5 Jenis Makanan yang Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol

Reporter : Cynthia Amanda Male
Minggu, 24 April 2022 06:00
5 Jenis Makanan yang Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol
Jaga kesehatanmu ketika menyantap makanan berlemak ketika Lebaran.

Dream - Biasanya, kamu akan menemukan makanan yang berlemak dan penuh dengan santan di Hari Raya, mulai dari opor ayam hingga semur daging.

Jenis makanan di Hari Raya sangat menggugah selera. Apalagi, kamu bisa menyantap makanan di pagi hingga sore hari setelah berpuasa selama sebulan. Tentunya, belum afdol jika tidak menyantap makanan khas Hari Raya.

Meski begitu, makanan yang biasa dihidangkan di Hari Raya cenderung berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Kadar kolesterol bisa meningkat drastis dan membuat tubuhmu terasa kurang nyaman.

Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi agar tubuhmu tetap terasa nyaman dan sehat. Dilansir Healthline, berikut beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

1 dari 5 halaman

1. Gandum

Gandum© Pexels

Foto: Pexels

Gandum atau jenis biji-bijian utuh lainnya terbukti dapat menurunkan potensi penyakit jantung dan stroke jika dikonsumsi secara rutin. Tidak hanya dapat menurunkan potensi penyakit kronis, kamu juga bisa memperoleh vitamin, mineral, dan serat jika mengonsumsinya.

2 dari 5 halaman

2. Buah-buahan dan Beri-berian

Buah Beri© Pexels

Foto: Pexels

Beberapa jenis buah-buahan, seperti apel, anggur, beri-berian, jeruk, serta lemon kaya akan serat yang mudah larut dalam air dan dapat menurunkan kadar kolesterol.

Kamu juga bisa mencegah penyakit jantung atau masalah kesehatan kronis lainnya dengan mengonsumsi buah yang kaya akan antioksidan. Meski kaya akan manfaat, tetap perhatikan konsumsi buah-buahan agar tidak mengalami dampak buruk kesehatan.

3 dari 5 halaman

3. Bawang Putih

Bawang Putih© Pexels

Foto: Pexels

Bawang putih memiliki beragam manfaat kesehatan. Salah satunya adalah menurukan tekanan darah dan kadar kolesterol. Tapi, manfaat tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak. Jadi jika ingin mendapatkan manfaatnya, konsumsilah bawang putih secara berkala.

4 dari 5 halaman

4. Makanan Olahan Kedelai

Tahu© Pexels

Foto: Pexels

Makanan olahan kedelai, seperti tahu dan tempe bisa meningkatkan kesehatan jantung serta menurunkan kadar kolesterol jahat. Kamu juga bisa memenuhi konsumsi protein dengan lebih sehat ketika mengonsumsi makanan olahan kedelai.

5 dari 5 halaman

5. Teh

Teh© Pexels

Foto: Pexels

Selain kaya akan antioksidan, teh juga bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mengontrol kadar kolesterol. Tentunya, manfaat tersebut bisa didapatkan ketika mengonsumsi teh dengan kadar yang terkontrol.

Biasanya, seseorang dianjurkan minum teh atau kopi maksimal 2 gelas setiap hari agar bisa mendapatkan manfaat kesehatan serta terhindar dari dampak buruknya.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More