Ilustrasi/Shutterstock
Dream - Pandemi Covid-19 membawa dampak terhadap berbagai sektor industri Tanah Air salah satunya food and beverage. Tak hanya rumah makan besar atau kafe, berkurangnya pengunjung dan berbagai pembatasan interaksi membuat penjaja makan ikut mengalami penurunan pendapatan.
Dampak serupa juga dialami Ahmad Zulfahmi, pemilik kuliner yang mengalami penurunan pada pendapatan. Fahmi yang memiliki usaha minuman terpaksa memutar otak untuk tetap bertahan di pandemi ini.
Fahmi yang biasanya menjalani bisnis dengan di toko offline, akhirnya Ia membuat bisnis baru bersama beberapa temannya dengan nama Gerobak Tibo Instan.
Gerobak Tibo Instan adalah Bakso Aci Tulang Rangu kemasan yang bisa Sahabat Dream bikin sendiri di rumah seperti memasak mi instan.
Yang spesial dari Gerobak Tibo Instan adalah rasa pedas menggelegar serta bakso aci tulang rangu asli buatan rumahan.
Sejak rilis pertama kali pada Juli 2020, Gerobak Tibo Instan sudah memiliki 13 agen resmi yang tersebar di banyak kota, seperti Jakarta, Bandung, Depok, Riau, Garut dan masih banyak lainnya.
Walau sempat naik turun, Fahmi tidak menyerah dengan bisnisnnya ini.
Ingin tahu bisnis Bakso Aci Tulang Rangu Fahmi? Langsung saja tonton siaran ulang Live Ngobrad Dream bersama Gerobak Tibo Instan di IGTV Dream.co.id berikut ini.
View this post on Instagram
Laporan: Shania Suha
Dream - Sahabat Dream sadar nggak jika produk-produk internasional selalu jadi incaran barang yang ingin segera kita miliki? Umumnya kita beranggapan jika produk luar lebih baik dari segi kualitas atau harga. Meski ada pula yang membeli karena alasan gengsi belaka.
Padahal jika kamu mau sedikit berselancar di dunia maya, sudah banyak lho produk lokal yang punya kualitas tak kalah lebih baik. Dan tentu saja harga mereka jauh lebih merah dari brand-brand luar.
Buat Sahabat Dream yang memiliki brand sendiri, dan tengah membesarkannya, ternyata ada hal lain yang perlu jadi perhatian selain kualitas.
Bukan hanya memikirkan soal profit, kamu juga harus memahami cara membesarkan suatu brand agar bisa dikenal lebih banyak orang.
Kamu bisa memulai dari apa yang mau dibangun, siapa targetnya, dan masih banyak hal lain yang harus dipikirkan.
Berkesempatan berbagi ilmu dalam program live rutin Ngobrol Santai (Ngobras), Dream menggali lebih jauh soal merek produk ini dengan salah satu aktivis brand Arto Biantoro.
Dia membeberkan bagaimana membangun sebuah brand, khususnya produk lokal agar bersaing di pasar yang semakin ketat ini.
“ Brand hari ini bukan hanya soal profit semata, tapi bagaimana cara kita membangun negeri ini dan tanggung jawab kita sebagai manusia. Fokus membangun brand, buat perbedaan, bikin dampak disekitar kita. Ingat hari ini adalah eranya kita, jaringannya sudah ada, ekosistemnya sudah ada, tinggal kita punya niat apa nggak,” ujar Arto Biantoro pada Senin, 2 November 2020.
Kurang lebih 60 menit, Arto bercerita tentang perkembangan brand lokal di Indonesia, bagaimana cara membuat brand lokal yang baik, serta solusi yang bisa dilakukan para pegiat bisnis lokal.
Ingin tahu ngobrol-ngobrol seru bareng Arto? Langsung saja tonton siaran ulang Ngobras Dream di IGTV Dreamcoid berikut ini.
Laporan: Shania Suha