5 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 20 Oktober 2020 09:42
5 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh
Bisa meredakan penyakit degeneratif.

Dream - Jahe merupakan bahan alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tak heran jika jahe kerap dijadikan campuran obat herbal.

Rasa dan baunya juga sangat khas. Sehingga jahe kerap digunakan pada masakan khas Indonesia. Dilansir dari Times of India, berikut manfaat yang didapatkan ketika mengonsumsi jahe.

Mencegah kerusakan sel

Kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada jahe dapat mencegah stres oksidatif. Stres oksidatif merupakan proses yang berkaitan dengan beberapa penyakit seperti diabetes, stroke dan kanker.

Hal ini terjadi ketika terlalu banyak molekul radikal bebas yang diproduksi oleh proses metabolisme.

Penelitian pada 2017 juga membuktikan bahwa jahe dapat menyeimbangkan meningkatkan kadar antioksidan pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi.

1 dari 2 halaman

Mengatasi peradangan

Radikal bebas dapat menyebabkan peradangan ketika tubuh terpapar zat berbahaya. Jika tubuh mengalami stres oksidatif, kondisinya bisa menjadi kronis dan memicu serangan jantung atau rasa sakit seperti arthritis.

Berdasarkan penelitian pada 2001, konsumsi ekstrak jahe dua kali sehari selama 6 minggu berhasil meredakan rasa sakit di lutut akibat peradangan pada pasien osteoarthritis.

Membantu mengatasi mual

Ini merupakan fakta yang telah diketahui banyak orang bahwa jahe dapat membantu mengatasi mual dan muntah. Maka dari itu, jahe seringkali disarankan untuk ibu hamil yang mengalami morning sick.

Penelitian pada 2019 membuktikan bahwa konsumsi 250 miligram kapsul jahe selama 4 hari berhasil meredakan mual dan muntah pada wanita hamil.

2 dari 2 halaman

Meredakan nyeri haid

Jahe dapat menghambat produksi bahan kimia yang memicu kontraksi pada uterus dan menyebabkan nyeri haid. Penelitian membuktikan bahwa 750-2000 miligram bubuk jahe dapat meredakan nyeri haid di hari ketiga sampai keempat.

Meregulasikan kadar gula darah

Bahan alami ini diklaim dapat mengontrol kadar gula darah pada pasien diabetes tipe 2. Penelitian membuktikan pasien yang mengonsumsi 2 gram bubuk jahe setiap hari berhasil mengontrol kadar gula darah.

Jahe bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Mulai dari dicampur dengan teh, kari, smoothies, kue hingga dibuat menjadi infused water.

(Sumber: Times of India)

Beri Komentar