Legitnya Telur Bumbu Bali, Bumbunya Super Sedap

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 27 September 2022 07:13
Legitnya Telur Bumbu Bali, Bumbunya Super Sedap
Rasanya pedas dan gurih, segera bikin di rumah.

Dream - Olahan telur tak pernah salah. Biar tak bosan, cobalah masak dengan bumbu berbeda. Kali ini, cobalah buat Telur bumbu Bali yang cita rasanya lebih pedas.

Untuk membuatnya juga tak terlalu sulit. Kuncinya adalah berani bumbu. Berikut resepnya.

Bahan :
- 1 papan tempe, potong
- 1 papan tahu, potong
- 1/2 kg telur
- 3 cm laos
- 2 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk
- 1 batang sereh, geprek
- 400 ml air kurang lebih
- Kecap
- Kaldu jamur, garam, lada secukupnya
- Gula merah yang telah disisir secukupnya

 

 

1 dari 6 halaman

Bumbu Halus :

- 6 bawang merah
- 4 bawang putih
- 5 cabai rawit
- 3 cabai merah besar
- 5 butir kemiri
- 1 buah tomat

Telur bumbu bali© Shutterstock

Cara membuat:
- Goreng tahu, tempe setengah matang lalu tiriskan
- Rebus telur, kupas dan bisa digoreng sebentar lalu sisihkan
- Blender bumbu halus
- Tumis bumbu halus hingga matang, beri kaldu jamur, gula merah, garam, lada dan aduk hingga tercampur merata. Tambahkan kecap bila suka
- Kemudian tambahkan air, aduk lagi. Koreksi rasa. Sajikan

Sumber: Diadona.id

2 dari 6 halaman

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

3 dari 6 halaman

4 Telur Unggas yang Termasuk Paling Mahal di Dunia

Dream - Telur ayam termasuk hidangan yang sangat kaya protein. Selalu jadi andalan untuk membuat menu sarapan karena praktis dan kaya gizi. Sebenarnya bukan hanya telur ayam yang bisa disantap, tapi ada juga telur dari unggas lain yang dikenal nikmat.

Bukan hanya karena rasa, telur-telur unggas ini juga diketahui memiliki harga yang cukup mahal. Sahabat Dream mungkin penasaran atau malah bisa jadi pernah menyantapnya. Telur apa saja? Yuk simak.

Telur Camar

Telur camar© Shutterstock

Para keluarga bangsawan Inggris suka sekali menyantap telur burung camar. Permintaannya begitu tinggi di Inggris, tapi pasokannya sangat langka. Telur burung camar termasuk langka dan hanya tersedia hanya selama 4 minggu dalam setahun. Tak heran kalau telur ini harganya cukup mahal, sekitar Rp150 ribu per butir. Telur burung camar biasa diolah dengan cara direbus.

 

4 dari 6 halaman

Telur Emu

Telur emu© Shutterstock

Telur yang dihasilkan burung Emu sangat besar. Saking besarnya, satu telur emu setara dengan selusin atau sekitar 15 telur ayam. Biasa disajikan dengan cara didadar kemudian disantap bersama-sama. Warnanya sangat berbeda dari telur unggas pada umumnya. Harganya diketahui sekitar Rp374 ribu per butir.

 

5 dari 6 halaman

Telur Kalkun

Telur kalkun© Shutterstock

Telur burung kalkun memang jarang dijual secara komersial karena kalkun membutuhkan waktu lama untuk bertelur. Bila bertelur hanya beberapa butir tiap minggu. Telur kalkun merupakan makanan lezat dan rasanya mirip dengan telur ayam. Harganya sendiri sekitar Rp561 ribu per lusin.

 

6 dari 6 halaman

Telur Puyuh

Telur puyuh© Shutterstock

Bagi orang Indonesia, telur puyuh termasuk terjangkau, tetapi di luar negeri harganya sangat mahal. Jumlah burung puyuh memang tak sebanyak di Indonesia, sehingga harganya tinggi. Bila dibandingkan telur ayam, telur puyuh meskipun berukuran kecil tapi harganya lebih mahal.

Sumber: Times of India

Beri Komentar