajiban utama seorang wanita muslim adalahberhijab.

Dalam acara ini juga disediakan Hijab Charity Drop Box bagi teman-teman hijaber yang ingin memberikan hijab layak pakainya untuk nantinya didistribusikan kepada kaum dhuafa dan anak yatim piatu.

 

4 dari 4 halaman

Tidak ada batasan untuk terus berkarya

 Hijab Motion© hijabmotion

Sesuai jadwal, rangkaian aktiviti ditutup dengan Public Speaking Workshop di mana acara ini meyakini apapun profesi yang dijalani wanita berhijab di Indonesia selalu membutuhkan ketrampilan berbicara di hadapan publik(public speaking) yang baik untuk menunjang profesi, karena hijab tidak membatasi para muslimah dalam berkarya dan berprestasi.

Justru hijab menjadi teman setia dalam mengejar segala mimpi dan meraihprestasi.

Beri Komentar