Cara Tepat Menyimpan Apel Agar Tak Cepat Busuk

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 29 September 2020 06:45
Cara Tepat Menyimpan Apel Agar Tak Cepat Busuk
Apel kerap kali cepat busuk, daging buahnya berubah warna kecokelatan padahal kulitnya masih mulus.

Dream - Konsumsi buah-buahan kaya vitamin sangat dianjurkan dalam situasi pandemi seperti sekarang. Bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin yang dampaknya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Salah satu buah yang disukai banyak orang adalah apel.

Buah ini memiliki tekstur yang haring dengan cita rasa segar yang merupakan perpaduan manis dan asam. Seringkali kita berbelanja buah sekaligus agar tak banyak keluar rumah. Sayangnya, apel kerap kali cepat busuk, daging buahnya berubah warna kecokelatan padahal kulitnya masih mulus.

Hal itu biasanya karena kita tidak menyimpannya dengan tepat. Apel yang baru dipetik memiliki 'umur' panjang jika disimpan dengan benar. Bagaimana jika membelinya dalam jumlah banyak dan tak habis dalam waktu satu minggu?

Hindari membiarkan apel begitu saja di meja dapur atau meja makan jika tak dimakan dalam waktu lama. Lebih baik taruh dalam lemari es, karena akan mempertahankan tekstur dan aromanya.

 

1 dari 5 halaman

Laci lemari es yang lebih dingin merupakan tempat yang tepat. Apel akan terus matang bahkan setelah dipetik. Muncul gas etilen yang akan melembutkan kulit dan daging apel dari hari ke hari. Menjaga apel tetap dingin membantu memperlambat emisi gas ini.

Jadi, letakkan apel di laci bawah lemari es agar tetap dingin. Gas yang sama yang mematangkan apel juga akan mematangkan buah dan sayuran lainnya. Jika memungkinkan, sebaiknya pisahkan dari produk lain.

6 Manfaat Konsumsi Buah Apel Secara Teratur© MEN

Segera setelah memotong apel, dagingnya mulai berubah warna menjadi cokelat secara perlahan karena oksigen di udara. Sedikit asam, seperti jus lemon atau cuka, akan membantu memperlambat proses itu, tetapi tidak ada yang bisa menghentikannya. Lebih baik apel langsung dimakan atau diolah ketika sudah dipotong atau dikupas.

 Sumber: The Kitchn

2 dari 5 halaman

Sudah Tahu Cara Simpan Es Krim untuk Pertahankan Teksturnya?

Dream - Sahabat Dream penyuka es krim? Jika iya mungkin selalu menyetok beberapa kotak es krim rumah agar bisa dinikmati kapan pun. Es krim memang camilan yang disukai banyak orang dan bisa jadi 'teman' untuk menenangkan diri.

Penting untuk menyimpan es krim dengan tepat. Bukan hanya sekadar ditaruh di freezer, ada beberapa hal yang sebaiknya kita hindari dan lakukan jika ingin mempertahankan tekstur dan rasa es krim lebih lama.

© Dream

Bagaimana caranya?

- Selalu belanja es krim paling akhir
Saat belanja dan kamu juga membeli kebutuhan lain, jangan masukkan es krim pertama dalam keranjang belanja. Belilah dulu produk lain dan selalu beli es krim paling akhir. Meskipun ada dry ice yang bisa menjaga suhunya, tapi jika terlalu lama di suhu ruang akan merusak teksturnya.

 

3 dari 5 halaman

Jangan taruh es krim di pintu freezer

Bikin Sajian Es Krim Lebih Sehat dan Unik, Yuk!© MEN

Rak di pintu freezer memang paling mudah diakses dan seringkali es krim ditaruh di bagian ini. Sebaiknya, es krim ditaruh di freezer bagian dalam dan bukan dipintu. Pasalnya saat dibuka, suhu langsung menurun drastis dan akan merusak tekstur bahkan rasa. Pintu pun cenderung dibuka berkali-kali. Hal ini lama-kelamaan membuat es krim kehilangan kesegarannya.

 

4 dari 5 halaman

Menaruh dekat makanan/ minuman beraroma menyengat

Yuk Bikin Es Krim Mangga Hanya Pakai 3 Bahan, Sluurp!© MEN

Jangan taruh es krim di dekat makanan dan minuman yang aromanya menyengat. Aroma tersebut akan 'menular' dan membuat es krim jadi memiliki rasa serta aroma yang tak seharusnya. Jadi pastikan jauhkan es krim dan taruh dalam wadah yang tertutup rapat.

 

5 dari 5 halaman

Wadah tak ditutup rapat

Kemasan es krim memiliki tutup yang keras dan sulit dibuka, bukan tanpa alasan. Tutup tersebut agar es krim di dalamnya tak mudah leleh dan rasanya tak berubah. Setelah makan es krim, pastikan juga menutupnya dengan rapat. Tutup yang tidak rapat akan membuat es krim ditumbuhi bunga es berlebihan yang akan merusak rasanya.

Sumber: Food Insider

Beri Komentar